Pemanfaatan Canva Sebagai Sarana Presentasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya

Authors

  • Dimas Andi Ramadhan Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Pemanfaatan Canva, Presentasi, Kemampuan Komunikasi

Abstract

Pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi adalah penggunaan aplikasi desain grafis untuk membuat presentasi visual yang menarik dan efektif dalam menyampaikan informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan pengaruh pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi dalam pembelajaran IPS terhadap kemampuan komunikasi peserta didik SMP Unesa 1 Labschool Surabaya. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan metode kuasi eksperimen posttest-only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan di peroleh kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi kemampuan komunikasi dan rubrik penilaian kemampuan komunikasi. Pengujian hipotesis menggunakan uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas serta uji t menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi dalam pembelajaran IPS di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya memberikan hasil yang baik karena tingkat ketercapaian peserta didik berada pada kategori sedang dan tinggi, tidak ada peserta didik yang berada pada kategori rendah dan terdapat pengaruh pemanfaatan Canva sebagai sarana presentasi terhadap kemampuan komunikasi dalam pembelajaran IPS di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asnawati, Y., & Sutiah, S. (2023). Pengembangan Media Vidio Animasi Berbasis Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Journal of Islamic Education, 9(1), 64–72. https://doi.org/10.18860/jie.v9i1.22809

Firdaus, I. R. (2022). Efektivitas Media Canva Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Iklan.

Fitria, V. A., Habibi, A. R., Hakim, L., & Islamiyah, M. (2021). Using Canva to Support Online Learning Media for Students at Mahardika Karangploso Vocational School in Malang during the Pandemic Pemanfaatan Canva untuk Mendukung Media Pembelajaran Online Siswa Siswi SMK Mahardika Karangploso Malang di Masa Pandemi. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 75–82. www.canva.com

Gitama, G. N. D. P., Dewi, W. N., & Suwandi. (2022). Kegiatan Sosial Meningkatkan Kreativitas Anak-Anak Dalam Berkomunikasi Melalui Presentasi Menggunakan Canva. Jurnal Pengabdian Universitas Catur Insan Cendekia, 1(3), 1–13.

Maulana, Y., & Tarjiah Indina, S. O. (2018). Penerapan Metode Simulasi untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Tunas Bangsa, 5(2), 124–132.

Rahmatullah, R., Inanna, I., & Ampa, A. T. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(2), 317–327.

Segara, N. B., Yana, E., & Febianti, Y. N. (2018). Developing an Oral Presentation Assessment to the Teacher Education Program Student. International Educational Research, 1(1), p43. https://doi.org/10.30560/ier.v1n1p43

Supardi. (2011). Dasar-Dasar Sosial.

Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Pakem. Pustaka Pelajar.

Tanjung, R. E., & Faiza, D. (2019). Canva Sebagai Media Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika. Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika), 7(2), 79. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v7i2.104261

Tohari, B., & Rahman, A. (2024). Konstruktivisme Lev Semonovich Vygotsky dan JeromeBruner: Model Pembelajaran Aktif dalam PengembanganKemampuan Kognitif Anak. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 209–228.

Trianto, T. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara.

Trilling, B., & Fadel, C. (2009). Bernie Trilling, Charles Fadel-21st Century Skills_ Learning for Life in Our Times -Jossey-Bass (2009). Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 243.

Wilhalminah, A. U. R. M. (2017). Pengaruh Keterampilan Komunikasi terhadap Perkembangan Moral Siswa pada Mata Pelajaran Biologi Kels XI IPA SMA Muhammadiyah Limbung. Jurnal Biotek, 5(2), 37–52. https:journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/biotek/article/view/4278.

Wulancahayani, E., Royani, A., Anggraeni, A., Wakfiyah, K., Gola, N., Rahmadanty, F., Famani, S. T. M., Dyaz, N., Deta, U. A., & Munasir. (2021). Pelatihan Canva untuk Melatihkan Kemampuan Komunikasi dan Kreativitas Bagi Peserta Didik dan Guru SMP. Journal of Community Engagement and Empowerment, 01(02), 42–49.

Wulandari, A., & Sitepu, T. (2024). Analisis Kemampuan Berbicara melalui Kegiatan Presentasi dengan Memanfaatkan Aplikasi Canva pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X IPS-1 SMA Sinar Husni Helvetia Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. 4, 705–714.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Dimas Andi Ramadhan, Nuansa Bayu Segara, Muhammad Ilyas Marzuqi, & Dian Ayu Larasati. (2025). Pemanfaatan Canva Sebagai Sarana Presentasi Terhadap Kemampuan Komunikasi Peserta Didik dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di SMP Unesa 1 Labschool Surabaya. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 98–108. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65735

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 46 , PDF Downloads: 12

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>