PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII
Keywords:
Media Flashcard, Media Mind Mapping. Capaian PembelajaranAbstract
Fokus pada penelitian yakni pengaruh model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dengan memakai bantuan media flashcard terhadap capaian belajar IPS kelas VIII. Rancangan penelitian yang dipakai dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment Design) dengan menggunakan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Lingkup populasi pada penelitian ini yakni seluruh peserta didik kelas di MTsN 2 Kota Surabaya tahun ajaran 2023/2024 dengan populasi sasaran adalah peserta didik kelas VIII. Pengambilan sampel mempergunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling. Teknik penghimpunan data yang digunakan yakni tes dan dokumentasi. Uji hipotesis menggunakan syarat uji normalitas dan homogenitas. Dalam penelitian ini uji hipotesis menggunakan uji t atau T-Tes yaitu independent sample t-test. Hasil penelitian yang diperoleh dengan menggunakan media flashcard pada kelas eksperimen (VIII E) menunjukkan hasil rata-rata 81.25 dan penggunaan media mind mapping pada kelas kontrol (VIII H) dengan rata-rata 74,38. Hal tersebut menunjukkan terdapat pengaruh signifikan dan positif pada Capaian Pembelajaran IPS pada materi Kerja Sama Antarnegara kelas VIII MTsN 2 Kota Surabaya tahun ajaran 2023/2024.
Downloads
References
Afrilyanti, Safitri, D., & Sujarwo. (2024). Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. 2(2), 55–69.
Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1), 247–264. http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82
Arsyad A. (2011). Media Pembelajaran. 23–35.
Fitriana, I. W., Nusantara, T., & Qohar, A. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Dengan. Jurnal Edusains, 1(3), 179-184. https://doi.org/10.5281/zenodo.5244704
Hasibuan, D. R., Daulay, R. A., & Anisa, H. (2022). Pembelajaran Kooperatif Stad Dengan Media Mind Mapping Dan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ikatan Kimia. LAVOISIER: Chemistry Education Journal, 1(1), 17–26. https://doi.org/10.24952/lavoisier.v1i1.5452
Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (2019). Media Kartu Putar Dalam Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Di SMP 9 Probolinggo. Jurnal Ilmiah Pro Guru, 5(4), 5–24. http://journal2.um.ac.id/index.php/jipg/article/view/19875
Kemendikbud. (2022). K. 239–241.
Lubis, P. K. D., Sirait, D. E. P., & Ambarita, C. F. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division untuk meningkatkan Hasil Belajar. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 1(1), 13–23. https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027
Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SDN Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Mulyono, B. (2020). Perbandingan Hasil belajar Siswa yang Menggunakan Metode Mind Mapping dengan Siswa yang Menggunakan Metode Make A Match melalui Media Kartu dalam pembelajaran Matematika.
Nashrullah. (2022). Pembelajaran Ips (Teori Dan Praktik). 1–198.
Nurhayati, N., Permatasari, R., & Saputro, E. F. H. (2021). Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pemecahan Masalah Siswa. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA dan Aplikasinya, 1(2), 44–51. https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i2.439
RAMLAH, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas Vii Mts Negeri Luwu Utara Kab Luwu Utara. TEACHER : Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 243–249. https://doi.org/10.51878/teacher.v1i2.808
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D ( 2nd ed). In Data Kualitatif.
Sumarni, E. titi, & Mansurdin. (2020). Model Kooperative Learning Tipe STAD pada Motivasi Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1309–1319. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/598
Wahyuni, S. (2020). Penerapan Media Flash Card untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema “Kegiatanku.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 9. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23734
Widiastini, L. K. (2020). Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction Sebagai Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Ips. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 135. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25208
Wulandari, I. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) dalam Pembelajaran MI. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 4(1), 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754
Yusnaldi, E., Panjaitan, D. A. F., Pasaribu, F., Sabina, L., Mustika, N., & Adelia, R. W. (2023). Hakikat Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta Bumi Aksara, 7, 32175–32181.
Yusup, F. (2019). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 13(1), 53–59. https://doi.org/10.21831/jorpres.v13i1.12884
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Adelia Soraya, Kusnul Khotimah, Ali Imron, Agus Suprijono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

