Pengaruh Partisipasi Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya

Authors

  • Anggita Hanung Rahma Aulia Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Partisipasi Organisasi Kemahasiswaan, Kepercayaan Diri, dan Organisasi Internal Kampus.

Abstract

Partisipasi mahasiswa dalam organisasi kemahasiswaan memiliki peran strategis dalam pengembangan karakter dan keterampilan individu, termasuk kepercayaan diri. Organisasi kemahasiswaan di perguruan tinggi tidak hanya menjadi ruang aktualisasi diri, tetapi juga menjadi medium pembelajaran nyata di luar kelas yang mendukung pembentukan keterampilan sosial, kepemimpinan, dan kemandirian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh partisipasi organisasi kemahasiswaan terhadap kepercayaan diri mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya (UNESA). Penelitian ini menggunakan Pendekatan kuantitatif digunakan dengan teknik survei, di mana data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 mahasiswa yang aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan di lingkungan fakultas. Sampel penelitian ditentukan menggunakan teknik simple random sampling berdasarkan rumus Slovin, dengan pembagian proporsional dari populasi organisasi mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Analisis deskriptif digunakan untuk memberikan gambaran umum mengenai tingkat partisipasi dan kepercayaan diri mahasiswa, sedangkan analisis inferensial, seperti regresi linier sederhana, digunakan untuk menguji pengaruh signifikan antara partisipasi organisasi kemahasiswaan dan kepercayaan diri. Uji normalitas dan uji asumsi klasik lainnya dilakukan untuk memastikan bahwa data memenuhi syarat untuk analisis statistik lebih lanjut.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara tingkat partisipasi dalam organisasi kemahasiswaan dengan kepercayaan diri mahasiswa. Aktivitas organisasi memberikan ruang bagi mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan interpersonal, kemampuan kepemimpinan, dan pengambilan keputusan, yang semuanya berkontribusi pada peningkatan rasa percaya diri. Analisis regresi linier sederhana menunjukkan bahwa variabel partisipasi organisasi menjelaskan variasi kepercayaan diri secara signifikan. Selain itu, hasil uji validitas dan reliabilitas instrumen menunjukkan bahwa instrumen penelitian memiliki tingkat keandalan yang tinggi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggiani, S., & Pakeh, C. (2021). Keterampilan Interpersonal : Pengembangan Pribadi Berintegritas dan Kerja Sama Menyenangkan. 152.

Apriani, M. P. (2018). Pengaruh keikutsertaan mahasiswa di organisasi kemahasiswaan terhadap peningkatan prestasi belajar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif, 1–97.

Arbinata, Febryan, and Warsono Warsono. "Konstruksi Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Tentang Demonstrasi Sebagai Saluran Penyampaian Aspirasi Politik." Kajian Moral Dan Kewarganegaraan 9.1 (2021): 109-123.

Ardinata, S. Y., Keperawatan, F. I., Islam, U., & Agung, S. (2024). Hubungan keaktifan berorganisasi dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa. 8, 11859–11865.

Bruce, K., & Nyland, C. (2011). Elton Mayo and the Deification of Human Relations. Organization Studies, 32(3), 383–405. https://doi.org/10.1177/0170840610397478

Bukhori, B. (2017). Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Ditinjau Dari Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Dalam Organisasi Kemahasiswaan. Jurnal Komunikasi Islam, 6(1), 158–186. https://doi.org/10.15642/jki.2016.6.1.158-186

Dewi, R. R., Suresman, E., & Mustikasari, L. (2020). Implementasi Kebijakan Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Karakter Di Perguruan Tinggi. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 1–15. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6144

Go’o, A. A., Geradus, U., & Indrawan, P. A. (2023). Hubungan Keaktifan Organisasi Dengan Rasa Percaya Diri Pada Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Konseling Flobamora, 1(3), 111–120. https://doi.org/10.35508/jbkf.v1i3.11183

https://doi.org/10.56393/decive.v2i6.1671

Kosasih, K. (2017). Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 188. https://doi.org/10.17509/jpis.v25i2.6196

Marniati. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. 2.

Nastiti, D. (2023). Peran Organisasi Mahasiswa Dalam Pembentukan Sikap Demokratis. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(1), 64–76. https://doi.org/10.37478/jpm.v4i1.2433

Oktavia Yeti. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Pada Anggota Ikatan Mahasiswa Dan Pelajar Blora (Impara) Uin Walisongo Semarang. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Pada Anggota Ikatan Mahasiswa Dan Pelajar Blora (Impara) Uin Walisongo Semarang.

Putra, A. W., & Awaru, A. O. T. (2018). Perilaku Aka demik Aktivis (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fis Unm Yang Aktif Di Organisasi Daerah). Jurnal Sosialisasi, 5(3), 1–6.

Putra, Muhammad Dicky Anggara. Peran Organisasi Ipnu-Ippnu Dalam Membentuk Karakter Percaya Diri Dan Bertanggung Jawab Pada Siswa Di MA AL-Azhar Sampung Ponorogo. Diss. IAIN Ponorogo, 2023.

Rahmawati, A. (2022). Peranan Organisasi Kemahasiswaan sebagai Sarana Pendidikan Politik Mahasiswa dalam Meningkatkan Partisipasi Politik. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(6), 244–250.

Rivaldi, S. (2013). Pengaruh Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FKIP UNTAN Pontianak.

Rohiyatun, B., & Aryani, M. (2020). Peran Ketua Program Studi Dalam Membentuk Karakter Kepemimpinan Mahasiswa Melalui Kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i4.1549

Rosenberg, M. (2018). Self-Esteem: A Critical Examination of the Concept. New York: Basic Books.

Rr. Hesti Setyodyah Lestari, M. D. K. (2021). Hubungan Antara Kepribadian Introvert Dengan Kurangnya Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Unira Yang Aktif Di Organisasi Ekstra HMI. 16(3), 6527–6534.

Saddawiyah, Annisa Safina, et al. "Peran Organisasi Ekstra Kampus Dalam Membangun Demokrasi Deliberatif Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya." Jurnal Dialektika Pendidikan IPS 4.3 (2024): 47-55.

Setianingsih, R. A. (2022). Pengaruh Keaktifan Berorganisasi Terhadap Kemampuan Critical Thinking Dan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Pada Tahun Akademik 2020/2021. Rizky Ajeng Setianingsih.

Suhardita, Kadek. "Efektivitas penggunaan teknik permainan dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan percaya diri siswa." http://jurnal. upi. edu/file/12-Kadek_Suhardita. pdf 1 (2011): 127-138.

Supriadi, S., Wildan, W., & Laksmiwati, D. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pengaruhnya terhadap Perkembangan Karakter Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1), 63–68. https://doi.org/10.29303/jppipa.v6i1.323

Surya, Hendra. Percaya diri itu penting. Elex Media Komputindo, 2007.

Syam, A., & Amri. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5, 87–102.

Syifah, M. I. (2017). Pengaruh Keaktifan Mahasiswa Dalam Organisasi Intra Kampus Terhadap Pelaksanaan Tata Tertib Kampus dan Prestasi Akademik. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/37199%0Ahttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/37199/1/Miftah Ismie Syifah-FITK

Wijayanti, Ulfa, Andik Matulessy, and Amanda Pasca Rini. "Efektifitas Pelatihan Kepercayaan Diri Terhadap Kesiapan Kerja Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Tingkat Akhir, Ditinjau Dari Jenis Kelamin." Psikosains: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Psikologi 15.1 (2020): 76-90.

Yusuf, H. S., Iqlhas, I. A., Saputra, G. M., Esha, R. R. R., & Suharyat, Y. (2022). Kepemimpinan dalam Perspektif Islam. Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya (Religion), 1(6), 17–28.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Anggita Hanung Rahma Aulia, Katon Galih Setyawan, Ali Imron, & Nasution. (2024). Pengaruh Partisipasi Organisasi Kemahasiswaan Terhadap Kepercayaan Diri Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(4), 1–15. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/64704

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 1069 , PDF Downloads: 1468

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>