Kajian Potensi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Benowo Sebagai Sumber Belajar IPS

Authors

  • Sindi Putri Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Dhimas Virgiawan Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

TPA Benowo, sumber belajar, IPS, lingkungan, pembelajaran kontekstual

Abstract

Isu lingkungan, khususnya pengelolaan sampah, perlu dikenalkan kepada siswa sejak dini guna membentuk kesadaran terhadap lingkungan sekitar. Dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), isu ini dapat dijadikan bahan ajar yang kontekstual dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan mengkaji potensi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Benowo di Surabaya sebagai sumber belajar IPS di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Penelitian dilakukan di TPA Benowo dan SMP Bina Putra Surabaya dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Informan terdiri dari manajer operasional TPA Benowo, guru IPS, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi observasi lapangan, wawancara mendalam, dan dokumentasi video. Data dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa TPA Benowo memiliki potensi edukatif yang signifikan, terutama dalam pengenalan pengelolaan sampah modern, kerja sama antarlembaga, dan keterlibatan masyarakat dalam menjaga lingkungan. Respon guru dan siswa menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis lingkungan di luar kelas memberikan pengalaman belajar yang lebih kontekstual dan bermakna. Namun, terdapat kendala seperti akses yang terbatas serta belum optimalnya kolaborasi antara sekolah dan pengelola TPA. Oleh karena itu, dibutuhkan strategi penguatan kerja sama dan pengembangan materi ajar berbasis lingkungan untuk memaksimalkan peran TPA Benowo sebagai sumber belajar IPS secara berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah Didaktika, 12(2).

Alam, S. (2016). Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta: Erlangga.

Ari, N. &. (2021). Pengelolaan Sampah Berbasis Waste to Energy di Surabaya. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 12(1), 45-57.

Arikunto, P. D. (2019). Prosedur Penelitian : Suatu pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

BPS. (2020). Statistik Lingkungan Hidup Kota Surabaya. Retrieved from Badan Pusat Statistik Kota Surabaya: https://surabayakota.bps.go.id/id

Creswell, J. W. (2016). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approahes (4th ed.). Sage Publications.

Dewi, S. Z. (2019). Penggunaan TIK Sebagai Sumber dan Media Pembelajaran Inovatif di Sekolah Dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 48.

Fauzi, A. (2019). Pemanfaatan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS, 123-135.

Glenn W. Muschert, e. a. (2018). Agenda for Social Justice: Solution for a Changing World. Solutions Journal.

Gradwell, S. G. (2018). Teaching History With Big Ideas: Cases of AMbitious Teachers. Rowman & Littlefield.

Hasanah, L. (2018). Pembelajaran Berbasis Lingkungan untuk Meningkatkan Kesadaran Lingkungan Siswa. Jurnal Pendidikan dan Lingkungan, 5(2), 89-97.

Hidayat & Yulianto. (2018). Penerapan Pembelajaran Berbasis Kunjungan Lapangan dalam Peningkatan Pemahaman Materi Lingkungan Hidup. Jurnal Pendidikan Geografi, 25(1), 43-56.

Kartika, D. &. (2022). Pembelajaran IPS Berbasis Lingkungan Lokal dalam Menumbuhkan Kesadaran Sosial Siswa. Jurnal Pendidikan Sosial, 10(2), 123-135.

KEMENDIKBUD. (2019). Analisis Kualitas Sumber Belajar IPS. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

KLHK. (2020). Statistik Lingkungan Hidup Indonesia. Retrieved from Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan: https://www.menlhk.go.id/

Kurniawan, D. (2020). Pemanfaatan TPA Sebagai Sumber Belajar IPS untuk Meningkatkan Kesadaran Siswa tentang Pengelolaan Sampah. Jurnal Pendidikan Lingkungan, 3(2), 78-90.

Matthew B. Miles, A. M. (2018). Qualitative Data Analysis : Methods Sourcebook. Sage Publications.

Moleong, L. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Moleong, L. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

NCSS. (2016). College, Career and Civic Life (C3) Framework for Social Studies State Standards. NCSS.

Nugroho, A. (2019). Inovasi Sosial dalam Pengelolaan Sampah: Studi Kasus TPA Benowo Surabaya. Jurnal Inovasi Sosial, 12(2), 75-89.

Nugroho, A. (2021). Proyek Lingkungan Sebagai Sarana Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan IPS, 5(1), 1-10.

Rusman. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu: Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta Pusat: Rajawali Pers.

Santoso, B. (2019). Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbasis Proyek Untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa.

Sari, P. (2020). Pembelajaran Lapangan Ekosistem untuk Meningkatkan Keterampilan Observasi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi.

Sekretariat Presiden. (2021, Mei 6). Presiden Tinjau Pengelolaan Sampah Jadi Energi Listrik di TPA Benowo Surabaya. Retrieved from https://www.youtube.com/watch?v=WpG6pVw5bgs

Siregar, H., & Solikin, A. (2017). Penerapan Konsep Ekonomi Sirkular dalam Pengelolaan Sampah Kota Surabaya: Studi Kasus TPA Benowo. Jurnal Ekonomi dan Pembangunan, 12(2), 75-89.

Smith, D. G. (2018). Teaching Geography: Elements and Issues. National Council for The Social Studies.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2022). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2019). Pendidikan Lingkungan: Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media.

Tyson, L. S. (2016). Handbook of Research in Social Studies Education. NCSS.

UNESCO. (2019). Education for Sustainable Development : A Roadmap. Retrieved from UNESCO Digital Library: https://unesdoc.unesco.org/ark:/48223/pf0000374802

Uno, H. B. (2018). Teori Motivasi dan Pengukurannya : Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Wahyudi, P. (2020). Peran TPA Benowo dalam Pemberdayaan Masyarakat dan Ekonomi Sirkular di Surabaya. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 16(4), 100-110.

WHO. (2018). Waste Management and Health. Retrieved from Worl Health Organization: https://www.who.int/publications/i/item/9789241565585#:~:text=World%20health%20statistics%202018%20is,Part%201%2C%20is%20also%20shown.

Wijayanti, A. (2022). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 45-56.

Downloads

Published

2025-10-16

How to Cite

Sindi Putri Damayanti, Nuansa Bayu Segara, Dhimas Virgiawan, & Muhammad Ilyas Marzuqi. (2025). Kajian Potensi Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Benowo Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(3), 117–124. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/70874

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 38 , PDF Downloads: 17

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>