Pemanfaatan Desa Wisata DAM Pleret 1904 Kabupaten Pasuruan Sebagai Sumber Belajar IPS

Authors

  • Bima Yudhantara Saputra Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Objek Wisata, Desa Wisata DAM Pleret 1904, dan Pembelajaran IPS.

Abstract

Desa Wisata DAM Pleret 1904, yang terletak di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, memiliki potensi besar sebagai sumber belajar untuk pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya dalam materi Sejarah Indonesia pada Masa Kolonial. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi Desa Wisata DAM Pleret 1904 sebagai sumber belajar IPS yang meliputi aspek sejarah, geografi, ekonomi, serta sosial dan budaya serta untuk menganalisis kendala dan merumuskan upaya dalam memanfaatkan Desa Wisata DAM Pleret 1904 sebagai sumber belajar IPS. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan pendekatan objek wisata. DAM Pleret, yang dibangun pada masa kolonial oleh pemerintah Belanda, menyimpan nilai sejarah penting untuk mempelajari sistem kolonial dan dampaknya terhadap masyarakat. Secara geografis, situs ini memberikan wawasan terkait pengelolaan sumber daya alam, yang relevan dalam pembelajaran geografi. Di sisi lain, analisis ekonomi dan sosial tentang pengaruh kebijakan kolonial terhadap masyarakat lokal menawarkan bahan ajar mendalam untuk IPS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Desa Wisata DAM Pleret 1904 memiliki potensi signifikan sebagai sumber belajar yang komprehensif. Pembelajaran berbasis objek wisata ini dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai dinamika sejarah, geografi, ekonomi, dan sosial masa kolonial. Media pembelajaran berupa objek wisata mampu memperkaya pengalaman belajar siswa dengan menghubungkan teori yang diajarkan di kelas dengan kondisi nyata. Dengan demikian, DAM Pleret 1904 tidak hanya berfungsi sebagai situs sejarah, tetapi juga sebagai sarana untuk mengembangkan pemahaman holistik terhadap materi IPS secara kontekstual dan bermakna bagi siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfiyanti, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati Sebagai Alternatif Sumber Belajar Ips Di Smp Negeri 22 Semarang. Sosiolium: Jurnal Pembelajaran IPS, 4(1), 15–20. https://doi.org/10.15294/sosiolium.v4i1.53155

Fatayati, N., & Syafril, E. P. E. (2022). Implementasi Kepedulian Lingkungan melalui Ekowisata Gua Pindul sebagai Sumber Belajar IPS. Proceedings Series on Social Sciences & Humanities, 3(117), 326–332. https://doi.org/10.30595/pssh.v3i.397

Hapzi Ali, Hamdan, H., & M. Rizky Mahaputra. (2022). Faktor Eksternal Perceived Ease of Use dan Perceived Usefulness pada Aplikasi Belanja Online: Adopsi Technology Accepted Model. Jurnal Ilmu Multidisplin, 1(3), 587–604. https://doi.org/10.38035/jim.v1i3.75

Imron, A., Prasetya, S. P., Suprijono, A., Segara, N. B., Khotimah, K., & Setyawan, K. G. (2022). Model akuisisi kredit semester dalam implementasi kurikulum MBKM Program Studi Pendidikan IPS UNESA. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 7(2), 104. https://doi.org/10.17977/um022v7i22022p104

Kemendikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 1–42.

Kusumawardani, E., Sujarwo, S., & Prasetyo, I. (2023). Penguatan Kapasitas Inovasi Masyarakat Dalam Mewujudkan Desa Wisata Berkelanjutan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 18(1), 12–23. https://doi.org/10.17977/um041v18i12023p12-23

Lailan, A. (2023). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar pada Anam. Santri: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6), 2259–2266. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1058

Nalatilfitroh, N., & Banowati, E. (2021). Relevansi Pemanfaatan Potensi Desa Wisata Candirejo Kabupaten Magelang Sebagai Sumber Belajar Geografi SMA. Edu Geography, 9(3), 168–174. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo

Nasruri, H. D., Parji, P., & Hanif, M. (2021). Identifikasi Kenampakan Alam dan Buatan Kabupaten Ngawi sebagai Sumber Belajar IPS Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(07), 1186–1199. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i07.237

Ningsih, M. P., Maulani, C. Y., Setyadi, T., & Arum, D. P. (2022). Potensi Lingkungan sebagai Sumber Belajar dan Media Pembelajaran di Sekolah Adat Kampoeng Batara Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 2825–2833.

Nugroho, M. A. (2022). Konsep Pendidikan Lingkungan Hidup Sebagai Upaya Penanaman Kesadaran Lingkungan Pada Kelas Iv Min 1 Jombang. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 16–31. https://doi.org/10.18860/ijpgmi.v1i2.1691

Oktaviani, A. M., Marini, A., & Fitriyani. (2022). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran IPS di SD. Holistika: Jurnail Ilmiah PGSD, 6(1), 101–107.

Rahmad, D. (2024). Model E-Supsate untuk Pembelajaran yang Lebih Bermakna pada Program Studi Pendidikan IPS di Perguruan Tinggi Islam E-Supsate Model for More Meaningful Learning in Study Program of Social Studies Education at Islamic Universities. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 10(1), 137–158. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18860/26315

Santi, K. (2022). Wisata Tahura Sultan Adam Banjarbaru Sebagai Sumber Laboratorium Pembelajaran IPS. osf, 1(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/2sgqp

Sari, Y. P., Faizah, H., Elmustian, E., & Syafrial, S. (2022). Pemanfaatan Desa Wisata Pulau Belimbing Sebagai Sumber Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 10954–10963. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.10174

Sinta, D., & Priyono, A. (2022). Analisis Pemanfaatan Objek Wisata “Tegalan” Sebagai Sumber Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Dan Pengabdian Universitas Buana Perjuangan Karawang, 2(1), 1008–1013.

Sriwahyuni, E., Arty, I. S., & Ikhsan, J. (2023). Potensi Pengembangan Model Blended Learning untuk Memfasilitasi Pengembangan Literasi Sains dan Literasi Digital Peserta Didik SMA Fase E Kurikulum …. Journal on Teacher Education, 5(2), 573–584. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.22178

Sutrisno, Hapsah, S., & Setiawan, A. Y. (2020). Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Melalui Partisipasi Peserta Didik di SMP Negeri 3 Margahayu Kabupaten Bandung. Geoaren, 3(1), 47–59.

Utami, V. Y., Yusuf, S. Y. M. ;, & Mashuri, J. (2022). Penerapan Community Based Tourism Dalam Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Sebagai Upaya Pemberdayaan Sosial Ekonomi Masyarakat. TheJournalish: Social and Government, 3(3), 218–226. https://doi.org/10.55314/tsg.v3i3.286

Wahid, F. S., Purnomo, M. A., & Ulya, S. M. (2020). Analisis Peran Guru Dalam Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Terhadap Kreativitas Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah KONTEKSTUAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontekstual.v2i01.247

Wati, A. K., & Putri, N. A. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Penge,bangan Dsa Wisata di Desa Klakahkasih Kecamatan Gembong Kabupaten Pati. Sosiolum, 5(2), 166–175. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/sosiolium.v5i2.78723

Wicaksono, B. A., Khotimah, K., Segara, N. B., & Prastiyono, H. (2023). Analisis Potensi Ekosistem Mangrove Center Tuban Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Lingkungan Bahari Dalam Pembelajaran IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(2), 66–80. https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p66-80

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Bima Yudhantara Saputra, Sukma Perdana Prasetya, Agus Suprijono, & Hendri Prastiyono. (2025). Pemanfaatan Desa Wisata DAM Pleret 1904 Kabupaten Pasuruan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 145–160. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65524

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0

Most read articles by the same author(s)