Penerapan Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Berbantuan Media Gambar Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Peserta Didik
Keywords:
Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Share (TPS), Keterampilan BerpikirAbstract
Model pembelajaran sangat penting menjadi penentu bagi pendidik bukan hanya sumber belajar pada saat pembelajaran. Oleh sebab itu penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) mempunyai kelebihan dalam proses pembelajaran akan lebih menarik, karena peserta didik mampu belajar bersama-sama dan mendiskusikan jawabannya sendiri dengan teman sekelompoknya atau saling bertukar pikiran. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) berbantuan media gambar dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan berpikir peserta didik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pra-eksperimental dengan desain one-group pretest - posttest design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu pre-test dan post-test. Sampel penelitian menggunakan purposive sampling dengan kelas VII-F dengan jumlah 32 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes. Tes tersebut berupa soal uraian. Teknik analisis data menggunakan Uji-T Sampel berpasangan dan Uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data pre-test memperoleh nilai signifikansi 0, 192 > 0,05 sedangkan data post-test memperoleh nilai signifikansi 0,130 > 0,05, maka data pre-test dan posttest juga dinyatakan berdistribusi normal. Uji paired t test mempunyai nilai signifikasi adalah 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir peserta didik sebelum tes dan sesudah tes dengan diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS). Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh nilai signifikansi kurang dari 0.05 dengan keterampilan berpikir peserta didik meningkat sebesar 55,20 % dari nilai rata-rata N-Gain score yaitu 0,55 yang berarti kategori sedang.
Downloads
References
Ernawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan. SKRIPSI, 1-2.
Fatmala. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia, 229-231.
Fauziah. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Peserta Didik Materi Sistem Gerak Manusia Kelas VIII MTs An-Nur Palangkaraya. Skripsi, 54-55.
Hamid. (2020). Penggunaan Media Pembelajaran Bagi Guru. Retrieved from bdkbanjarmasin.kemenag.go.id
Hasanuddin. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran ThinkPairSharedan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Journal for Research in Mathematics Learning, 100-101.
Juliyantika, H. H. (2022). Tren Penelitian Keterampilan Berpikir Kritis pada Jurnal Pendidikan Dasar di Indonesia. Jurnal Basicedu, 4732.
Kamil, D. A. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 6026-6027.
dan Ilmu Sosial, 335-336.
Magdalena. (2021). Penggunaan Media Gambar dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV di SD Negeri 09 Kamal Pagi. Jurnal Pendidikan dan Ilmu sosial, 337-338.
Pristiwanti, B. B. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 7910-7913.
Rahman, S. A. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2.
Rizki, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik MAN 1 AcehSelatan Pada Materi Momentum Dan Implus. Skripsi, 12-13.
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), 128-131.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Imro'atul Khusna

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

