Pemanfaatan Fenomena Mobilitas Pekerja Ulang Alik sebagai Sumber Belajar IPS di SMP

Authors

  • Fatikhatul Farikhah Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron
  • Agus Suprijono
  • Katon Galih Setyawan

Keywords:

Mobilitas Pekerja Ulang Alik, Sumber Belajar IPS, Strategi Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena mobilitas pekerja ulang alik yang terjadi pada masyarakat Desa Sidoharjo. Penelitian ini bertujuan menjelaskan mobilitas pekerja ulang alik sebagai contoh fenomena sosial dalam pembelajaran IPS, mengetahui relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi IPS, dan mengetahui strategi pembelajaran berbasis fenomena mobilitas pekerja ulang alik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori konstruktivisme, fenomena mobilitas pekerja ulang alik ini relevan dalam pembelajaran IPS, karena peserta didik dapat memanfaatkan lingkungan sekitar dengan berbantuan fenomena sosial tersebut sebagai sumber belajar berdasarkan realitas sosial yang terjadi pada masyarakat. Relevansi fenomena mobilitas pekerja ulang alik dengan materi pembelajaran IPS pada jenjang SMP pada materi kelas VII tentang interaksi antarwilayah, dan kebutuhan manusia. Sedangkan untuk kelas VIII pada materi tentang mobilitas penduduk dengan sub materi tentang mobilitas pekerja ulang alik. Strategi pembelajaran yang paling efektif digunakan dalam pembelajaran IPS kaitannya dengan materi tentang fenomena mobilitas pekerja ulang alik adalah dengan menggunakan metode pembelajaran studi kasus, diskusi terbuka, dan proyek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, S., Sumardi, & Hamdu, G. (2021). Kajian Tentang Keaktifan Belajar Siswa Dengan Media Teka Teki Silang Pada Pembelajaran IPS SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(1), 166–176. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v8i1.32917

Amaliyah, N., Fauziah, S. N., Kusuma, S. A., & Fatimah. (2024). Penerapan Sumber Belajar Berbasis Lingkungan Masyarakat dalam Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 16(1), 26–31. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v16i1.9794

Arifin, Soebyakto, B. B., & Husin, A. (2017). Analisis Faktor Demografi Ekonomi dan Komunikasi Terhadap Probabilitas Commuting Ke Kota Palembang. Demograpfy Journal of Sriwijaya, 1(1), 36–50. http://ejournal-pps.unsri.ac.id/index.php/dejos/index

Derin Tsa, Y. P., & Rohaeti Dariah, A. (2022). Analisis Mobilitas Ulang Alik Pekerja. Bandung Conference Series: Economics Studies, 2(2). https://doi.org/10.29313/bcses.v2i2.3426

Fauzan, M. F., Nadhir, L. A., Kustanti, S., Suciani, & Kamilah, S. (2022). Pembelajaran Diskusi Kelompok Kecil : Seberapa Efektif kah dalam Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Pada Siswa ? Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 08(3), 1805–1814. http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Fitriani, N. A., Khaerunisa, S. J. M., & Rustini, T. (2023). Analisis Literatur Review Penerapan Model Project Based Learning pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 30820–30827. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jptam.v7i3.11986

Hafni, N. D. (2020). Pemanfaatan Lingkungan Sekolah Sebagai Sumber Belajar IPS. Journal of Islamic Elementary Education, 2(1), 76–93. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/jp.v2i1.88

Hardati, P. (2018). Mobilitas Penduduk Strategi Penghidupan Berkelanjutan Pendekatan Keruangan. Unnes Press. http://lib.unnes.ac.id/40549/1/Buku Referensi Mobilitas Penduduk%2C Strategi Penghidupan Berkelanjutan%2C Kajian Keruangan..pdf

Harianto, S., Imron, A., Setiawan, K. G., & Sadewo, F. X. S. (2018). Social and economic behavior shift in the suburban society. Journal of Physics: Conference Series, 953(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/953/1/012187

Ilham, E., Putro, T. S., & Setyawan, D. (2020). Pengaruh Variabel Sosial, Ekonomi, Dan Demografis Terhadap Keputusan Mobilitas Ulang-Alik Tenaga Kerja Kabupaten Kampar Ke Kota Pekanbaru. Pekbis Jurnal, 12(3), 220–234.

Jermani, T. N., & Wibowo, S. (2020). Pemanfaatan Goa Petruk Sebagai Sumber Belajar Ips Di Smp Negeri 1 Ayah. Social Studies, 5(3). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/social-studies/article/view/17893

Nisya, R. U. (2024). Implementasi Teori Konstruktivisme dalam Mengeksplorasi Potensi Lingkungan Sekolah dan Virtual Reality pada Oembelajaran IPS SD. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.32666.86720

Puspitosari, P. (2014). Kajian mobilitas penduduk sirkuler di kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo. Jurnal Swara Bhumi, 2(1), 11–19. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/swara-bhumi/article/view/7366

Salama, A. . ., Katindagho, T. M., & L.S, B. O. (2017). Karakteristik Tenaga Kerja Pelaku Mobilitas Sirkuler Di Kecamatan Kalawat Kabupaten Minahasa Utara. Agri-Sosioekonomi, 13(1A), 261. https://doi.org/10.35791/agrsosek.13.1a.2017.15658

Singkawijaya, E. B. (2017). Karakteristik Pelaku Mobilitas Penduduk Ulang Alik Di Wilayah Peri Urban Studi Di Kecamatan Mangkubumi (Kota Tasikmalaya) Dan Kecamatan Singaparna (Kabupaten Tasikmalaya). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Geografi FKIP UMP 2017, 160.

Suharto, R. B. (2021). Ekonomi Sumber Daya Manusia (1st ed.). Pustaka Horizon.

Todaro, M. P., & Smith, S. C. (2006). Pembangunan Ekonomi, edisi 9, jilid 1. Erlangga. https://books.google.co.id/books?id=m8kMk_KbSX4C

Wafirotin, K. Z. (2013). Dampak Migrasi Terhadap Kondisi Sosial Ekonomi Keluarga TKI Di Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Ekuilibrium : Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 11(2), 15–33. https://doi.org/10.24269/ekuilibrium.v8i1.36

Wati, N. Y. (2022). Aktivitas Sosial dan Ekonomi Masyarakat di Bus Trans Banjarbakula Halte 0 KM sebagai Sumber Belajar IPS. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/xzm6f

Wickramasekara, P. (2011). Circular Migration: A Triple Win or a Dead End. In SSRN Electronic Journal (Issue 15). https://doi.org/10.2139/ssrn.1834762

Widiastuti, E. H. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Pembelajaran Mata Pelajaran Ips. Satya Widya, 33(1), 29. https://doi.org/10.24246/j.sw.2017.v33.i1.p29-36

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Fatikhatul Farikhah, Ali Imron, Agus Suprijono, & Katon Galih Setyawan. (2025). Pemanfaatan Fenomena Mobilitas Pekerja Ulang Alik sebagai Sumber Belajar IPS di SMP. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 25–34. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65681

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 48 , PDF Downloads: 26

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>