PERAN KOMUNIKASI GETOK TULAR DALAM PEMASARAN KULINER LEGENDARIS PECEL GARUDA KERTOSONO
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66454Keywords:
Strategi Pemasaran, Getok Tular, Pemasaran ViralAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi getok tular dalam strategi pemasaran Pecel Garuda Kertosono, sebuah kuliner legendaris. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi getok tular memainkan peran sentral dalam membangun kepercayaan pelanggan. Dibandingkan dengan iklan resmi, rekomendasi dari orang terdekat lebih berpengaruh, terutama melalui interaksi sosial di lingkungan pertemanan, keluarga, dan platform media sosial. Peran influencer seperti Cak Naryo turut mendukung efektivitas strategi ini, terutama dalam mendorong insentif agar pelanggan tidak bersikap pasif dalam berbagi pengalaman mereka. Temuan ini menegaskan bahwa pengalaman pelanggan yang positif serta komunikasi berbasis kepercayaan merupakan elemen kunci dalam strategi pemasaran yang berhasil.
Downloads
References
Adika, S., Praptiningsih, M., Bisnis, F., Petra, U. K., Siwalankerto, J., & Kunci, K. (2022). Pengaruh Persepsi Kualitas Produk, Persepsi Kualitas Layanan, Persepsi Harga dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Sepeda di Toko Sepeda O.K Mranggen. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2)
Ali, K. (2020). Pengaruh Promosi Melalui Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Konsumen Memilih Wedding Organizer (Studi Pada Konsumen Art Project Lampung di Kecamatan Trimurjo). Jurnal Manajemen dan Bisnis (JMB), 1(2), 2745–2892
Ayunita, T., & Musikita, R. (2021). Getok Tular dan Dampaknya dalam Pemasaran Produk Kuliner. Jurnal Ilmu Komunikasi, 12(3), 45-56
Fitria, A., & Uljanatunnisa. (2017). Getok Tular untuk Memperkuat Brand Positioning The House of Raminten sebagai Angkringan Tradisional Modern di Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 8(2), 22-36
Hasiholan, L. B., & DJ, Y. R. (2019). Strategi Positioning dalam Upaya Membangun Brand. Jurnal Penelitian IPTEKS, 7(1), 33-47
Joesyiana, R. (2018). Pengaruh Getok Tular dalam Pemasaran Produk. Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 34-45
Keller, K. L., & Swaminathan, V. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (Fifth Edition). Pearson Education.
Khotimah, R. (2020). Getok Tular Marketing: Analisis Teoretis dan Praktis. Jurnal Komunikasi, 14(2), 165-174
Kotler, P., & Keller, K. L. (2006). Marketing Management. Pearson Prentice Hall.
Lauran. (2021, September 24). Brand Positioning: Strategi Marketing Terbaik untuk Branding. Retrieved from https://www.kreditpintar.com/education/brand-positioning https://www.kreditpintar.com/education/brand-positioning
Rudi, D., & Tim. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Media Sosial (Instagram) dan Getok Tular terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Mbok Taya. Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(3), 57-70
Soegoto, E. S., Amelia, N., Dhafina, N. A., & Berlianti, W. (2021). Utilization of Word-of-Mouth Marketing Strategy in Culinary Business. International Journal of Research and Applied Technology (INJURATECH), 1(2), 439-447
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Turban, E., King, D., Lee, J., Liang, T., & Turban, D. (2018). Electronic Commerce 2018: A Managerial and Social Networks Perspective. Springer.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

