Pengembangan Media Video Dokumenter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Kehidupan Masyarakat Pada Masa Kerajaan Hindu-Budha)

Authors

  • Rani Rahmadianti Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution
  • Niswatin
  • Riyadi

Keywords:

Media Pembelajaran, Video Dokumenter, Hasil Belajar

Abstract

Dalam proses pembelajaran perlu adanya alat bantu atau perangkat pembelajaran yang lebih kreatif dan juga inovatif. Guru sebagai fasilitator di dalam kelas diharapkan menciptakan sebuah pembelajaran yang menyenangkan. Dengan begitu dengan ketertarikan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, maka hasil belajar akan meningkat. Sehingga penggunaan media yang lebih kreatif dan inovatif ini sangat dibutuhkan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang praktis dan layak yang mana nantinya dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS. Media pembelajaran tersebut berupa video dokumenter dengan materi perkembangan kehidupan masyarakat pada masa kerajaan hindu-budha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Media video dokumneter untuk meningkatkan hasil belajar siswa “sangat layak” digunakan dalam penelitian IPS berdasarkan penilaian oleh ahli media memperoleh presentase sebesar 82%, ahli materi 92% dan praktisi pendidik 88%. 2) Media video documenter “cukup efektif” untuk meningkatkan hasil belajar siswa berdasarkan hasil dari pretest - posttest melalui uji Paired Sample T-Test memperoleh hasil sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ho dan Ha diterima Uji N-Gain dengan hasil 63.6% dengan kategori cukup efektif.

Kata Kunci:  Media Pembelajaran, Video Dokumenter, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aliyah, E. Z., & Wiradimadja, A. (2023). Pengembangan LKPD Materi Sejarah Kerajaan Singosari untuk Pembelajaran IPS Kelas Pendidikan dan Pengembangan Seni Tradisi. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS), 2023(15), 27–38. http://e-journal.upr.ac.id/index.php/JP-IPS

Aryanti, N. I. (2021). Pengembangan Media Pembelajran Video Dokumenter Menggunakan Modek 4D Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI SMA. Digital Repository Universitas Jember, September 2019, 2019–2022.

Azhari, A. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Film Dokumenter Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Xi Ips 2 Sma Negeri 13 Banjarmasin. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. Seminar Pendidikan, 4(1), 62–74.

Budiwibowo, S. (2016). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Negeri 14 Kota Madiun. Gulawentah:Jurnal Studi Sosial, 1(1), 60. https://doi.org/10.25273/gulawentah.v1i1.66

Fauzan, A., Wijayanti, Y., & Nurholis, E. (2023). Pemanfaatan Situs Candi Ronggeng Sebagai Sumber Belajar Sejarah Dengan Media Morph Transition Powerpoint Untuk Siswa Kelas X Ips Ii Ma Fathurrahman. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 4(3), 666–674.

Hastuti, R. D., Nisa, J., & Harjawati, T. (2023). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Media Live Worksheet Terhadap Hasil Belajar IPS. SOSEARCH : Social Science Educational Research, 3(2), 53–59. https://doi.org/10.26740/sosearch.v3n2.p53-59

Khairunnisa, K., & Darmansyah, D. (2022). Pengembangan Media Video Animasi pada Metode Inkuiri untuk Pembelajaran IPS Kelas IX SMP. Fondatia, 6(4), 972–986. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2332

Liberta Loviana Carolin, I Ketut Budaya Astra, & I Gede Suwiwa. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran Dengan Model Addie Pada Materi Teknik Dasar Tendangan Pencak Silat Kelas Vii Smp Negeri 4 Sukasada Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olah Raga), 5(2), 12–18. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i2.934

Ningrum, A. Y. (2021a). Pengembangan Video Dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam Implementasi Pembelajaran Multikultural pada Kurikulum Nasional di SMP Negeri 10 Makassar. JETCLC Journal of Educational Technology, Curriculum, Learning, and Communication, 1. https://creativecommons.org/licenses/by-nc/4.0/

Ningrum, A. Y. (2021b). Pengembangan Video Dokumenter Sejarah Kebudayaan Indonesia dalam Implementasi Pembelajaran Multikultural pada Kurikulum Nasional di SMP Negeri 10 Makassar. Industry and Higher Education, 3(1), 1689–1699. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288

Putri, T. B., Utami, W. S., Prasetyo, K., & Segara, N. B. (2023). Pengaruh Model Blended Learning Tipe Station Rotation Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPS SMP Kelas VII. Dialektika Pendidikan IPS, 3(1), 11–24.

Rachma, A., Tuti Iriani, & Handoyo, S. S. (2023). Penerapan Model ADDIE Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Simulasi Mengajar Keterampilan Memberikan Reinforcement. Jurnal Pendidikan West Science, 1(08), 506–516. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i08.554

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15. https://doi.org/10.23887/pips.v4i1.3164

Safitri. (2022). Pengembangan media bahan ajar E-Lkpd interaktif menggunakan website wizer.me pada pembelajaran Ips materi berbagai pekerjaan tema 4 kelas IV SDN tanah kalikedinding II. Mitra Mahajana: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 22–29.

Safitri, A. O., Handayani, P. A., & Rustini, T. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS di SD. Journal on Education, 5(1), 919–932. https://doi.org/10.31004/joe.v5i1.672

Sari, N. M., Yaniawati, P., Firmansyah, E., Mubarika, M. P., Assegaff, N., & Purwanti, N. S. A. (2023). Pelatihan pembuatan storyboard dan games interaktif untuk guru dan mahasiswa magister pendidikan matematika. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(1), 153–166. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i1.6724

Sari, R. A., Adisel, A., & Citra, D. E. (2023). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran IPS Terpadu. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 8(1), 193. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6291

Suprihatin, S., & Manik, Y. M. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 8(1), 65–72. https://doi.org/10.24127/pro.v8i1.2868

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Rani Rahmadianti, Nasution, Niswatin, & Riyadi. (2025). Pengembangan Media Video Dokumenter Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Pembelajaran IPS Materi Perkembangan Kehidupan Masyarakat Pada Masa Kerajaan Hindu-Budha). Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 109–122. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65629

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 51 , PDF Downloads: 14

Most read articles by the same author(s)