Strategi Komunikasi Pada Podcast Wika Tv Kabupaten Mojokerto
DOI:
https://doi.org/10.26740/tc.v10i1.72703Kata Kunci:
Strategi komunikasi, podcast, Media sebagai penyebaran InformasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan menjelaskan strategi komunikasi Podcast Wika TV Kabupaten Mojokerto yang dikembangkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai media penyebaran informasi program kerja pemerintah daerah. Fokus penelitian terletak pada implementasi model perencanaan komunikasi Cutlip dan Center, meliputi tahapan penemuan fakta, perencanaan, komunikasi, dan evaluasi. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan keberhasilan Podcast Wika TV dipengaruhi penerapan tahapan komunikasi secara sistematis. Penemuan fakta dilakukan untuk mengidentifikasi kebutuhan komunikasi masyarakat, yang menjadi dasar perumusan strategi pada tahap perencanaan. Tahap komunikasi dilaksanakan dengan pendekatan humanistik dan pemanfaatan media digital untuk memperluas jangkauan audiens. Evaluasi dilakukan secara reflektif guna mengukur efektivitas pesan dan mengidentifikasi perbaikan. Secara keseluruhan, Podcast Wika TV berperan tidak hanya sebagai saluran informasi, tetapi juga sebagai instrumen strategis membangun hubungan harmonis pemerintah daerah–masyarakat melalui komunikasi publik yang partisipatif, terencana, dan adaptif. Temuan ini berkontribusi secara teoritis bagi pengembangan ilmu komunikasi publik serta memberikan manfaat praktis bagi pengelolaan media digital pemerintah daerah.
Unduhan
Referensi
Agustinus Gulo. (2023). Revitalisasi Budaya Di Era Digital Dan Eksplorasi Dampak Media Sosial Terhadap Dinamika Sosial-Budaya Di Tengah Masyarakat. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 3(3), 172–184. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v3i3.2655
Azhani, G. A., Purwanto, E., Lestari, D., Putri, M. N., & Cahyani, D. (2025). Media sebagai Agen Budaya: Podcast sebagai Sarana Edukasi dan Pelestarian Kearifan Lokal. Indonesian Culture and Religion Issues, 2(3), 15. https://doi.org/10.47134/diksima.v2i3.211
Berry, R. (2016). Part Of The Establishment: Reflecting On 10 Years Of Podcasting As An Audio Medium. Convergence, 22(6), 661–671.
Bupati Mojokerto. (2019). Peraturan Bupati (PERBUP) Kabupaten Mojokerto Nomor 25 Tahun 2019 tentang Program Empati Anak Sebaya. Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto.
Coombs, W. T. (2007). Protecting Organization Reputations During A Crisis: The Development And Application Of Situational Crisis Communication Theory. Corporate Reputation Review, 10(1), 163–176.
Dahlia, N. (2023). UPAYA MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE MELALUI COLLABORATION GOVERNANCE PADA PELAYANAN PUBLIK. Journal of Governance Innovation, 5(1), 61–79. https://doi.org/10.36636/jogiv.v5i1.2274
Era Purike, Astriana Baiti, & Nur Azizah. (2022). SIKAP PENGGUNA MEDIA SOSIAL TERHADAP INFORMASI PUBLIK YANG DISAMPAIKAN PEMERINTAH MELALUI MEDIA DARING DAN MEDIA SOSIAL. JURNAL RISET RUMPUN ILMU SOSIAL, POLITIK DAN HUMANIORA, 1(1), 84–94. https://doi.org/10.55606/jurrish.v1i1.167
Fadilah, E., Yudhapramesti, P., & Aristi, N. (2017). Podcast sebagai Alternatif Distribusi Konten Audio. Jurnal Kajian Jurnalisme, 1(1). https://doi.org/10.24198/kj.v1i1.10562
Hafied Cangara. (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada.
Hafied Cangara. (2013). Perencanaan Dan Strategi Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada.
Harahap, A. F. R., & Harahap, A. M. (2023). Peran digitalisasi dalam meningkatkan partisipasi publik pada pengambilan keputusan tata negara. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 769. https://doi.org/10.29210/1202323208
Heath, J. (2013). The Structure of Intergenerational Cooperation. University of Toronto.
Hidayati, F. R. (2021a). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 145–161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385
Hidayati, F. R. (2021b). Komunikasi Politik dan Branding Pemimpin Politik Melalui Media Sosial: A Conceptual Paper. JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 5(2), 145–161. https://doi.org/10.51544/jlmk.v5i2.2385
Imarshan, I. (2021). POPULARITAS PODCAST SEBAGAI PILIHAN SUMBER INFORMASI BAGI MASYARAKAT SEJAK PANDEMI COVID-19. Perspektif Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Politik Dan Komunikasi Bisnis, 5(2), 213. https://doi.org/10.24853/pk.5.2.213-221
Irwansyah, Y. H. S. (2021). THE RISE OF PODCAST IN INDONESIA The Development Of New Media Podcast As Popular Culture Of Young Generation In Indonesia. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 223–233. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.1034
Markman, K. M., & Sawyer, C. E. (2014a). Why Pod? Further Explorations Of The Motivations For Independent Podcasting. Journal of Radio & Audio Media, 21(1), 20–35.
Markman, K. M., & Sawyer, C. E. (2014b). Why Pod? Further Explorations Of The Motivations For Independent Podcasting. Journal of Radio & Audio Media, 21(1), 20–35.
Mulyana, D. (2016). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Remaja Rosdakarya.
Nuraeni, R. (2017). PERAN MEDIA SOSIAL DALAM TUGAS JURNALISTIK. Jurnal Ilmiah LISKI (Lingkar Studi Komunikasi), 3(1), 43. https://doi.org/10.25124/liski.v3i1.806
Nuran, A. A., Gultom, F. E., & Annisa, P. S. M. (2024). ANALISIS KEBUTUHAN MEDIA PODCAST DALAM MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MAHASISWA. Basastra, 13(3), 201. https://doi.org/10.24114/bss.v13i3.61508
Pahlevi, R. (2022). Pendengar Podcast Indonesia Terbesar ke-2 di Dunia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/02/08/pendengar-podcast-indo nesia-terbesar-ke-2-di-dunia
Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto. (2016). Perda Nomor 8 Tahun 2016 Penyelenggaraan Lembaga-lembaga Penyiaran. Sekretariat Daerah Kabupaten Mojokerto.
Pemerintah Kabupaten Mojokerto. (2023). Situs Resmi Kabupaten Mojokerto. www.mojokerto.go.id
Qudratullah, & Rosniar. (2021). Etika Komunikasi Dalam Berdiskusi. Jurnal Indonesia Sosial Sains, 2(1), 92–102. https://doi.org/10.36418/jiss.v2i1.115
Radika, M. I. (2020). Strategi Komunikasi Podcast Dalam Mempertahankan Pendengar: (Studi Kasus dalam Podcast Do You See What I See). Medialog: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 96–106.
Rahman, A., & Sjoraida, D. F. (2017). Strategi Komunikasi Pemerintah Kabupaten Subang Menyosialisasikan Gerakan Pembangunan Untuk Rakyat Infrastruktur Berkelanjutan. Jurnal Kajian Komunikasi, 5(2), 136–146.
Ramadhani, J. S., Firmansyah, M. B., Wilujeng, I. T., Putri, N. N., & Nafisah, D. (2023). Pemanfaatan Podcast Spotify sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 14(2), 135–143. https://doi.org/10.37640/jip.v14i2.1588
Ricko, R., & Junaidi, A. (2019). Analisis Strategi Konten Dalam Meraih Engagement pada Media Sosial Youtube (Studi Kasus Froyonion). Prologia, 3(1), 231. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6245
Rumra, F. (2014). Pengelolaan Informasi Publik Pada Dinas Informasi Dan Komunikasi Kabupaten Maluku Tenggara. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 18(2), 177–188.
Safira Triandharini, Teddy Kurnia Wirakusumah, & Detta Rahmawan. (2024). Strategi Komunikasi Akun Aniesbubble di Twitter dalam Meningkatkan Engagement. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 2(4), 16–29. https://doi.org/10.47861/tuturan.v2i4.1194
Santhia, B. A., & Soedarsono, D. K. (2022). Peran Podcast Sebagai Media Penyebaran Informasi Program Kerja Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Bandung. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 45–60.
Sedarmayanti. (2018). Tata Kearsipan: Dengan Memanfaatkan Teknologi Modern. Mandar Maju.
Sikumbang, K., Ramadhina, W., Yani, E. R., Arika, D., Hayati, N., Hasibuan, N. A., & Permana, B. G. (2024). Peranan Media Sosial Instagram terhadap Interaksi Sosial dan Etika pada Generasi Z. Journal on Education, 6(2), 11029–11037. https://doi.org/10.31004/joe.v6i2.4888
Silaban, A. D., Amirulloh, M., & Rafianti, L. (2020). Podcast : Penyiaran Atau Layanan Konten Audio Melalui Internet (Over the Top) Berdasarkan Hukum Positif di Indonesia. JURNAL LEGALITAS, 13(02), 129–143. https://doi.org/10.33756/jelta.v13i02.8325
Sinabariba, S. C. (2023). Eksistensi Radio: Tantangan dan Peluang di Era Digital dan Post-Pandemic COVID-19 (Sebuah Pendekatan dengan Metode Tinjauan Literatur Sistematik). JURNAL LENSA MUTIARA KOMUNIKASI, 7(2), 11–23. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4002
Triwijayati, A., Luciany, Y. P., Novita, Y., Sintesa, N., & Zahruddin, A. (2023). Strategi Inovasi Bisnis untuk Meningkatkan Daya Saing dan Pertumbuhan Organisasi di Era Digital. Jurnal Bisnis Dan Manajemen West Science, 2(03), 306–314. https://doi.org/10.58812/jbmws.v2i03.564
UC Berkeley. (2020). Podcast Your City : A Grant Proposal for Using Podcast as Community Engagement and Public Communication Platform for Global Government. Universitas California.
Vinanda, R. A., & Ahmad, N. (2022). Dinamika Proses Produksi Berita oleh Jurnalis Media Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Komunikasi, 5(2), 304–323. https://doi.org/10.38194/jurkom.v5i2.651
Wahyuni, S., Arisani, G., Riani, R., & Hanipah, H. (2022). Peran Media Sosial Sebagai Upaya Promosi Kesehatan. Jurnal Forum Kesehatan : Media Publikasi Kesehatan Ilmiah, 11(2), 86–96. https://doi.org/10.52263/jfk.v11i2.233
Yuningsih, Y. (2022). Efektivitas Implementasi Pelayanan Publik Digital: Studi Kasus Pelayanan Perpustakaan Digital Puslatbang PKASN LAN. Jurnal Wacana Kinerja: Kajian Praktis-Akademis Kinerja Dan Administrasi Pelayanan Publik, 25(1), 43. https://doi.org/10.31845/jwk.v25i1.727
Zellatifanny, C. M. (2020). Trends in Disseminating Audio on Demand Content through Podcast: An Opportunity and Challenge in Indonesia. Jurnal Pekommas, 5(2), 117–132. https://doi.org/10.30818/jpkm.2020.2050202
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Abstract views: 96
,
PDF Downloads: 118