PERANCANGAN MOTION GRAPHIC EDUKASI KESELAMATAN BERSEPEDA UNTUK ANAK USIA 10–15 TAHUN

  • Ardi Firmansyah Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Rois Abidin Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Fenomena Gowes adalah peristiwa meningkatnya aktivitas serta jumlah pengendara sepeda di beberapa daerah di Indonesia yang tengah berlangsung sejak awal tahun 2020, tepat sesaat setelah pemerintah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sebagai upaya penanggulangan wabah COVID-19. Memasuki pertengahan tahun, isu-isu seperti kecelakaan lalu lintas hingga tindak pidana yang melibatkan pesepeda seperti pembegalan semakin mengemuka seiring kian digemarinya aktivitas tersebut di kalangan masyarakat muda bahkan anak-anak. Kurangnya infrastruktur dalam menunjang pengalaman bersepeda yang aman hingga kelalaian pihak pesepeda sendiri mengimplikasikan urgensi atas materi keselamatan bersepeda untuk kembali ditegaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep serta proses perancangan dalam memvisualisasikan video motion graphic bertemakan keselamatan bersepeda yang edukatif, persuasif, insentif, dan relevan, sebagai solusi atas permasalahan yang timbul dari Fenomena Gowes. Video motion graphic ini dirancang menggunakan metode pemecahan masalah Design Thinking Institut Desain Hasso-Plattner Stanford. Hasil penelitian ini berupa video motion graphic berdurasi 6 menit 28 detik yang memuat materi berupa saran, anjuran, dan tata aturan dalam menggunakan sepeda gayung dan ditujukan kepada anak-anak dari rentang usia 10 hingga 15 tahun. Dari proses validasi oleh ahli media dan ahli materi, solusi yang telah dirancang memperoleh rata-rata skor 4,2 pada kategori layak untuk diimplementasikan pada platform yang telah dipilih. Kata Kunci: Motion Graphic, Edukasi, Keselamatan Bersepeda
Published
2021-07-06
How to Cite
Firmansyah, A., & Abidin, M. (2021). PERANCANGAN MOTION GRAPHIC EDUKASI KESELAMATAN BERSEPEDA UNTUK ANAK USIA 10–15 TAHUN. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 2(2), 151-165. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/41187
Section
Articles
Abstract Views: 173
PDF Downloads: 302