ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF

  • Ikhwan Akbar Endarto Universitas Negeri Surabaya
  • Martadi Martadi Universitas Negeri Surabaya

Abstract

Kualitas pendidikan Indonesia berada di peringkat ke-54 dari total 78 negara pada tahun 2021. Indonesia harus mulai menuju sistem edukasi 4.0 yang mengaplikasikan media edukasi berbasis teknologi digital. Akhir tahun 2021, Facebook mengumumkan perubahan nama menjadi Meta dengan mengusung ide masa depan internet bernama Metaverse. Metaverse adalah teknologi digital yang mampu menciptakan dunia virtual 3D berbasis Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Metaverse sebagai media baru berpotensi cukup besar sebagai media edukasi interaktif. Artikel ilmiah ini menggunakan metode studi deskripsi dengan pendekatan penelitian kepustakaan, dimana artikel ini akan membahas Metaverse lalu dikaitkan dengan artikel atau jurnal mengenai media edukasi. Selanjutnya, analisis dilakukan dengan metode Analysis Interactive Model Miles and Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pembahasan pada artikel ini menjelaskan potensi Metaverse sebagai media edukasi beserta analisis penerapan Metaverse berbasis AR dan VR dari segi desain. Desainer memiliki peran penting dalam pembuatan media pendidikan di era Metaverse, dimana prinsip-prinsip desain meliputi layouting, tipografi, prinsip warna, serta persepsi bidang dan ruang perlu diterapkan untuk membangun pengalaman dunia virtual yang nyaman bagi penggunanya. Kata Kunci : Metaverse, Media Edukasi Interaktif, Virtual Reality, Augmented Reality
Published
2022-07-11
How to Cite
Endarto, I., & Martadi, M. (2022). ANALISIS POTENSI IMPLEMENTASI METAVERSE PADA MEDIA EDUKASI INTERAKTIF. BARIK - Jurnal S1 Desain Komunikasi Visual, 4(1), 37-51. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JDKV/article/view/48250
Section
Articles
Abstract Views: 3067
PDF Downloads: 9058