Pengembangan Media Pembelajaran JPM (Jenga Pemberdayaan Masyarakat) Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa

Authors

  • Shinta Aulia Putri Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya
  • Nuansa Bayu Segara
  • Hendri Prastiyono

Keywords:

JPM, Media Pembelajaran, Minat Belajar

Abstract

Era globalisasi merupakan era dimana kelangsungan hidup manusia akan terus berkembang dalam kurun waktu yang panjang. Dengan minimnya ketersediaan media pembelajaran, proses pembelajaran IPS sering dilakukan melalui ppt, ceramah dan bercerita pada setiap pertemuan menjadikan siswa merasa mengantuk dan akurang antusias ketika proses pembelajaran IPS. Sehingga perlu adanya pengembangan, penggunaan media pembelajaran dan hiburan yang menarik motivasi siswa dalam belajar untuk menumbuhkan minat belajar dan antusias yang kuat dalam mengikuti proses pembelajaran IPS. Pengembangan media pembelajaran JPM dilakukan sebagai upaya menumbuhkan minat belajar siswa dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang ada lima tahap didalamnya Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran JPM sangat layak digunakan untuk meyampaikan materi pembelajaran IPS dengan dasar validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran; 2) Media pebelajaran JPM sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPS dengan dasar penilaian praktisi pendidik serta dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi terhadap siswa pada dasar respon angket minat belajar oleh siswa dengan kualifikasi sangat tinggi untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah. (2021, Desember). Analisis Pengembangan Instrumen Observasi Minat Belajar Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(3), 184. Retrieved from https://journal.kualitama.com/index.php/jkp/article/download/142/139/491

Ananda, R. &. (2021). Variabel Belajar (kompilasi konsep). CV Pusdika Mitra Jaya.

Aprida Pane, M. D. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 3(2), 333. doi:10.24952/fitrah.v3i2.945.

Gafar Hidayat, T. H. (2022). Pembelajaran Tematik Integratif pada Mata Pelajaran IPS dalam Kurikulum 2013 di SDN Teke Kecamatan Palibelo. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Bidang Ilmu Pendidikan, 3(3), 202-210. doi:https://doi.org/10.54371/ainj.v3i3.176

Khoridah, A. N. (2022). Permainan Jenga Tematik sebagai Media Unik pada Tema Peristiwa dalam.

Kristanto, T. d. (2015). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Berbasis. Jurnal Teknik Informatika dan Informasi, 1(3), 279-290.

Lutfianah, W. (2017). Pengembangan Media Permainan Jenga Pekerjaan untuk Pemberian Layanan Informasi Karier bagi Siswa SD Muhammadiyah 15 Surabaya. BK UNESA, 7(3), 155-162. Retrieved from https://media.neliti.com/media /publications/253438 pengembangan-media-permainan-jenga-peker-ab98dae2.pdf.

Pahri, A., Rosdiana, & A. Riawarda. (2023, September). Pengembangan Permainan Jenga Edukatif Berbasis Keterampilan dengan Tema 'Pahlawanku' untuk Siswa Sekolah Dasar. Andragogi Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 115. doi:https://doi.org/10.31538/adrg.v3i2.1313.

Palazon, M. (2000). ERIC Database and Reproductions Supplied by EDRS. The Mediaand Transformative Learning.

Prastiyono, H., Purwanto, E., & Amirudin, A. (2015). Pengembangan Multimedia Materi Sig untuk SMA. p. 6. Retrieved from http://mulok.library.um.ac.id/index.php?p=show_detail&id=68922.

Prasetya, S. P., Segara, N. B., & Khotimah, K. (2019). Pengembangan Blanded Learning denganModel Rotasi pada Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu-ilmu Sosial, 11(2), 276. doi:https://doi.org/10.24114/jupiis.v11i2.13858

Rachmadyanti, A. D. (2020). Pengembangan Media Permainan Jenga Keragaman Budaya Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya untuk Kelas IV SD. JPGSD, 303.

Segara, N. B., Yana, E., & Febianti, Y. N. (2018). Developing an Oral Presentation Assessment to the Teacher Education Program Student. International Educational Research, 1(1), 43-50. doi:10.30560/ier.v1n1p43.

Septian Rinata, A. Y. (2022). Pengembangan Media Jenga Aksara Jawa Dalam Pembelajaran Membaca dan Menulis Teks Berhuruf Jawa. Jurnal Pendidikan Bahasa Jawa, 93.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA cv.

Wahyuni, F. (2022). Hubungan Antara Kohesivitas Kelompok dengan Social Loafing pada Tugas Kelompok yang Dilakukan Mahasiswa Universitas Negeri Padang. Multidisciplinary Research and Development, 4(3). doi:https://doi.org/10.38035/rrj.v4i3.

Yaumi, M. D. (2016). Integrasi Pembelajaran Blended dalam Mata Kuliah Umum dan Matematika. Makassar: LP2M UIN Alauddin: Modul Teknologi Pendidikan.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Shinta Aulia Putri, Sukma Perdana Prasetya, Nuansa Bayu Segara, & Hendri Prastiyono. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran JPM (Jenga Pemberdayaan Masyarakat) Pada Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 123–136. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65633

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 55 , PDF Downloads: 31

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>