Efektivitas dan Kelayakan LKPD Kebencanaan Untuk Meningkatkan Literasi Kebencanaan Siswa SMPN 4 Sidoarjo
Keywords:
Kata Kunci: Literasi Kebencanaan, LKPD Kebencanaan, Pendidikan Kebencanaan, Efektivitas LKPD Kebencanaan, Keywords: Disaster Literacy, Disaster Literacy LKPD, Disaster Education, Effectiveness, SMP Negeri 4 SidoarjoAbstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas dan kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Kebencanaan dalam meningkatkan literasi kebencanaan siswa SMP Negeri 4 Sidoarjo. Literasi kebencanaan mencakup kemampuan memahami risiko bencana, kesiapsiagaan, dan langkah mitigasi yang relevan. Penelitian ini menggunakan desain pra-eksperimental dengan metode one group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui tes pre-test dan post-test, observasi, serta wawancara dengan siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan LKPD Kebencanaan efektif dalam meningkatkan literasi kebencanaan siswa. Hal ini dibuktikan melalui hasil uji Paired Sample T-Test, dengan nilai t sebesar -171.303 dan nilai signifikansi 0.000 (p < 0.05). Peningkatan rata-rata nilai pre-test sebesar 44,09 menjadi 80,15 pada post-test mencerminkan adanya peningkatan yang signifikan. Selain itu, validasi ahli menunjukkan bahwa LKPD Kebencanaan layak digunakan berdasarkan aspek konten, bahasa, dan desain visual.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa LKPD Kebencanaan merupakan media pembelajaran yang efektif dan layak digunakan untuk meningkatkan literasi kebencanaan siswa SMP. Integrasi pendidikan kebencanaan ke dalam kurikulum sekolah melalui media seperti LKPD dapat membantu siswa mempersiapkan diri menghadapi bencana secara lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan LKPD dengan elemen multimedia untuk meningkatkan daya tarik dan interaktivitas pembelajaran.
Kata Kunci: Literasi Kebencanaan, LKPD Kebencanaan, Pendidikan Kebencanaan, Efektivitas, SMP Negeri 4 Sidoarjo
Abstract
This study aims to evaluate the effectiveness and feasibility of Disaster Literacy Student Worksheets (LKPD) in enhancing disaster literacy among students of SMP Negeri 4 Sidoarjo. Disaster literacy encompasses the ability to understand disaster risks, preparedness, and relevant mitigation measures. This research employed a pre-experimental
design with a one-group pretest-posttest method. Data were collected through pre-test and post-test assessments, observations, and interviews with students and teachers. The results indicated that the use of Disaster Literacy LKPD effectively improved students' disaster literacy. This was evidenced by the results of the Paired Sample T-Test, with a t value of -171.303 and a significance value of 0.000 (p < 0.05). The average pre-test score of 44.09 increased to 80.15 in the post-test, reflecting significant improvement. Additionally, expert validation revealed that the LKPD was feasible to use, based on its content, language, and visual design aspects. This study concludes that Disaster Literacy LKPD is an effective and feasible teaching tool to enhance students' disaster literacy at the junior high school level. Integrating disaster education into school curricula through media like LKPD can better prepare students for disaster situations. The study recommends further development of LKPD with multimedia elements to enhance engagement and interactivity in learning.
Keywords: Disaster Literacy, Disaster Literacy LKPD, Disaster Education, Effectiveness, SMP Negeri 4 Sidoarjo
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA
(Putri & Rinaningsih, 2021) Akbar, F. I., & Hartono, R. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik dengan Model Pengembangan 4-D pada Materi Mitigasi Bencana dan Adaptasi Bencana Kelas X SMA.
Jurnal Pendidikan Geografi, 22(2), 135–147. https://doi.org/10.17977/um017v22i22017p135 Andriana, E., Alamsyah, T. P., & Tambun, I. (2020).
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Saintifik Kontekstual Materi Peristiwa Alam Beserta Mitigasi Bencana. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 163–171.
https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4421 Labudasari, E., Rochmah, E., & Kunci, K. (2020). Literasi bencana di sekolah: Sebagai edukasi untuk meningkatkan pemahaman kebencanaan. Metode Didaktik, 16(1), 41–44. Putri, M. H. K., & Rinaningsih. (2021).
Efektivitas LKPD untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik dalam Pembelajaran Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(3), 222–232.
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). (2020). "Pedoman Pendidikan Kebencanaan di Sekolah". Jakarta: BNPB.
Kemendikbud. (2013). "Kurikulum 2013: Kompetensi Dasar Sekolah Menengah Pertama". Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2017). "Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D". Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Aura Wahyu Berlianawati, Sukma Perdana Prasetya, Ketut Prasetyo, Muhammad Ilyas Marzuqi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

