PENGARUH PELAYANAN PRIMA OLEH CUSTOMER SERVICE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN TRANS ICON MALL SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66495Keywords:
Pelayanan prima, customer service, loyalitas pelangganAbstract
Di era globalisasi, informasi publik menjadi kebutuhan mutlak bagi masyarakat. Akses memperoleh informasi menjadi hak dasar yang harus didapatkan setiap manusia. Berbicara mengenai informasi tidak lepas kaitannya dengan komunikasi, pelayanan prima dan customer service. Hal tersebut merupakan unsur pusat perbelanjaan untuk tetap kompetitif demi membangun loyalitas pelanggan. Trans Icon Mall Surabaya sebagai pusat perbelanjaan baru yang memiliki visi besar menjadi pusat perbelanjaan terdepan di Jawa Timur, terus berupaya memberikan pengalaman belanja memuaskan kepada pelanggan melalui pelayanan prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan prima oleh customer service terhadap loyalitas pelanggan Trans Icon Mall Surabaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan uji regresi linear sederhana, menunjukkan pelayanan yang diberikan dengan emphaty, cepat dan efisien, konsistensi, menepati janji, berpengetahuan mendalam terhadap produk atau jasa, bersikap ramah dan sopan, dengan penerapan komunikasi secara empati ketika memberikan pelayanan prima berpengaruh pada loyalitas pelanggan.
Downloads
References
Ahmad, N., Mirza, M., & Yoman, M. (2024). Peran Customer Service Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Pada Pelanggan (Studi Kasus PT. Ekspedisi Pada Jaya Kota Tangerang). Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 2999–3007.
Gea, M. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Var iabel Mediasi (Studi Kasus pada Caritas Market Gunungsitoli). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(2), 893–899.
Ratna, Putri, A. E., Harianto, W., & Aziz, A. (2020). Penilaian Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan X Dengan Metode Servqual Dan Analytical Hierarchy Process (Ahp). RAINSTEK : Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(3), 202–208. https://doi.org/10.21067/jtst.v2i3.4762
Rochim, D. N. (2017). pengaruh kualitas pelayanan kualitas produk dan fasilitas terhadap kepuasan pelanggan toko buku Gramedia Slamet Riyadi Surakarta. UIN Surakarta, 6.
Sambodo, R. (2021). Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(1), 104–114. https://doi.org/10.31933/jimt.v3i1.707
Subiyantoro, A. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima Dan Dukungan Top Manajemen Terhadap Kepuasan Pasien Di Rsia Aisyiyah Klaten Jawa Tengah. Economic And Business Management Journal (EBMJ), 2(2), 245–257. https://ejournal-rmg.org/index.php/EBMJ/article/view/109%0Ahttps://ejournal-rmg.org/index.php/EBMJ/article/view/109/175
Susanti, D., Saputri, M., & Safitri, S. (2023). Pengaruh Pelayanan Prima dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Dalam Memilih Produk Tabungan BTN Prima Pada BANK BTN KCP Ahmad Yani di. 3(1). (S1 et al., 2019)
Vera, Lusiana. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Mediasi. 48.
Waluyo, T. (2020). Pengaruh Citra Perusahaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Untuk Membangun Minat Berkunjung Kembali: Studi Pada Hotel X Kota
Pekalongan. Jurnal Ilmu dan
Budaya,41(71),84638494.https://journal.unas.ac.id/ilmubudaya/article/view/963
Wianti, W., Yuniarti, P., & Susanto, A. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT Adira Dinamika Multi Finance Kantor Cabang Petojo Utara Jakarta. Jurnal Administrasi Bisnis, 1(2), 75–80. https://doi.org/10.31294/jab.v1i2.665
Wibowati, J. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Pt Muarakati Baru Satu Palembang. Jurnal Manajemen, 8(2), 15–31. https://doi.org/10.36546/jm.v8i2.348
Yani, T. E., & Prasetyo, I. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Dengan Pelayanan Prima, Customer Relationship Management Dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 22(1), 45. https://doi.org/10.26623/jdsb.v22i1.233
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

