Pengembangan Media Pembelajaran Ips Damar Kurung Berbasis Potensi Geohistoris Di Kabupaten Gresik
Keywords:
Pengembangan Media, Potensi Sekitar, Kota GresikAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran damar kurung yang merupakan kesenian Gresik yang dikombinasikan dengan potensi kewilayahan serta sejarah yang dimiliki oleh Gresik. Metode research and development (R&D) serta ADDIE yang merupakan model yang digunakan dalam penelitian ini. Teknis analisis yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman, berupa (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) kesimpulan/verifikasi digunakan pada penelitian ini, khususnya pada tahap analisis ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan, adanya potensi geohistoris Gresik yang dapat dimanfaatkan dan relevan dengan materi pembelajaran IPS, khususnya potensi kewilayahan yang meliputi wilayah pesisir, kawasan kars, dan sumber daya alam serta peristiwa sejarah yang telah berlangsung di Kota Gresik, yang berlangsung pada masa berkembangnya Hindu-Budha dan Islam. Potensi geohistoris tersebut, selanjutnya dikembangkan menjadi desain ilustrasi yang disajikan dengan bentuk kesenian damar kurung beserta dengan buku panduan penggunaan. Media yang dikembangkan kemudian melalui proses penilaian oleh validator dengan memperoleh nilai, yang mana dapat dan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Downloads
References
Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, Volume 5, No. 1, 9-16.
Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi, Volume 3, No. 5, 61-72.
Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Educatonal Journal, Volume 3, No. 1, 35-43.
Chrislando, A. (2019). Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, Vol. 15, No. 1, 1-7.
Larasati, P. A., & Mintohari. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Damar Kurung terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Siklus Air di Sekolah Dasar. JPGSD, Volume 5, No. 3, 402-413.
Muhadi. (2018). Gresik sebagai Bandar Dagang di Jalur Sutra Akhir Abad XV hingga Awal XVI (1513 M). Jurnal Pendidikan Sejarah, Volume 6, No. 2, 143-154.
Maghfiroh, L., & Damayanti, M. I. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Damar Kurung dalam Pembelajaran Keterampilan Menulis Narasi di Kelas III Sekolah Dasar. JPGSD, Volume 06, No. 10, 1864-1875.
Rustanti, E. (2021). Upaya Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Materi Narrative Melalui Media Lampion Dancow Story Pada Siswa Kelas X TEI-3 SMK N 3 Boyolangu. Jurnal Ilmiah Pendidikan Visioner, Volume 2, No. 1, 39-43.
Sari, P. (2019). Analisis terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale dan Keragaman Gaya Belajar untuk Memilih Media yang Tepat dalam Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan, Volume 1, No. 1, 58-78.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sujana, I. W. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 4, No. 1, 30-38.
Suriyanti, Y., & Thoharudin, M. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Guru IPS Terpadu. Jurnal Penngabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Volume 3, No. 1, 117-121.
Suarno, D. T., & Sukirno. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Dengan Tema Pemanfaatan Dan Pelestarian Sungai Untuk Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan IPS, Volume 2, No. 2, 115-125.
Tunjung, A. S., & Purnomo, A. (2020). Kreativitas Guru IPS dalam Pengembangan Media Pembelajaran pada SMP Negeri 2 Semarang dan MTs Negeri 1 Semarang. Sosiolum, Vol. 2, No. 1, 63-71.
Wahyu, R. S. (2013). Makna Lukisan Damar Kurung sebagai Kesenian Masyarakat Gresik. Jurnal FISIP, Volume 2, No. 1, 114-123.
Widiastutui, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran IPS. Satya Widya, Vol. 33 No.1, 29-36.
Widiatmaka, P. (2022). Strategi Menjaga Eksistensi Kearifan Lokal sebagai Identitas Nasional di Era Disrupsi. Pancasila: Jurna Keindonesiaan, Vol. 2, No. 2, 1-13.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Muhammad Kanugroho Novianto, Nuansa Bayu Segara, Nasution, Riyadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

