STRATEGI MARKETING POLITIK DEWAN PIMPINAN DAERAH PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN JAWA TIMUR PADA KAMPANYE PILPRES 2024
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v9i2.66946Keywords:
Marketing Politik, Strategi Kampanye, Konsep 4 PAbstract
Pemilihan Presiden merupakan salah satu ajang kontestasi politik untuk memilih calon pemimpin negara,
dalam hal ini proses kampanye tidak terlepas dari strategi marketing politik yang dilakukan oleh semua pasangan
calon dalam melakukan bentuk kampanye dan mendapat dukungan sebanyak banyaknya terhadap publik.
Penelitian yang dibuat ini memiliki tujuan untuk mengetahui strategi marketing politik Dewan Pimpinan Daerah
Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Timur dalam kampanye pilpres 2024 dalam mempromosikan Ganjar
Pranowo dan Mahfud Mahdmoedin khususnya dalam hal media sosial maupun lapangan, tentu juga untuk
mengetahui strategi 4P marketing politik seperti faktor a) Price b) Place c) Promotion d) Product terhadap strategi
yang dilakukan oleh DPD PDI Perjuangan Jawa Timur selama pilpres 2024. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian kualitatif dengan sumber data melalui wawancara mendalam terhadap beberapa tim pemenangan
terkait untuk mendapatkan informasi yang akurat, menggunakan paradigma konstruktivisme untuk menekankan
pemaknaan subjektif individu terhadap pengalaman pribadi individu dengan realitas yang ada, dalam penelitian
ini juga menggunakan teori marketing politik sebagai dasar analisa penelitian. Kampanye tim pemenangan DPD
PDI Perjuangan Jawa Timur di media sosial maupun lapangan tak terlepas dari konsep a) Targeting dengan fokus
terhadap target pemilih b) Positioning dengan ciri khas / citra yang ingin ditonjolkan c) Segmentation dengan
pemetaan karakteristik pemilih tertentu yang telah disusun oleh tim pemenangan.
Downloads
References
Adat, D., Pada, S., Anastasia, G., & Suyoga, A. A. G. A. (2019). Kampanye Dan Pemasaran Politik Calon Anggota Legislatif 2019 Di. 46–60.
Alayya, J. (2023). Strategi Populisme “Wong Cilik” Ganjar Pranowo Dalam Twitter Untuk Mengelola Citra Positif English Title: Populism Strategy “Wong Cilik” of Ganjar Pranowo in Twitter to create positive images. Jurnal Komunikasi Profesional, 7(3), 354–368. http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jkp
Alhababy, A. M. (2016). Marketing Politik : Teori dan Konsep (Vol. 14, Issue 5).
Aydil, M., & Zuhri, A. (2023). Political Marketing: Strategi PAN pada Pemilu 2024 dalam Menyukseskan Agenda Politik Melalui Pembuatan Jingle. Jurnal Sains Riset, 13(3), 870–881. https://doi.org/10.47647/jsr.v13i3.2046
Di, M., Suatu, I., & Evaluasi, P. (2022). Risk and Uncertainty Issues. 1(1), 1–3.
Dr. Osbin Samosir, M. S. (n.d.). PARTAI POLITIK PADA ABAD 21 : Pengertian , Fungsi , dan Praktek di Indonesia Pengantar : Dr . Dhaniswara K . Harjono , S . H ., M . H ., M . B . A .
Duarte Borromeu, Pramana Indra, S. P. (2024). Retorika. 7482(August), 109–123.
Elis Mardianti. (2024). Strategi pemasaran politik pasangan Ikfina-Barra dalam kontestasi Pilkada Kabupaten Mojokerto tahun 2020. Jurnal Politik Indonesia (Indonesian Journal of Politics), 10(1), 17–41. https://doi.org/10.20473/jpi.v10i1.56267
Elpi Lutpiani. (n.d.). IMPLEMENTASI DEMOKRASI INDONESIA.
Fahruji, D., & Fahrudin, A. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dalam Kampanye Politik Menjelang Pemilu 2024: Studi Kasus tentang Akun Media Sosial Partai Politik dan Politisi. JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan), 6(2), 118–132. https://doi.org/10.31949/jika.v6i2.6675
Firmanto, F., & Abadi, W. R. (2023). Peran Pendidikan Politik Terhadap Peningkatan Partisipasi Politik Generasi Muda dalam Pemilihan Presiden 2024. Themis: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 21–25.
Jannati Silbaeti. (2020). PEMASARAN POLITIK PARTAI KEADILAN SEJAHTERA DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT TAHUN 2024. Journal GEEJ, 7(2), 1–14.
Melalui, A., Sosial, M., & Pilpres, D. I. (2020). Sinta Lestari-Fdk.
Mubarrod, R., & Syarwi, P. (2024). Marketing politik jelang Pemilu 2024 " Desak Anies ", " Prabowo Gemoy ", dan " Ganjar Nginap di Rumah Warga ". Jurnal Communitarian, 5(2), 893–904. https://doi.org/10.35870/jimik.v5i1.586
Muttaqin. (2024). ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PERSONAL BRANDING GANJAR PRANOWO MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK MENUJU PEMILIHAN PRESIDEN TAHUN 2024 ( Studi Kasus pada Perguruan Tinggi Negeri di Jawa Tengah ). 10, 232–253.
Perdana Adi Septian Dimas, Turtiantoro, A. puji. (2020). STRATEGI PEMENANGAN POLITIK PDI PERJUANGAN DALAM PILKADA KLATEN 2020: ANALISIS MARKETING POLITIK. Kaos GL Dergisi, 8(75), 147–154.
Pungki, M. (2020). Strategi Marketing Politik Dpc Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (Pdi-P) Kota Semarang Untuk Meningkatkan Citra Positif Di Kota Semarang Tahun 202.
Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584
Turtiantoro, T. (2020). The Nationalism of “Wong Cilik”: Reflection on the Ideology of Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P) in Central Java. 21–22. https://doi.org/10.4108/eai.21-10-2019.2294457
Wahyudi. (2022). STRATEGI MARKETING POLITIK MEDIA SOSIAL PASANGAN DANNY-FATMA PADA PEMILIHAN WALIKOTA MAKASSAR 2020. Braz Dent J., 33(1), 1–12.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section

