Efektivitas Media Interaktif Scratch Guna Meningkatkan Hasil Belajar Literasi Ekonomi Siswa Pada Materi Perdagangan Internasional di Kelas VIII SMP

Authors

  • Mariatul Kibthiah Universitas Negeri Surabaya
  • Nasution
  • Dhimas Bagus Virgiawan
  • Dian Ayu Larasati

Keywords:

Media Interaktif Scratch, Literasi Ekonomi, Hasil Belajar, Perdagangan Internasional

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media interaktif scratch dalam meningkatkan hasil belajar literasi ekonomi siswa pada materi perdagangan internasional di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimental dan desain Nonequivalent Control Group Design, yang melibatkan dua kelas yakni kelas eksperimen yang menggunakan media interaktif scratch dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Instrumen penelitian ini berupa soal pre-test dan post-test  digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Data dianalisis menggunakan uji N-Gain dan uji Independent Sample T-test untuk mengetahui perbedaan dan peningkatan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontol. Penggunaan media interaktif scratch terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar literasi ekonomi siswa, ditandai dengan nilai N-Gain sebesar 0,50 pada kelas eksperimen dan 0,34 pada kelas kontrol. Penggunaan media interaktif scratch mempermudah siswa memahami konsep ekonomi yang abstrak melalui simulasi dan permainan yang interaktif, serta mendorong partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Media ini juga berkontribusi dalam menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, dan meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian, media interaktif scratch terbukti efektif dan dapat dijadikan alternatif inovatif dalam pembelajaran ekonomi, khususnya pada materi perdagangan internasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amelia Rizky Idhartono. (2022). Literasi Digital Pada Kurikulum Merdeka Belajar Bagi Anak. Devosi : Jurnal Teknologi Pembelajaran, 12(2), 91–96. https://doi.org/10.36456/devosi.v6i1.6150

Cahyaningtias, V. P., & Ridwan, M. (2021). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Motivasi. Riyadhoh : Jurnal Pendidikan Olahraga, 4(2), 55. https://doi.org/10.31602/rjpo.v4i2.5727

Febriani, M. (2021). IPS Dalam Pendekatan Konstruktivisme (Studi Kasus Budaya Melayu Jambi). Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(1), 61. https://doi.org/10.37905/aksara.7.1.61-66.2021

IG Suardana, IW Lasmawan, I. S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Blended – Scientific Learning Berbantuan Quipper School Untuk Meningkatkan Aktivitas. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(2), 106–115. https://doi.org/10.23887/pips.v4i2.3419

Laily, S. J., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Quizland Berbasis Scratch Games Pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 1271–1280. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47126

Maritim, E., Damayanti, M., Susilowati, D., & Budiarso, A. (2024). Upaya Peningkatan Literasi Ekonomi Bagi Siswa Sd Dalam Menyongsong Era Society 5.0. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(1), 236–247. https://doi.org/10.56667/dejournal.v5i1.1067

Nurhalizah, N., & Jayanti, U. N. A. D. (2023). The Development of Scratch Software-Based Interactive Learning Media on Regulatory System Material. Jurnal Pembelajaran Dan Biologi Nukleus, 9(2), 372–386. https://doi.org/10.36987/jpbn.v9i2.4462.

Purnama, S. J., & Pramudiani, P. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Slide pada Materi Pecahan Sederhana di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2440–2448. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1247

Rahmadika, F. S., Nurfitria, R., & Margaret, Y. A. (2024). Elementaria : Journal of Educational Research Implikasi Permainan Edukatif Media Digital Scratch Pada Pembelajaran IPS Terhadap Motivasi Siswa Sekolah Dasar. 2(1), 1–1

Sugiyono. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.

Verdinandus Lelu Ngono, & Taufik Hidayat, W. (2019). Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Seminar Nasional Pendidikan, 628–638. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/prosidingpps/article/view/3093

Wardani, P. M. A., Permana, E. P., & Wenda, D. D. N. (2022). Pengembangan Media Game Scratch Pada Pembelajaran Ipa Kelas V Materi Alat Pernapasan Pada Hewan. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 9(1), 40–49. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v9i1.375.

Downloads

Published

2025-10-18

How to Cite

Mariatul Kibthiah, Nasution, Dhimas Bagus Virgiawan, & Dian Ayu Larasati. (2025). Efektivitas Media Interaktif Scratch Guna Meningkatkan Hasil Belajar Literasi Ekonomi Siswa Pada Materi Perdagangan Internasional di Kelas VIII SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(4), 37–44. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/67610

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 17 , PDF Downloads: 18

Most read articles by the same author(s)