Strategi Komunikasi Pemasaran Business To Business Perusahaan AsiaCommerce Dalam Meningkatkan Penjualan
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66514Keywords:
Strategi komunikasi pemasaran, media digital, komunitas, personal selling, AsiaCommerce., business to businessAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi komunikasi pemasaran Business to Business (B2B) yang diterapkan oleh perusahaan AsiaCommerce dalam upaya meningkatkan penjualannya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi, dan analisis data perusahaan. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa AsiaCommerce menerapkan tiga strategi utama dalam pemasaran Business to Bussiness (B2B), yaitu media digital, komunitas, dan personal selling. Media digital memungkinkan perusahaan untuk menjangkau audiens yang lebih luas melalui berbagai platform, seperti iklan online dan email marketing. Pendekatan berbasis komunitas digunakan untuk memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui kegiatan seperti forum diskusi, kegiatan amal, perkumpulan tatap muka untuk menjalin relasi bisnis dan webinar. Sementara itu, personal selling menjadi metode yang efektif untuk memberikan pendekatan langsung kepada klien, memahami kebutuhan mereka secara lebih mendalam, dan menawarkan solusi yang tepat. Ketiga strategi ini saling mendukung dalam menciptakan hubungan yang lebih erat dengan pelanggan serta meningkatkan efektivitas penjualan perusahaan AsiaCommerce. Dengan demikian, penerapan strategi komunikasi pemasaran yang tepat terbukti berkontribusi pada keberhasilan dalam meningkatkan penjualan.
Downloads
References
Flew, T. (2008). New Media : an introduction. New York : Oxford University Pers.
Fonna, A. (2019). Perkembangan teknologi dan industri 4.0 Transformasi menuju efisiensi dan kualitas. Medan : Guepedia Publisher
Kasali, R. 2017. Disruption. Jakarta: Kompas Gramedia
Kennedy, John. E; R Dermawan Soemanagara., 2006. Marketing Communication Taktik dan Strategi . Jakarta: PT Buana Ilmu Populer (kelompok Gramedia)
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management: Global edition (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, Amstrong (2004). Prinsip-prinsip Pemasaran, Erlangga, Jakarta.
Kotler, Philip. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga. Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.Jilid 1 dan 2.Jakarta : Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat dan A. Hamdani. (2006) Manajemen Pemasaran Jasa (Edisi 2). Jakarta: Salemba Empat.
Morissan. 2015. Teori Komunikasi Individu Hingga Dewasa. Jakarta: Prenada Media.
Permata, Laras Bening. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Business to Business Start Up Machine Vision di Surabaya. Undergraduate thesis. Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi. Surabaya: UIN Sunan Ampel Surabaya.
Philip Kotler. 2002. Manajemen Pemasaran, Jakarta: Prenhallindo.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Rukin, A. (2019). Penelitian kualitatif: Teori dan praktik. Bandung: Cendekia Store
Setiawati, Dennys Munkik. (2017). Pengaruh Strategi Personal Selling Produk Business to Business yang dilakukan oleh PT. Propan Raya ICC dalam rangka meningkatkan penjualan pada periode Agustus hingga Oktober 2015. SI Thesis. Fakultas Ilmu Komunikasi. Periklanan dan
Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Universitas Mercu Buana.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitaif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Suwendra. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Ilmu Sosia, Pendidikan, Kebudayaan Dan Keagamaan. Badung Bali: Nila Cakra CV.
Wijaya, A., Jamaludin, M.., Khudori, A., Tarecha, R., Fauziah, S. 2022. The Art Of Digital Marketing: Strategi Pemasaran Generasi Milenial. Bandung : Media Sains Indonesia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Abstract views: 591
,
PDF Downloads: 781