STRATEGI KOMUNIKASI DALAM MENGIMPLEMENTASI KEGIATAN CSR (STUDI KASUS PADA PROGRAM KEMITRAAN DAN BINA LINGKUNGAN TERHADAP MITRA BINAAN PT SIER)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63407Kata Kunci:
STRATEGI KOMUNIKASI, TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN, PT SIERAbstrak
PKBL adalah program tanggung jawa sosial PT SIER yang bersifat wajib bagi BUMN dan diatur dalam peraturan Menteri BUMN nomor PER-05/MBU/2007. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang diterapkan dalam pelaksanaan program kemitraan yang diadakan oleh Departemen TJSL PT SIER. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti berasal dari observasi semi partisipan, wawancara dengan pegawai perusahaan dan mitra binaan, serta melalui dokumen dan dokumentasi perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKBL merupakan tanggung jawab sosial perusahaan yang didasarkan pada prinsip CSR Triple Bottom Line. PT SIER berusaha mewujudkan keseimbangan antara kinerja ekonomi (Profit), pembangunan sosial masyarakat (People) dan pengelolaan kawasan industri hijau (Planet). Faktor yang mempengaruhi keberhasilan pelaksanaan PKBL dipengaruhi oleh strategi komunikasi Departemen TJSL kepada mitra binaan. Strategi Komunikasi yang digunakan dimulai dari mengenal khalayak, menentukan tujuan, menyusun pesan dan menetapkan metode atau media.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 146
,
PDF Downloads: 197