Pemanfaatan Desa Wisata DAM Pleret 1904 Kabupaten Pasuruan Sebagai Sumber Belajar IPS
Keywords:
Objek Wisata, Desa Wisata DAM Pleret 1904, dan Pembelajaran IPS.Abstract
Desa Wisata DAM Pleret 1904, yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memiliki potensi besar sebagai sumber belajar untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya dalam materi Sejarah Indonesia pada Masa Kolonial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi Desa Wisata DAM Pleret 1904 sebagai sumber belajar IPS yang meliputi aspek sejarah, geografi, ekonomi, serta sosial dan budaya serta untuk menganalisis kendala dan merumuskan upaya dalam memanfaatkan Desa Wisata DAM Pleret 1904 sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan objek wisata. DAM Pleret, yang dibangun pada masa kolonial oleh pemerintah Belanda, menyimpan nilai sejarah penting untuk mempelajari sistem kolonial dan dampaknya terhadap masyarakat. Secara geografis, situs ini memberikan wawasan terkait pengelolaan sumber daya alam, yang relevan dalam pembelajaran geografi. Di sisi lain, analisis ekonomi dan sosial tentang pengaruh kebijakan kolonial terhadap masyarakat lokal menawarkan bahan ajar mendalam untuk IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata DAM Pleret 1904 memiliki potensi signifikan sebagai sumber belajar yang komprehensif. Pembelajaran berbasis objek wisata ini dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai dinamika sejarah, geografi, ekonomi, dan sosial masa kolonial. Media pembelajaran berupa objek wisata mampu memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menghubungkan teori yang diajarkan di kelas dengan kondisi nyata. Dengan demikian, DAM Pleret 1904 tidak hanya berfungsi sebagai situs sejarah, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan pemahaman holistik terhadap materi IPS secara kontekstual dan bermakna bagi siswa.
Downloads
References
Alfiyanti, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati Sebagai Alternatif Sumber Belajar Ips Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 15–20. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.53155
Fatayati, N., & Syafril, E. P. E. (2022). Implementasi Kepedulian Lingkungan melalui Ekowisata Gua Pindul sebagai Sumber Belajar IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(117), 326–332. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.397
Hapzi Ali, Hamdan, H., & M. Rizky Mahaputra. (2022). Faktor Eksternal Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness pada Aplikasi Belanja Online: Adopsi Technology Accepted Model. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(3), 587–604. https://doi.org/10.38035/jim.v1i3.75
Imron, A., Prasetya, S. P., Suprijono, A., Segara, N. B., Khotimah, K., & Setyawan, K. G. (2022). Model akuisisi kredit semester dalam implementasi kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan IPS UNESA. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(2), 104. https://doi.org/10.17977/um022v7i22022p104
Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1–42.
Kusumawardani, E., Sujarwo, S., & Prasetyo, I. (2023). Penguatan Kapasitas Inovasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Wisata Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 18(1), 12–23. https://doi.org/10.17977/um041v18i12023p12-23
Lailan, A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Anam. Santri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2259–2266. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1058
Nalatilfitroh, N., & Banowati, E. (2021). Relevansi Pemanfaatan Potensi Desa Wisata Candirejo Kabupaten Magelang Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA. Edu Geography, 9(3), 168–174. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo
Nasruri, H. D., Parji, P., & Hanif, M. (2021). Identifikasi Kenampakan Alam dan Buatan Kabupaten Ngawi sebagai Sumber Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1186–1199. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.237
Ningsih, M. P., Maulani, C. Y., Setyadi, T., & Arum, D. P. (2022). Potensi Lingkungan sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2825–2833.
Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691
Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Holistika: Jurnail Ilmiah PGSD, 6(1), 101–107.
Rahmad, D. (2024). Model E-Supsate untuk Pembelajaran yang Lebih Bermakna pada Program Studi Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Islam E-Supsate Model for More Meaningful Learning in Study Program of Social Studies Education at Islamic Universities. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 137–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/26315
Santi, K. (2022). Wisata Tahura Sultan Adam Banjarbaru Sebagai Sumber Laboratorium Pembelajaran IPS. osf, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/2sgqp
Sari, Y. P., Faizah, H., Elmustian, E., & Syafrial, S. (2022). Pemanfaatan Desa Wisata Pulau Belimbing Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 10954–10963. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10174
Sinta, D., & Priyono, A. (2022). Analisis Pemanfaatan Objek Wisata “Tegalan” Sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 1008–1013.
Sriwahyuni, E., Arty, I. S., & Ikhsan, J. (2023). Potensi Pengembangan Model Blended Learning untuk Memfasilitasi Pengembangan Literasi Sains dan Literasi Digital Peserta Didik SMA Fase E Kurikulum …. Journal on Teacher Education, 5(2), 573–584. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22178
Sutrisno, Hapsah, S., & Setiawan, A. Y. (2020). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Partisipasi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Margahayu Kabupaten Bandung. Geoaren, 3(1), 47–59.
Utami, V. Y., Yusuf, S. Y. M. ;, & Mashuri, J. (2022). Penerapan Community Based Tourism Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Sebagai Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat. TheJournalish: Social and Government, 3(3), 218–226. https://doi.org/10.55314/tsg.v3i3.286
Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247
Wati, A. K., & Putri, N. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penge,bangan Dsa Wisata di Desa Klakahkasih Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Sosiolum, 5(2), 166–175. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i2.78723
Wicaksono, B. A., Khotimah, K., Segara, N. B., & Prastiyono, H. (2023). Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p66-80
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Bima Yudhantara Saputra, Sukma Perdana Prasetya, Agus Suprijono, Hendri Prastiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

