PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI SOSIAL KELAS VIII MTsN 2 KOTA SURABAYA

Authors

  • Wahyuni Maulidiniyah Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan
  • Niswatin
  • Nuansa Bayu Segara

Keywords:

Group Investigation, Keaktifan, Hasil Belajar

Abstract

Proses pembelajaran di kelas yang masih didominasi metode ceramah tanpa pemanfaatan teknologi seringkali membuat peserta didik kurang bersemangat, yang berujung pada rendahnya keaktifan dan hasil belajar. Model ini melibatkan peserta didik dalam diskusi kelompok aktif dan memanfaatkan media Canva untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media canva terhadap keaktifan, 2) hasil belajar, dan 3) mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbantuan media canva terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi konflik dan integrasi sosial kelas VIII MTsN 2 Kota Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode kuasi eksperimen post-test only control group design. Teknik purposive sampling digunakan untuk menentukan dua kelompok: kelas eksperimen (VIII F) dan kelas kontrol (VIII G). Analisis datanya menggunakan uji independent sample t-test dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tingkat ketercapaian observasi keaktifan peserta didik berada pada kategori cukup aktif dan aktif, 2) tingkat ketuntasan nilai post test hasil belajar berada pada kategori cukup baik dan baik, dan 3) selisih rata-rata hasil pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, sehingga terbukti terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran group investigation berbantuan media canva terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi konflik dan integrasi sosial kelas VIII MTsN 2 Kota Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aditya, N., Ramadani, I., Nabillah, W., & Nasution, A. R. (2023). Penggunaan Media Software PowerPoint Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Informatika Dan Teknologi Pendidikan, 3(1), 14–20.

Anjarwati, A., Irianti, M., & Sutomo, E. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Powerpoint Interaktif Terhadap Hasil Belajar IPA siswa SMP negeri 5 Raja Ampat pada materi sistem peredaran darah pada manusia. BASA (Barometer Sains) Jurnal Inovasi Pembelajaran IPA, 4(1), 1–9.

Arsana, I. W. O. K., & Sujana, I. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Project Based Learning Dalam Muatan Materi IPS. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 134–143.

Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1–16.

Bauw, R. H. I., & Sucipto, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 9070–9080.

Budiono, A. N., & Hatip, M. (2023). Asesmen Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Axioma: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 8(1), 109–123.

Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and Development, 8(2), 468.

Devi, K. S. T., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(2), 233–242.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Memahami perkembangan anak generasi alfa di era industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178–186.

Herlina, S. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Materi Konflik Dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial Melalui Model Discovery Learning Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 1 Borobudur. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 4(1), 9–21.

Hia, B. I. G., Telaumbanua, D., & Harefa, A. R. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 367–373.

Ihsanuddini, T. W., Khotimah, K., & Perdana, S. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Konflik dan Integrasi Dalam Kehidupan Sosial di SMPN 58 Surabaya.

Izzah, S. I. N., & Sukmawati, W. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPS. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 765–772.

Kamarisal, T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah Siswa Pada Materi Prinsip-Prinsip Penelitian Sejarah Di Kelas X Sma Negeri 1 Sungai Mas. Jurnal As-Salam, 2(2), 76–85.

Lathifah, A. S., Hardaningtyas, K., Pratama, Z. A., & Moewardi, I. (2024). Penerapan Teori Belajar Konstruktivisme dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 36–42.

Maharani, A. I., Istiharoh, I., & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Atmosfer: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187.

Mahbubah, N. H., Alfi, C., & Fatih, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Berbantuan Canva Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas III UPT SD Negeri Srengat 03 Kabupaten Blitar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 3719–3733.

Nasution, T., & Lubis, M. A. (2018). Konsep dasar IPS. Samudra Biru.

Ningsih, N. (2023). Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar di UPT SMP Negeri 9 Gresik. DIDAKTIKA: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 29(1), 144–151.

Permatasari, M. (2020). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Group Investigation Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMAN 1 Tulungagung.

Pratami, A. Z., Suhartono, S., & Salimi, M. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 6(2), 164–174.

Purba, Y. A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X AEK Kota Batu. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334.

Riadi, I., Fadlil, A., Andrianto, F., Elvina, A., Fanani, G., & Nasution, D. S. (2022). Penggunaan Teknologi Tools Powerpoint dan Canva untuk Media Informasi. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 341–349.

Saputro, M. N. A., & Pakpahan, P. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 4(1), 24–39.

Sari, D. P., Sukmawati, R. A., Pamuji, R., Hidayat, F., Suryandari, W., Ramadhan, C., Arifah, N., Komputer, P., & Keguruan, F. (2022). Implementasi canva untuk pengembangan media pembelajaran interaktif bagi MGMP matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1491–1497.

Supardi, dkk. (2021). Ilmu Pengetahuan Sosial. Informatika. https://static.buku.kemdikbud.go.id/content/pdf/bukuteks/kurikulum21/IPS-BS-KLS-VIII.pdf

Susanti, L. (2023). Tahap Penyampaian Strategi Pembelajaran Scaffolding dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Mujalasat: Multidiciplinary Journal of Islamic Studies, 1(1), 121–130.

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan Jerome Bruner: Model Pembelajaran Aktif dalam Pengembangan Kemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.

Untari, M. F. A., & Rahayu, W. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantu Media Canva Tema 1 Kelas II SDN Sarirejo Semarang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 2779–2794.

Widiawati, S., Hikmawati, W., & Wahyudi, W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Fisika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(1), 49–55.

Windarti, E. (2022). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Pada Kelas VII-A SMP Negeri 2 Balerejo. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(2), 551–564.

Yasa, G. S., Arsa, P. S., & Adiarta, A. (2019). Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Kelistrikan SMPN 6 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha, 8(1), 31–39.

Yasin, I. (2022). Guru Profesional, Mutu Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 3(1), 61–66.

Zayyin, A. (2017). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 11–20.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Wahyuni Maulidiniyah, Katon Galih Setyawan, Niswatin, & Nuansa Bayu Segara. (2025). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA CANVA TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI KONFLIK DAN INTEGRASI SOSIAL KELAS VIII MTsN 2 KOTA SURABAYA. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 293–310. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66341

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 96 , PDF Downloads: 20

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>