KONSTRUKSI IDENTITAS GENDER VIRTUAL PADA ROLEPLAYER K-POP DI MEDIA SOSIAL TELEGRAM (Studi Kasus Gender Swap Roleplayer K-Pop)
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66557Keywords:
Konstruksi Identitas, Gender Swapping, Roleplayer K-Pop, Identitas Virtual, Media SosialAbstract
Fenomena gender swapping digunakan roleplayer K-Pop di Telegram sebagai bentuk eksplorasi identitas. Penelitian ini bertujuan mengetahui konstruksi identitas gender virtual dalam gender swapping serta faktor-faktor yang memengaruhinya di dunia virtual. Metode yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan konstruksi identitas gender virtual terjadi secara kompleks, dipengaruhi faktor sosial dan budaya. Faktor pendorongnya meliputi kenyamanan interaksi, pencarian diri, dan dinamika komunitas yang lebih menerima identitas tertentu. Kesimpulannya, dunia virtual memberi ruang eksplorasi perspektif gender dan interaksi sosial, namun tetap membutuhkan kesadaran diri menjaga batas antara identitas virtual dan realitas.
Downloads
References
Agustin, I. N. (2022). Kontruksi Identitas Gender Pada Pengguna Akun Twitter Roleplayer K-Pop (Analisis Etnografi Virtual Dalam Fenomena Gender swap) (Doctoral dissertation, Universitas Pancasakti Tegal).
Azhar, I. (2018). Interaksi Virtual Remaja di Media Sosial. Lontar: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 23-32.
Azzali, M. (2024). Komunikasi Identitas Melalui Media Sosial: Studi Fenomenologi pada Pengguna Media Sosial Generasi Muda Etnis Tionghoa. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS), 5(6).
Bowman, S. L. (2010). The functions of role-playing games: How participants create community, solve problems and explore identity. McFarland.
Bungin, B. (2010). Penelitian Kualitatif: komunikasi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya.
Gantina, G. G. (2021). FENOMENA KOREAN ROLEPLAYER DI MEDIA SOSIAL TWITTER (Studi Fenomenologi Korean Roleplayer Di Media Sosial Twitter) (Doctoral dissertation, FISIP UNPAS).
Ghaissani, N. (2017). Konstruksi Identitas Gender pada Komunitas Virtual Roleplay (Analisis Etnografi Virtual Fenomena Gender Swap pada Jejaring Sosial Twitter). (Doctoral dissertation, Universitas Brawijaya).
Lalwani, M., Vidhani, V., & Mehta, A. (2022). Gender Fluidity in the Digital Age: The impact of social media influencers on Generation Z. GLS KALP: Journal of Multidisciplinary Studies, 2(4), 31-41.
Maliangkay, R. (2006). When the Korean Wave Ripples. IIAS Newsletter, 42(15).
Moleong, L. J. (2016). Metodologi penelitian kualitatif (edisi revisi).
Nuraini, E. P. (2021). Peran roleplayer dalam membentuk identitas virtual di sosial media Line (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurfaidah, M., Dewi, R. U., & Kurniawan, A. W. (2018). Korean Role-Play Di Media Sosial Twitter (Studi Fenomenologi Korean Role-play Garut di Media Sosial Twitter). Public Relations Universitas Garut.
Nurhaliza, W. O., & Fauziah, N. (2020). Komunikasi Kelompok dalam Virtual Community. Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(01), 18-38.
Parlina, I., & Taher, A. (2017). Motivasi dan Pola Interaksi Pengguna Role Play Twitter Pada Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, 2(2), 198-211.
Pratiwi, A. P. (2023). Identitas virtual pada roleplayer di twitter. Prosiding Konferensi Nasional Sosial dan Politik (KONASPOL), 1, 215-227.
Putri, C. H. (2017). Konstruksi Identitas Virtual pada Komunitas Roleplay K-POP di Facebook.
Roberts, L. D., & Parks, M. R. (1999). The social geography of gender-switching in virtual environments on the Internet. Information, Communication & Society, 2(4), 521-540.
Ryadi, R. A. V. M., & Ardi, R. (2023). Gambaran Identitas Virtual: Studi Kasus Gender Swap dan Seksualitas pada Pemain Original Character Role-player. Buletin Penelitian Psikologi dan Kesehatan Mental (BRPKM), 3(1), 72-83.
Saputri, V. S. (2020). Konstruksi Identitas Diri Virtual Melalui Instagram (Studi Pada Mahasiswi Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2015 Universitas Muhammadiyah Surakarta) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Vernika, V., & Nurhastuti, N. (2018). Permainan Roleplayer di Media Sosial Twitter. Prosiding Manajemen Komunikasi, 21-27.
Wood, A. F., & Smith, M. J. (2004). Online communication: Linking technology, identity, & culture. Routledge.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

