ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PENCAPAIAN MUTU PENYAJIAN KONTEN CYBER RELIGION

(Studi Kasus pada media Progresif TV Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo)

Authors

  • Moch Ues Al Karoni Universitas Negeri Surabaya
  • Putri Aisyiyah Rachma Dewi Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v10i1.72667

Keywords:

Manajamen Produksi, TQM, Cyber Religion

Abstract

Digitalisasi teknologi dan informasi merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman saat ini. salah satunya adalah pertumbuhan masyarakat di media sosial dalam sektor dakwah digital.Tujuan Penelitian ini Untuk mengetahui bagaimana Implementasi unsur Total Quality Manajemen (TQM) dalam produksi Konten Edukasi Religi (Cyber religion) yang optimal untuk pencapaian mutu penyajian konten religi dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung, penghambat implementasi unsur Total Quality Manajemen (TQM) dalam produksi Konten Edukasi Religi. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan Kualitatif yang bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, teknik dokumentasi. Data yang diperoleh mengenai implemtasi Total Quality Management pada pencapaian mutu penyajian konten edukasi diolah menggunakan teori TQM.

Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa Progresif TV telah melaksanakan unsur-unsur Utama Total Quality Manajemen berupa, pertama meningkatakan kepuasan audience dengan memperkuat sumber daya manusia dan prasarana,kedua, memberikan kelonggaran audience dalam menyampaikan ketidakpuasan melalui direct message, Obsesi pada kualitas konten dengan cara menyajikan konten dakwah yang mudah diterima oleh masyarakat,ketiga, ketercapaian visi misi dengan cara menjaga konsistensi dalam menyajikan konten edukasi religi,keempat, Menjaga komitmen jangka Panjang, dengan ini Progresif TV berkomitmen untuk menjadikan sebuah media yang digemari masyrakat dengan menyajikan konten yang berkualitas. kelima, perbaikan berkesinambungan, yang mana progresif TV menerapkan alur proses produksi sesuai system dan terjadwal menggunakan siklus praproduksi, produksi dan pasca produksi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fahri, Muhammad. (2022). MANAJEMEN PRODUKSI PROGRAM PODCAST DI ASHIIL TV PEKANBARU. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM

Sonjaya, A., & Rahayu Diningrat, B. (2023). Relasi Agama dan Politik di Indonesia. JCIC : Jurnal CIC Lembaga Riset Dan Konsultan Sosial, 5(1), 21–28.

https://doi.org/10.51486/jbo.v5i1.82 Malik, Habibi (2021). CYBER RELIGION

DAN REAL RELIGION DI TENGAH MASYARAKAT

DIGITAL. Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. vol.4

Qadri, M. (2020). Pengaruh Media Sosial Dalam Membangun Opini Publik. Jurnal Qaumiyyah: Jurnal Hukum Tata Negara, 1(1), 49–63.

Kuswana, Yoshy, Acep. (2023) CYBER RELIGION.Implementasi Keberagamaan dan Respons Generasi Milenial. Al Adyan Journal of Religious Studies

Parhan, Riezky, Alifa Sarah. (2020) ANALISIS METODE BARU DAKWAH HANAN ATTAKI DI ERA KONVERGENSI MEDIA

(Studi Deskriptif Pada Akun Instagram

@hanan_attaki).Komunida: Media Komunikasi dan Dakwah Vol.10, no 02

Assauri, Sofyan. 2008. Edisi Revisi. Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Fachruddin, Andi (2012). DASAR – DASAR PRODUKSI TELEVISI: Produksi

Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing. Jakarta: Prenada Media Groub.

Ida Ayu, Akuntansi Manajemen (Lombok: Seval, 2022), hlm. 161

Eko Sudarmanto, Total Quality Management (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2022), hlm. 87

Aditya Wardhana, Manajemen Kinerja (Konsep, Teori dan Penerapannya) (Bandung: Media Sains Indonesia, 2022), hlm. 200

Syafrida Hafni, dkk, Gagasan Manajemen (Medan: Yayasan Kita Menulis, 2020), hlm. 27

Habibi Malik, “YouTube Sebagai Guru Agama Di Era Cyber Religion,” Adzikra: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam 12, no. 1 (2021): 12–26,

https://doi.org/10.32678/ adzikra.v12i1.4548.

Rustandi, Ridwan. (2019) Cyberdakwah: Internet sebagai Media Baru dalam Sistem Komunikasi Dakwah Islam. Nalar: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam Vol. 3, No. 2, Desember 2019.

M. Hatta, “Media Sosial Sebagai Sumber Keberagamaan Alternatif Remaja,”

Jurnal Kajian Dakwah dan

Kemasyarakatan 22, no. 1 (2018): 1–

30.

Sugiyono.2008.Metode Penelitian Bisnis, Bandung : Alfabeta Afrizal. 2016. Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif Dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada

Sukmadinata . Nana Syaodih, 2011, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung : Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S., 2010, Prosedur Penelitian, Rineka Cipta, Jakarta

Downloads

Published

2025-08-26

How to Cite

Moch Ues Al Karoni, & Putri Aisyiyah Rachma Dewi. (2025). ANALISIS IMPLEMENTASI TOTAL QUALITY MANAGEMENT PADA PENCAPAIAN MUTU PENYAJIAN KONTEN CYBER RELIGION : (Studi Kasus pada media Progresif TV Pondok Pesantren Progresif Bumi Sholawat Sidoarjo). The Commercium, 10(1), 24–35. https://doi.org/10.26740/tc.v10i1.72667
Abstract views: 62 , PDF Downloads: 32