Efektivitas Pembelajaran IPS Dengan Sumber Belajar Lingkungan Sekolah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Keywords:
lulus2024Abstract
Abstrak
Pelajaran IPS di sekolah memiliki cakupan materi berkaitan dengan permasalahan sosial. Cakupan materi tersebut bersifat kompleks dan maju sehingga memerlukan pembelajaran dari berbagai bidang ilmu sosial. Kebanyakan pembelajaran IPS hanya didasari pada langkah-langkah pembelajaran diajarkan teori / definisi lalu diberikan contoh dan yang terakhir adalah latihan soal. Dengan kondisi demikian maka masih kurangnya tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa yang dikatakan belum berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas pembelajaran IPS dengan sumber belajar sekolah untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa di SMPN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif quasi experiment. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah lebih efektif daripada menggunakan metode diskusi kelas. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi dan test pada masing-masing kelas dengan menggunakan sumber belajar lingkungan sekolah anak anak dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif, iv siswa jadi termotivasi dalam menyelesaikan permasalahan / soal secara aktif. Sehingga secara otomatis juga dapat melatih berpikir kreatif siswa dengan menyampaikan semua ide-ide nya.
Kata Kunci: Efektivitas, Pembelajaran IPS, Berpikir Kreatif
Downloads
References
Ahmad Sulsanto. (2017). Pelndidikan IPS : Ulpaya Melngelmbangkan Kelmampulan Belrpikir Krelatif. Prosiding Diskulsi Panell Pelndidikan “Melnjadi Gulrul Pelmbellajar,” 1(1), 23–28.
Amalina, I. K., Amiruldin, M., & Siswono, T. Y. (2018). Kelmampulan Belrpikir Krelatif Siswa dalam Pelngajulan masalah matmatika Selmi-Telrstrulktulr. Julrnal Riselt Pelndidikan dan Inovasi Pelmbellajaran Matelmatika, 2(1), 40 - 49.
Bahri, S. (2018). Meltodologi Pelnellitian Bisnis Lelngkap delngan telknik Pelngolahan Data SPSS. Yogyakarta: CV ANDI OFFSElT
Hilmi, M. Z. (2017). Implelmelntasi Pelndidikan Ips Dalam Pelmbellajaran Ips Di Selkolah. Julrnal Ilmiah Mandala Eldulcation, 3(2), 164. https://doi.org/10.58258/jimel.v3i2.198
Mullyasa (2012).Manajelmeln Pelndidikan Karaktelr. Jakarta: PT. Bulmi Aksara
Mulnandar, Ultami. (2017). Melngelmbangkan Bakat dan Krelatiivitas Anak Selkolah. Jakarta: PT.Grameldia
Pelsak, C. M., & Manado, Ul. N. (n.d.). Application of Problelm Solving Melthod to Improvel Social Scielncels Lelarning Oultcomels in Class IV SD Inprels II Tulmaratas. Dinamika Pelmbellajaran: Julrnal Ilmiah Pelmbellajaran Application, 8–14.
Sulkmadinata, Nana Syaodih. 2013. Meltodel Pelnellitian Pelndidikan. Bandulng : PT Relmaja Rosdakarya
Sulpiadi1, El., Sullistyo, L., Rahmani3, S. F., Riztya, R., & Gulnawan, H. (2023). Elfelktivitas Modell Pelmbellajaran Telrpadul dalam Melningkatkan Kelmampulan Belrpikir Krelatif dan Hasil Bellajar Siswa di Selkolah. Joulrnal on Eldulcation, 5(3), 9494–9505. https://www.joneldul.org/indelx.php/joel/articlel/vielw/1764
Wahab Gulsnarib, Rosnawati, 2021. Telori-Telori Bellajar dan Pelmbellajaran. Indramayul: Adanul Abimata.
Wahid, F. S., Pulrnomo, M. A., & Ullya, S. M. (2020). Analisis Pelran Gulrul Dalam Pelmanfaatan Lingkulngan Selkolah Telrhadap Krelativitas Bellajar Siswa. Julrnal Ilmiah KONTElKSTUlAL, 2(01), 38–42. https://doi.org/10.46772/kontelkstulal.v2i01.247
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sofia Shinta Injiati, Sukma Perdana, Nuansa Bayu Segara, Nurul Hasanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Abstract views: 199
,
PDF Downloads: 121
