Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keberagaman Aktivitas Ekonomi

Authors

  • Riska Dwi Wahyuni Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution
  • Hendri Prastiyono
  • Muhammad Ilyas Marzuqi

Keywords:

penelitian pengembangan, bahan ajar booklet, game based learning, hasil belajar

Abstract

Pembaharuan perangkat ajar dalam implementasi kurikulum merdeka sangat perlu dilakukan, dikarenakan pada saat ini banyaknya peserta didik yang cenderung mudah bosan dan kurang tertarik untuk mempelajari materi yang diajarkan di kelas, terutama dalam mata pelajaran IPS. Penggunaan bahan ajar dapat memperkaya proses pembelajaran, meningkatkan efisiensi, dan meningkatkan pengetahuan akan materi yang diajarkan.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengembangkan bahan ajar booklet berbasis game based learning pada materi keberagaman aktivitas ekonomi yang digunakan secara layak, praktis, dan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian  ini merupakan jenis  penelitian pengembangan atau Research and Development dengan menggunakan desain penelitian One group pretest-posttest design.  Dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu: Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation. Hasil dari penelitian ini menekankan bahwa: (1) Bahan ajar booklet berbasis game based learning yang dikembangkan memperoleh indeks validitas Aiken V sebesar  0,76 yan dapat dikartikan sebagai “Layak” . (2) Bahan ajar booklet berbasis game based learning dinyatakan “Cukup Efektif” untukmeningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII berdasarkan hasil pretest dan posttest melalui Uji Paired Sample T-Test memperoleh hasil Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima dan Uji N-Gain memperoleh hasil 67.57% dengan kategori cukup efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiliyah, S. (2022). Pengembangan E-Booklet Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Software Flip Pdf.

Ardhyantama, V., Ananda, R. A., & Sugiyono, S. (2022). Pengembangan Media Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Segi Banyak. Faktor : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 254. https://doi.org/10.30998/fjik.v9i3.14048

Dikna Putri, C., Rohman Wahid, A., & Sunaryo, H. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pbl Berbantuan Booklet Pada Siswa Kelas 1 Sdn Purwantoro 2. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1079–1090. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7987

Fadila, D. S. N., Riyadi, Prasetyo, K., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Game Based Learning Tipe Wordwall Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Kelas VII SMP. Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 171–180.

Febrianti, D. N. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Booklet pada Materi Struktur dan Fungsi Sel Kelas XI IPA di MAN 3 jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, 52.

Khaerunnisa, Latri, & Lestari. (2022). JIKAP PGSD : Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV. Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan, 6(3), 516–520.

Klarisya, L., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan Booklet Submateri Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan dengan Pengayaan Transpirasi Enam Tanaman Dikotil. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(2), 1–9.

Maghsyuroh, R. K., Utami, W. S., Suprijono, A., & Ilyas, M. (2023). ISSN ( Online ) 3025-1443 Pengembangan Media Pop-up Book dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di UPT SMPN 9 Gresik 1 ), 2 ), 3 ), 4 ) PendidikanIPS , Universitas Negeri Surabaya , Indonesia PENDAHULUAN Proses belajar se. 3(4), 11–23.

Manurung, K. A., Riyadi, R., Prasetya, S. P., & Niswatin, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Kebhinekaan Global Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 92–106. https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55730

Masithah, I., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2022). Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains. Journal of Classroom Action …, 4(2). https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1758

Mauliddiyah, N. L. (2021). Mengukur Keefektifan Teori Konstruktivisme Dalam Pembelajaran. 4, 6.

Muslimah, N. F., Sumarti, S. S., Mursiti, S., & Kasmui. (2023). Desain Booklet Berbantuan Assemblr Edu Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar. Chemistry in Education, 12(1), 42–49. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/chemined

Nasution, N., Prasetyo, K., & Jacky, M. (2020). Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Education For Sustainable Development Pada Mata Pelajaran IPS Di Sekolah Menengah Pertama. The Indonesian Journal of Social Studies, 3(1), 13. https://doi.org/10.26740/ijss.v3n1.p13-20

Pangestu, A. M., Hidayat, N., & Musnandar, R. R. (2023). Pengembangan E-Booklet Sistem Hormon sebagai Bahan Ajar untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Al Kawnu : Science and Local Wisdom Journal, 2(2), 171–177. https://doi.org/10.18592/ak.v2i2.9274

Pradina, A. T., Pratama, M. M. A., Geografi, P., Sosial, F. I., Malang, U. N., Sipil, T., Teknik, F., & Malang, U. N. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. JURNAL PASOPATI: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(3), 168–176.

Prastiyono, H. (2019). Development Of Multimedia Materials Of The Geographic Universitas Negeri Malang. October. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.31827.32802

Sari, H. F., Stiawan, A., & Prasetya, S. P. (2023). Pengembangan Booklet Sebagai Panduan Wisata Edukasi Pendidikan IPS Di Trowulan Jawa Timur. 3(3), 164–176.

Segara, N. B., Sarmini, A. I. S., & ... (2021). Teacher’s Need Assessment: For Digital Media-Aided QR Code Worksheet Workshop to Integrated Social Studies Learning in the New Normal Era. … on Social Science …, 603(Icss), 227–231. https://www.atlantis-press.com/article/125965131.pdf

Septiana, D. (2022). Pengembangan Booklet Materi Tumbuhan Paku Sebagai Media Pembelajaran Siswa Kelas X Sma/Ma. Skripsi Institut Agama Islam Negeri Metro.

Syifa Dwi Hendrianti, Sholeh Hidayat, S. (2021). Pengembangan Media E-Booklet Pembelajaran Berbasis Flipbook Maker pada Materi Identifikasi Karir Siswa Syifa. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(2), 178–184. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i2.3329

Utami, L., Festiyed, Dian Purnama Ilahi, Arista Ratih, Elvi yenti, & Lazulva. (2024). Analisis Indeks Aiken Untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Scinetific Habbits of Mind. Journal of Research and Education Chemistry, 6(1), 59. https://doi.org/10.25299/jrec.2024.vol6(1).17430

Zahro, A. (2022). Pengembangan bahan ajar ips berbentuk booklet materi masyarakat indonesia pada masa pra aksara kelas vii smpn 2 jenggawah tahun pelajaran 2021/2022 skripsi. September, 1–205.

Downloads

Published

2024-12-31

How to Cite

Riska Dwi Wahyuni, Nasution, Hendri Prastiyono, & Muhammad Ilyas Marzuqi. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keberagaman Aktivitas Ekonomi . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(4), 33–48. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/64918

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 179 , PDF Downloads: 144

Most read articles by the same author(s)