Pengembangan Media Quizland Berbasis Scratch Games Pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar

  • Selina Jumalal Laily Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyani Mulyani

Abstract

Pembelajaran tematik adalah pembelajaran yang terdiri dari subtema dan tema-tema tertentu, tema tersebut juga terdiri dari beberapa mata pelajaran. Biasanya dalam satu tema terdiri dari dua sampai empat mata pelajaran. Pembelajaran tematik cenderung membosankan bagi peserta didik karena pendidik yang hanya memberikan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), kemudian memberikan soal-soal yang langsung terdiri dari dua sampai empat mata pelajaran. Peserta didik harus mampu membagi konsentrasinya pada pembelajaran satu dengan yang lain. Di UPT SD Negeri 232 Gresik peneliti menemukan permasalahan ketidakefektifan pembelajaran tematik di kelas IV dikarenakan kurangnya media yang efektif dan menarik untuk kegiatan mengajar maupun evaluasi peserta didik. Untuk itu peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran ICT yang dapat digunakan untuk pembelajaran di sekolah maupun evaluasi pembelajaran di rumah yaitu Media Quizland Berbasis Scratch Games pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita- Citaku kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini untuk menghasilkan produk Media Quizland Berbasis Scratch Games pada Pembelajaran Tematik Subtema Aku dan Cita-Citaku Kelas IV Sekolah Dasar dengan kualifikasi valid, dan efektif. Hasil validasi materi memperoleh hasil persentase sebesar 98% yang masuk dalam kriteria sangat valid / layak. Adapaun validasi media dengan persentase sebesar 93% yang masuk dalam kriteria sangat valid / layak. Hasil pretest siswa menunjukkan, ketuntasan hasil belajar (rata– rata kelas) mendapatkan nilai rata-rata 66. Dari 30 siswa, 5 siswa mendapat nilai diatas KKM. Sedangkan dari hasil postest ketuntasan hasil belajar (rata-rata kelas) mendapatkan nilai rata-rata 91,5. Dari 30 siswa, 28 siswa mendapatkan nilai diatas KKM. Hasil kuisioner angket siswa menunjukkan total perolehan nilai keseleruhun 30 siswa sebanyak 923 dari skor total 1000 dan memperoleh skor persentase 92%. yang masuk dalam kriteria sangat efekti

Published
2022-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 267
PDF Downloads: 512