MANAJEMEN PRODUKSI CHANNEL YOUTUBE SINAU HURIP DALAM MENGEMAS KONTEN EMPATI PENANGANAN ODGJ JALANAN
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v8i3.63436Kata Kunci:
Manajemen produksi, konten empati, ODGJ jalananAbstrak
Media sosial berkembang dengan sangat pesat dari tahun ke tahun. Hampir semua masyarakat menggunakan media sosial untuk mendapatkan sumber informasi, edukasi, hiburan, dan lain sebagainya. Youtube menjadi salah satu media sosial berbagi video yang populer di masyarakat karena kemudahan dalam mengakses video serta memiliki beragam manfaat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana manajemen produksi channel youtube Sinau hurip dalam mengemas konten empati ODGJ jalanan hingga mampu memulangkan 250 ODGJ kepada keluarganya. Landasan teori yang digunakan berdasar dari Eli M Noam yang berisi teknik pengurangan resiko, faktor pengembangan produk, dan faktor struktur organisasi. Peneltian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana channel youtube Sinau Hurip dalam mengelola konten empati yang humanis, tiak menyinggung pihak lain, berkolaborasi dan menjalin hubungan baik dengan semua pihak.
Unduhan
Referensi
Agusta, I. (2023). Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif. Jurnal Ilmu Keolahragaan Undiksha , 10.
Alrasyid, H. (2023). Manajemen Produksi Program Humanitalk Podcast Pada Channel Youtube Dompet Dhuafa TV. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , 66 - 80.
Andanni, R. M. (2021). Analisis Tren Online Live Streaming pada Website dan Youtube Televisi Berita di Indonesia. Jurnal Ilmu Komunikasi , XVIII, 35.
Anindya, A., Elian, N., & Hanana, A. (2020). Transformasi Media Youtube dan Televisi (Analisis Fungsi dan Konsumsi Media Youtube dan Televisi di Kota Padang). Jurnal Ranah Komunikasi , IV, 189.
Aniza, F. (2023). Manajemen Produksi Chanel Youtube Akun "Gibran Rakabuming" dalam Mempromosikan Kota Solo. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Syrakarta , 28.
Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni , I, 139.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam , I, 4.
Arikunto, S. (2006). Metode Penelitian. Jakarta: Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia. Publiciana , IX, 145.
Creswell, J. W. (2016). Research Design. Purworejo: Pustaka Pelajar.
Dewi, E. R. (2020). Hubungan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Anak. Journal of Learning Education and Counseling , III, 47.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam , 78 - 79.
Endarwati, E. T., & Ekawarti, Y. (2021). Efektivitas Penggunaan Sosial Media Tiktok sebagai Media Promosi Ditinjau dari Perspektif Buying Behaviors. Management Development and Applied Research Journal , IV, 119.
Evanalia, S., Rochim, A., & Fatimah, S. (2023). Komodifikasi Pekerja dan Dampaknya paa Kualitas Pemberitaan di Youtube KompasTV. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , XXII, 76 - 77.
Fadhallah. (2020). Wawancara. Jakarta: UNJ Press.
Fairuz, D., Safitri, N. K., & Hidayatulloh, A. (2024). Peran Youtube Studio Al - Fusha TV dalam Dakwah Islam di Era Digital. Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam , II, 454.
Fikhasari, A., & Aji, G. G. (2019). Peran Media Sosial dalam Manajemen Media Online (Studi Kasus Tirto.ID). Commercium , II, 55-59.
Fitrianingrum, A. (2023). Manajemen Produksi Channel Youtube Akun "Gibran Rakabuming" dalam Mempromosikan Kota Solo. Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta , 19.
Hartanti, L. E. (2015). Kebijakan Media Televisi di Era Media Baru. Jurnal Interact , IV, 42 - 43.
Harun, A. (2023). Manajemen Produksi Program Humanitalk Podcast pada Channel Youtube Dompet Dhuafa TV. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah , 32.
Hidayanto, S., & Irwansyah. (2019). Youtube Vlog: Lahirnya Era User Generated Content dan Industri Vlog di Indonesia. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , II, 19.
Joesyiana, K. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Observasi Lapangan (Outdor Study) Pada Mata Kuliah Manajemen Operasional. PeKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi Akuntansi , VI, 94- 95.
Khanifaturrohmah, F. N. (2022). Strategi Produksi dalam Meningkatkan Kualitas Konten Norak di Channel Youtube Cameo Project. Jurnal Ilmiah Komunikasi, XIV, 91.
Kusumastuti, A., & Khoiron, A. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Lembaga Pendidikan Sukarno Pressindo (LPSP).
Kusumastuti, R. D., & Salsabillah, D. (2022). Analisis Resepsi Khalayak Tentang Stigma Orang Dengan Skizofrenia Pada Tayangan Youtube CXO Media "Perspektif" Episode 23. Brand Communication Jurnal Ilmu Komunikasi , I, 193-195.
Lucas, H. C. (2000). Information Technology For Management (7 ed.). New York: McGraw Hill.
McLachlan, S. (2024, February 24). 2024 Instagram Demographics: Top User Stats for Your Strategy. Retrieved June 19, 2024, from Hootsuite: https://blog.hootsuite.com/instagram- demographics/
Mekarisce, A. A. (2020). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data pada Penelitian Kualitatif di Bidang Kesehatan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat , XII, 150.
Mokhtar, S. B., Haron, A., Hassan, & Yunus, K. (2022). Penggunaan Facebook Page Untuk Mempertingkatkan Kemahiran Menulis dalam Kalangan Komuniti TVET. Jurnal Kejuruteraan, Teknologi dan Sains Sosial , VIII, 110.
Muhammad Rifki Ihsan Tamimi, A. W. (2023). Manajemen Produksi Konten YouTube Danang Giri Sadewa. Jurnal Audiens , II, 332.
Mutmainnah, D. N., Eriyanto, D., Triwibowo, P. W., & Salamah, D. U. (2020, November). Riset Penonton Khalayak Televisi (Pandangan Generasi Z Tentang TVRI). Lembaga Penelitian dan Pengembangan Sosial dan Politik , 1.
Nasrullah, R. (2017). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Naufal, M. I. (2022). Analisis Resepsi Crew Budi Luhur TV Tentang Youtube Channel Raio 101.8 Bahana FM Jakarta Vlogbodjo. Avant Garde Jurnal Ilmu Komunikasi , X, 251.
Noam, E. (2019). Media and Digital Management. Germany: Springer International Publishing AG.
Nuraini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin dalam Penelitian Arsitektur dan Perilaku. Inersia , XVI, 92-104.
Nurrohman, A. S. (2022). Strategi Dakwah Digital Dalam Meningkatkan Viewers di Channel Youtube Jeda Nulis. Jurnal Studi Islam dan Masyarakat , I, 26.
Prabowo, G. A. (2022). Komodifikasi Sedekah di Media Youtube. Fucosis , II, 249.
Prihatiningsih, W. (2017, April). Motif Pengunaan Media Sosial di Kalangan Remaja. Jurnal Communication , 52.
Purwitasari, E., Althaf, M., & Umam, C. (2022). Analisis Framing Komodifikasi Kemiskinan dalam Konten Video Pada Akun Baimpaula. Jurnal Ilmu Komunikasi , XII, 27.
Puspitarini, Sekar, D., & Nuraeni, &. R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common , III (1), 71 - 80.
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koeksi , V, 281.
Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna dan Informasi Hoax di Media Sosial. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan , V, 60.
Rahayu, M., & Mahmudah, S. M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara , II, 4.
Razaq, A., Islahudin, & Khakim, A. (2022). Komodifikasi Konten Berbagi Uang dalam Akun Youtube Baim Paula. Al- Hikmah , XX, 19.
Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Jurnal Alhadharah , XVII, 83.
Septiarysa, L., Marta, R. F., & Agung, H. (2021). Anotasi Rasa Empati Selama Pandemi Covid 19 pada Konten Digital Pariwara Youtube Rosalia Inah. Jurnal Komunikasi Profesional , V, 457 - 458.
Sitompul, W. W., Masitoh, S., Tanjung, S. P., & Kartini. (2021). Penelitian Tentang Youtube. Maktabatun Jurnal Perpustakaan dan Informasi , 14-15.
Stellarosa, Y., Firyal, S. J., & Ikhsano, A. (2018). Pemanfaatan Youtube Sebagai Sarana Transformasi Majalah Highend. Jurnal Lugas , II, 61.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Bandung: Alfabeta.
Susanti, S., & Standi, K. (2020). Manajemen Produksi Program Anak Indonesia di TVRI Jawa Barat. Jurnal Ranah Komunikasi , IV, 136 - 138.
Susilowati, R., & Bagaskoro, G. (2021). Penggunaan Klip Video Dari Youtube Di Dalam Acara Televisi Yang Bersifat Komersil Dipandang Dari undang - Undang No.28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta. Supermasi Hukum , XVII, 97.
Tamimi, M. R., Wjayanto, A., & Hidayat, I. N. (2023). Manajemen Produksi Konten Youtube Daang Giri Sadewa. Jurnal Audiens , II, 332.
Tinambunan, T. M., & Siahaan, C. (2022). Pemanfaatan Youtube Sebagai Media Komunikasi Massa di Kalangan Pelajar. Jurnal Ilmu Komunikasi , V, 14.
Utami, F. T., & Zanah, M. (2021). Youtube Sebagai Sumber Informasi Bagi Peserta Didik di Masa Pandem Covid-19. Jurnal Sinestesia , XI, 83.
Vebrynda, R. (2022). Manajemen Produksi Konten SketsaMu di Youtube Muhammadiyah Channel. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi , XXI, 171-175.
Wahyudin, U., & Karimah, K. E. (2016). Etika Komunikasi di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Komunikasi , 221.
Yuliana, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta , II, 83-84.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian

