The Pengaruh Media Pembelajaran Microsoft Power Point Interaktif Berbasis Motion Graphic Terhadap Minat Belajar IPS Dan Hasil Belajar Peserta Didik Di UPT SMPN 18 Gresik
Eksperimen Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Berbasis Motion Graphic dalam Pembelajaran IPS Guna Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Peserta Didik
Keywords:
Media Pembelajaran, PPT Interaktif, Pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran Microsoft Power Point Interaktif berbasis Motion Graphic terhadap minat belajar IPS dan hasil belajar peserta didik Kelas VII-B. Penelitian ini dilaksanakan di UPT SMPN 18 Gresik pada tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode penelitian pre-eksperimen yaitu One-Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B yang berjumlah 30 orang. Berdasarkan hasil analisis dari uji hipotesis penelitian terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran Microsoft Power Point Interaktif Berbasis Motion Graphic yaitu diperoleh nilai angket minat belajar IPS dilihat dari persentase pengelompokan kategori tergolong sangat tinggi yakni berkisar antara 85%-100% dengan jumlah 16 siswa. Selain itu pada hasil belajar pre-test maupun post-test peserta didik kelas VII-B dilakukan dengan menggunakan uji statistic non-parametrik Uji Wilcoxon Signed-Rank Test dan bantuan SPSS diperoleh nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05 sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPS siswa. Dan berdasarkan pengkategorian nilai KKM Pelajaran IPS sebanyak 28 siswa yang tuntas dan sebanyak 2 siswa yang tidak tuntas belajar IPS. Selain itu menunjukkan hasil uji Spearman Rank Correlation dimana merupakan uji korelasi non-parametrik yang menunjukkan angka signifikan antara nilai angket minat belajar (post-test) dengan nilai tes hasil belajar (post-test) dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0,113 > 0,05. Dalam hal ini mengindikasikan bahwa tidak ada hubungan antara minat dengan hasil belajar.
Downloads
References
Adela, D. & Permana, D., (2020). Integrasi Pendidikan Lingkungan Melalui Pendekatan
Ecopedagogy Dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA.
Volume 02 Nomor 02, 17-26. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i2.41
Amir, M. J. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Minat Belajar IPS di Madrasah Tsanawiyah Al Firdaus Panti Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. pp. 30-32.
Andiansah, R. Y., & Amalia, N. (2024). Analisis Faktor Penyebab Kurang Optimalnya Hasil Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 1 Sobokerto, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar Volume 8, Nomor 1, 135-145. https://doi.org/10.24036/jippsd.v8i1
Dede, D., Amir, M., & Arifin, M. T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN Satu Atap Paga Kecamatan Tanawawo. INTELEKTIVA : Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora Vol. 03 No. 04, 10-17.
Elviana, L., Sainanda, G., & Setiawati, M. (2022). Hubungan Pemberian Apresiasi Terhadap Minat Belajar IPS Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 1 X Koto Diatas. Jurnal Eduscience (JES), Volume 9, No. 2, 388-394. https://doi.org/10.36987/jes.v9i2.3038
Fauziyah, N. R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbantu Motion Graphic Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa MIN 1 Lamongan. pp. 20-25.
Firdaus, A. A., Ramadhan, G., Salsabila, R., & Nashrullah, M. (2022). Evaluasi Perancangan Motion Graphic Dua Dimensi sebagai Multimedia Pendukung bagi Siswa SMK pada Masa Online Learning. Journal of Animation and Games Studies, 8(2), 145–154. https://doi.org/10.24821/jags.v8i2.5636
Firmadani, F. (2020). Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1),93–97.
Iskandar, T., & Rista, N. (2022). Pengaruh Media Power Point Terhadap Minat Belajar Sejarah Indonesia Siswa Kelas X Akuntansi SMK Walisongo Bekasi. Research and Development Journal Of Education Vol. 8, No. 2, 813-818. http://dx.doi.org/10.30998/rdje.v8i2.14029
Kastriani. (2019). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Video Stop Motion Graphic Animation Terhadap Penguasaan Konsep Dan Minat Belajar Peserta Didik Kelas VIII MTs Izzatul Ma'arif Tappina Kab. Polewali Mandar. pp. 3-4.
Khaerunnisa, F., Sunarjan, Y. Y. F. R., & Atmaja, H. T. (2021). The Effect of the Use of PowerPoint Media on the Interest in Learning History of Class X Students of SMA Negeri 1 Bumiayu Indonesian Journal of History Education, 6 (1), 39-52. https://doi.org/10.15294/ijhe.v6i1.27352
Marlina, L., Rahmadhani, R., & Sinta, V. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Power Point Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS di Kelas VIII di SMP Negeri 2 Belitang. Utility: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi Volume 5, No. 2, 36-44. https://doi.org/10.30599/utility.v5i02.1171
Mayana, I., Sthephani, A., Effendi, L. A., & Yolanda, F. (2021). Motivasi Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Macromedia Flash 8 Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, Volume 1 Nomor 2, 144-155. https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i2.109
Mulyani, A. (2023). Hubungan Hasil Belajar Kognitif Dengan Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik Di SMP Negeri 18 Bandar Lampung. pp. 35-67.
Mupliha, L. (2022). Penerapan Media Power Point Interaktif Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV Tema 3 Peduli Terhadap Makhluk Hidup di SD Negeri 001 Palembang. pp. 16-17.
Nafisah, D., Setyowati, D. L., Banowati, E., & Priyanto, A. S. (2020). Pendidikan Berbasis Ekopedagogik Dalam Pembelajaran IPS Di Era New Normal. Prosiding Seminar Nasional (pp. 391-397). Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Nelwita. (2022). Pemanfaatan Program Power Point Sebagai Media Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Peserta Didik Kelas XII IPS SMA Negeri 12 Pekanbaru. Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan Vol. 22 No. 2, 169-170. http://dx.doi.org/10.24014/kutubkhanah.v22i2.22273
Nugrohadi, F., & Susilana, R. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Motion Graphic Pada Pembelajaran Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Domain Kognitif. EDUTCEHNOLOGIA, Tahun 2, Vol 2 No. 1, 1-9.
Nuriyah, S. (2023). Pelestarian Lingkungan Hidup dalam Meningkatkan Kepedulian, dan Pembiasaan Diri pada Peserta Didik . Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan Volume 3, Nomor 2, 195-198. https://doi.org/10.28926/jprp.v3i2.856
Oktapia, D., Asmara, Y., & Yati, R. M. (2019). Upaya Meningkatkan Minat Belajar IPS Pada Siswa Dengan Media Pembelajaran Power Point. Joeal (Journal of Education and Instruction) Volume 2, Nomor 2, 169-174. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.941
Prasetya, S. P., Imron, A., & Riyadi, R. (2022). Respon Guru Terhadap Penggunaan Media Tiga Dimensi Bentuk Muka Bumi Pada Mata Pelajaran IPS . SOSEARCH: Social Science Educational Research, Volume 2 (2), 63-70. https://doi.org/10.26740/sosearch.v2n2.p63-70
Prastiyono, H., Widodo, B. S., Utaya, S., Sumarmi, S., Astina, I. K., Saiful, S., & Isaias, P. (2023). The Development of Geomobile App-Based Outdoor Study to Improve Critical-Social Abilities and Collaborative in the 21st Century. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 17(24), 79-95. https://doi.org/10.3991/ijim.v17i24.45945
Purwaningsih. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik dan Kependidikan Vol. 2 No. 4, 422-427.
Putri, H. P., & Nurafni, N. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Power Point Interaktif terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan Volume 3 Nomor 6, 3538 - 3543. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.986
Rusdiansyah, S., & Leonard. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Motion Graphic Matematika Berbasis Android pada Siswa Kelas V SD Semester 1. Terampil: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, Volume 7 Nomor 2, 135-144. https://dx.doi.org/10.24042/terampil.v7i2.6996
Saputri, A., Safitri, D., & Sujarwo. (2023). Pengaruh Pembelajaran IPS terhadap Kecerdasan Ekologis Siswa Kelas VII SMP. Journal on Education, Volume 06, No. 01, 7064-7073.
Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (JITK) Volume 2, Nomer 2, 215-226.
Sugiyono, P. D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R &. D (Cetakan Ke-19). Bandung: Penerbit Alfabeta .
Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Volume. 19. Nomor 2, 121-138.
Supit, D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent Unklab. Cogito Smart Journal Vol. 7 - No.2, 448-449. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan) Volume 5, Nomor 7, 2070-2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666
Sutiono, B. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Video Dan Power Point Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS Di MTsN 2 Kota Kediri. pp. 13-15.
Tampubolon, P., Thesalonika, N., & Rustini, T. (2022). Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Sultan Agung, 9–21.
Wahdana, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Siswa Kelas IV SD Inpres Palompong Kecamatan Bajeng Kabupaten Gowa . pp. 3-4.
Wahyuni, R. D., Nasution, N., Prastiyono, H., & Marzuqi, M. I. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Booklet Berbasis Game Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Keberagaman Aktivitas Ekonomi. Dialektika Pendidikan IPS, Volume 4 (4), 33-48.
Wibowo, A. A., Prasetya, S. P., Prastiyono, H., & Prasetyo, K. (2024). Implementasi Pendekatan Interdisipliner dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus pada Mata Pelajaran IPS di SMP Miftahurrohman Gresik. Dialektika Pendidikan IPS, Volume 4 (4) , 91-104.
Yusman, S. F., Prasetyo, K., Khotimah, K., & Suprijono, A. (2022). Pengaruh Pemberian Reinforcement dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, Volume 2 (2), 192-205. https://doi.org/10.26740/penips.v2i2.48606
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Erlina Firdaus, Ketut Prasetyo, Sukma Perdana Prasetya, Hendri Prastiyono

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

