Pengaruh Brand Activation Hakui Kopi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen

Penulis

  • Sholihuddin Al Faruqy Universitas Negeri Surabaya
  • Jauhar Wahyuni Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/tc.v10i1.72774

Kata Kunci:

Pengaruh, Brand Activation, Keputusan Pembelian, Hakui Kopi

Abstrak

Pada era persaingan bisnis yang kompetitif, perusahaan dituntut untuk mampu menciptakan strategi pemasaran yang efektif guna meningkatkan penjualan dan mempertahankan loyalitas konsumen, salah satunya caranya dengan strategi Brand Activation. Coffee Shop mulai berkembang di berbagai daerah di Indonesia, seperti di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Salah satu Coffee Shop lokal adalah Hakui Kopi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand activation Hakui Kopi memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel independen yang diuji adalah Sense, Feel/Relate, Think, dan Act yang diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen yaitu keputusan pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh konsumen Hakui Kopi. Jumlah responden dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang dihitung menggunakan metode Lemeshow. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil uji t didapatkan bahwa variabel brand activation memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel keputusan pembelian.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aaker, D. A. (1991). Managing Brand Equity: Capitalizing on the Value of a Brand Name. Simon & Schuster

Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. PT Inovasi Pratama Internasional.

Baker, M. J., & Hart, S. (2008). The Marketing Book (6th ed.). Routledge.

Bias, A., & Jamiati, R. (2023). Efektivitas Brand Activation melalui Instagram dalam Meningkatkan Minat Beli Kartu Perdana H3RO dari Tri Indonesia. Jurnal Komunikasi Digital, 5(2), 78-95.

Devina, R., & Edwin, P. (2017). Strategi Brand Activation dalam Industri FMCG: Studi Kasus pada Produk Minuman Instan di Indonesia. Jurnal Strategi Pemasaran, 12(1), 34-50.

De Pelsmacker, P., Geuens, M., & Van den Bergh, J. (2017). Marketing Communications: A European Perspective (6th ed.). Harlow: Pearson.

Elias, M. C. (2018). Analisis Strategi Bersaing Pada Perusahaan Biro Perjalanan di Malang. Agora, 6(2).

Erlyana, Y., & Everlin, S. (2021). Analisis brand activation experiential logo Gojek tahun 2019. Jurnal Dimensi DKV Seni Rupa dan Desain, 6(2), 161-178.

Fajri, A. (2018). Pengaruh Brand Activation Terhadap Keputusan Pembelian Miniso di Kota Malang. (Doctoral Dissertation, Universitas Brawijaya).

Fitrayana, E. I., & Budiarti, L. (2021). Pengaruh store atmosphere dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian di Kedai Kopi Hakui Kopi 0 KM Tulungagung. Jurnal Aplikasi Bisnis, 7 (1), 65-68.

Indrawati, L., & Amalia, P. (2020). Experiential Marketing di Kafe: Pengaruh Sense, Feel, Think, Act terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 15(3), 67-85.

Internasional Coffee Organization. (2023, April 2023). Coffee report and outlook April 2023.

Keller, K. L., & Lehmann, D. R. (2006). Brands and branding: Research findings and future priorities. Marketing Science, 25(6), 740-759.

Keller, K. L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity (4th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran (Jilid 1, Edisi ke-12). Alih Bahasa oleh Bob Sabran. Erlangga. Jakarta.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P. (1973). Atmospherics as a Marketing Tool. Journal of Retailing, 49(4), 48-64.

Marta, D., et al. (2018). Brand Activation sebagai Strategi Meningkatkan Kesadaran dan Keterlibatan Konsumen. Jurnal Ekonomi Kreatif, 4(2), 55-72.

Morel, P., Preisler, P., & Nystrom, A. (2002). Brand Activation. In Starsky Insight.

Palsmecker, M., Geuens, M., & Bergh, J. V. D. (2017). Advertising and consumer psychology: Insights for brand management. Routledge.

Schmitt, B. H. (1999). Experiential Marketing. Journal of Marketing Management, 15(1-3), 53-67.

Setiadi, Nugroho J. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Prenada Media.

Setyawati, L., & Tyas, S. (2014). Pengaruh Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Televisi Samsung di Perumahan Villa Grand Tomang Tangerang. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 11(1), 77-92.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukendro, G. G., & Pandrianto, N. (2019). Diagnosa Komunikasi Brand Activation dan Media Digital atas Eksistensi Brand Studio Rekaman Lokananta. Jurnal Komunikasi, 11(1), 92-107.

Widiawati, K. (2019). Strategi komunikasi pemasaran hotel bintang empat meraih pelanggan. Jurnal Administrasi Kantor, 7(1), 63-74.

Diterbitkan

2025-09-09

Cara Mengutip

Sholihuddin Al Faruqy, & Jauhar Wahyuni. (2025). Pengaruh Brand Activation Hakui Kopi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. The Commercium, 10(1), 50–59. https://doi.org/10.26740/tc.v10i1.72774
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 69