KEBIJAKAN REDAKSIONAL BERITA MEDIA PERS BERBASIS TRENDING TOPIK MEDIA SOSIAL (Studi Kasus pada Surya.co.id)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66492Keywords:
Kebijakan Redaksional, Trending Topik X, BeritaAbstract
Kecepatan media siber dalam memproduksi suatu berita ternyata tidak lepas dari keberadaan media sosial
terutama trending topik X. Media sosial ini berisi topik-topik yang cukup menarik bagi ruang redaksi media pers.
Bahkan memudahkan pekerja media dalam mencari isu pemberitaan hingga menghasilkan berita yang layak
dipublikasi. Fenomena inilah yang merupakan bentuk nyata dari adanya determinisme teknologi. Perubahan kebiasaan
pekerja media ini tentunya juga dapat merubah kebijakan redaksional yang ada pada suatu perusahaan media.
Menggunakan Teori Hierarki Pengaruh Isi Media oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D. Reese, penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif deskripsi meliputi wawancara mendalam, observasi, dan
dokumentasi dengan jenis penelitian studi kasus. Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kebijakan redaksional
pada Surya.co.id terutama bagi berita berbasis trending topik X, penelitian ini menunjukkan bahwa Surya.co.id yang
menggunakan trending topik X sebagai salah satu penentu isu dan bahan pemberitaan, pada level individu tidak terlalu
berdampak terhadap kebijakan redaksional. Sementara itu level rutinitas media, level organisasi, level ekstra media,
serta level ideologi sangat berpengaruh pada kebijakan redaksional di Surya.co.id. Maka kebijakan redaksional pada
media ini tidak terlepas dari level-level tersebut terutama level ideologi. Sebab dalam Surya.co.id ideologi yang
menjadi dasar dari keseluruhan kebijakan artinya isu apapun dan dari siapapun dapat dibuat sebagai pemberitaan di
Surya.co.id.
Downloads
References
Annur, Cindy M. (2023). “Ada 27 Juta Pengguna Twitter di Indonesia Terbanyak ke-4 Global”. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/11/28/ada-27-juta-pengguna-twitter-di-indonesia-terbanyak-ke-4-global
APJII. (2024). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang
Azizi, M. (2023). “Konsep Technological Determinism dalam Penelitian Komunikasi dan Pengaruhnya Terhadap Kehidupan Manusia”. UNIVERSAL GRACE JOURNAL, 1 (1).
Cahyani – Rachmaria. (2018). “Kebijakan Redaksional di Redaksi Liputan6.com dalam Memproduksi Berita”. Universitas Budi Luhur.
Eddyono, Aryo S. (2013). “Twitter: Kawan, Sekaligus Lawan Bagi Redaksi Berita”. Journal Communication Spectrum, 3 (1).
Effendy. dkk. (2023). “Dasar-dasar Penulisan Berita”. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 5 (2).
Gani, Alcianno. (2013). “Sejarah dan Perkembangan Internet di Indonesia”. Jurnal Mitra Manajemen, 5 (2).
Hidayat, M. Ridwan. (2022). “Belajar Jurnalisme Damai, Mahasiswa Studi Agama-Agama Menilik Dapur Redaksi Harian Surya”. UIN Sunan Ampel Surabaya. https://uinsa.ac.id/blog/belajar-jurnalisme-damai-mahasiswa-studi-agama-agama-menilik-dapur-redaksi-harian-surya
Hidayat, Taufik. (2019). “Pembahasan Studi Kasus Sebagai Metodologi Penelitian”. Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Kencana. dkk. (2022). “Penggunaan Media Sosial dalam Portal Berita Online”. Jurnal IKRAITH-HUMANIORA, 6 (2).
Krisdinanto, Nanang. (2014). “Anomali dan Teori Hirarki Pengaruh terhadap Isi Media”. KOMUNIKATIF: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 3 (1).
Pamuji, Eko. (2019). Media Cetak Vs Media Online (Perspektif Manajemen dan Bisnis Media Massa). Surabaya: Untomo Press.
Prabowo – Irwansyah. (2016). “Trending Topic Vs Agenda-Setting: Pengaruh Trending Topics Politik sebagai Reversed Agenda-Setting dan Haluan Politik Pemilik Terhadap Berita Politik di Televisi”. Jurnal Komunikasi Indonesia, 5 (1).
Pratopo, Wahyudi – Kusajibrata, Nasrullah. (2018). “Konvergensi di Ruang Redaksi pada Kelompok Media Tempo”. Jurnal Studi Komunikasi, 2 (1).
Rahmatullah, Syukri – Yuliati, Retna E. (2022). “Media Sosial sebagai Sumber Berita Alternatif”. Jurnal Studi Jurnalistik, 4 (2).
Rizqi – Heriyanto. (2023). “Penyebaran Informasi melalui Thread Berita di Twitter oleh Mahasiswa S-1 Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro”. ANUVA, 7 (3).
Romli, Asep S. (2018). “Jurnalistik Online: Panduan Mengelola Media siber”. Bandung: Penerbit Nuansa Cendekia.
Rosemarwati - Lindawati, Lisa. (2019). “Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia”. Jurnal Studi Komunikasi dan Media, 23 (2): 101-114.
Wahyutama. dkk. (2013). “Penggunaan Social Media oleh Jurnalis”. Maverick, Universitas Paramadina.
Wewkke. dkk. (2019). “Metode Penelitian Sosial”. Yogyakarta: Penerbit Gawe Buku.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

