Analisis Pameran Budaya Sebagai Peningkatan Kebhinekaan Global Dalam Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Plus Al Fatimah Bojonegoro
Keywords:
Pameran Budaya, Kebhinekaan Global, Profil Pelajar PancasilaAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan pameran budaya bertema "Bhineka Tunggal Ika" sebagai bagian dari proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam upaya meningkatkan kebhinekaan global di SMP Plus Al Fatimah Bojonegoro. Pendidikan yang berpusat pada peserta didik melalui Kurikulum Merdeka Belajar menekankan penguatan karakter dengan Profil Pelajar Pancasila, termasuk nilai-nilai kebhinekaan global. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa pameran budaya dalam proyek ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa tentang keragaman budaya, toleransi, dan memperkuat identitas nasional. Kegiatan ini memberikan pengalaman langsung yang mendukung siswa untuk lebih menghargai perbedaan. Kesimpulannya, pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar Pancasila ini memberikan dampak positif melalui perencanaan yang matang, kegiatan interaktif yang melibatkan seluruh siswa, dan evaluasi menyeluruh yang mendukung internalisasi nilai kebhinekaan dalam kehidupan sehari-hari.
Downloads
References
Ali, R., & Mulasi, S. (2023). Transformasi Kurikulum Merdeka: Pengembangan Muatan Lokal untuk Meningkatkan Identitas Budaya. In Istifham: Journal Of Islamic Studies (Vol. 01, Issue 3). https://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham/article/view/35JournalHomepage:https://jurnal.seutiahukamaa.org/index.php/istifham
Aries, A. M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pancasila Tema Kearifan Lokal Dengan Kontekstualisasi Permainan Tradisional. Jurnal Sinektik, 5(2), 136–146. https://doi.org/10.33061/js.v5i2.8177
Asiati, S., & Hasanah, U. (2022). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78
Desta, S., Wijiyanto, A., Masyura Tsalsabilla, A., Fikri, A., & Novita, P. (n.d.). Prosiding Seminar Nasional LPPM Umj Strategi Anti-Bullying Berbasis Bhinneka Tunggal Ika.
Indarta, Y., Jalinus, N., Waskito, W., Samala, A. D., Riyanda, A. R., & Adi, N. H. (2022). Relevansi Kurikulum Merdeka Belajar dengan Model Pembelajaran Abad 21 dalam Perkembangan Era Society 5.0. Edukatif : Jurnal Ilmu PendidikaN, 4(2), 3011–3024. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2589
Jaya, R., Djafaar Lucyane, & Candra Cuga. (2023). 10643-+10655+(OJS). Journal Of Social Science Research.
Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila
Kemendikbudristek. (2022). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. 1–37.
Khoeratunisa, S., Yektyastuti, R., & Helmanto, F. (n.d.). Eksplorasi Kebhinekaan Global Dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar.
Khotimah, K., Galih Setyawan, K., Prasetya, S. P., & Segara, N. B. (2021). Upaya Perwujudan Nilai-Nilai Pada Siswa Melalui Upacara Grebeg Pancasila Di Kota Blitar. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan), 1(2). http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/pacivic/jurnalpaciviC|85
Kurniastuti, R. (2022). Implementasi profil pelajar pancasila sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter pada siswa SMP. In Seminar Nasional Sosial Sains (Vol. 1). Pendidikan. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENASSDRA
Kuroma, D. K. S., & Tirtoni, F. (2024). Analisis Penerapan Berkebhinekaan Global Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 2548–6950.
Mudyahardjo, R. (2014). Pengantar pendidikan sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan di indonesia.
Pendidikan Dasar dan Memengah, J., Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, P., & Teknologi Jakarta, dan. (n.d.). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Pendidikan, M., Kebudayaan, D. A. N., & Indonesia, R. (2013). Menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia. 2013–2015.
Rasyidi, M. (2019). Inovasi Kurikulum Di Madrasah Aliyah. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 13(1), 33–50.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Sinta, L., Malaikosa, Y. M. L., & Supriyanto, D. H. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter pada Siswa Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3193–3202. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2326
Sufyadi, S., Lambas, L., Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Novrika, S., Iswoyo, S., Hartini, Y., Primadonna, M., & Mahardhika, R. L. (2021). Pembelajaran paradigma baru. Pusat Asesmen dan Pembelajaran.
Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D.
Sukiman. (2017). Amanat UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan. Ditjen PAUD Dan Dikmas Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, Semarang, 1–49. http://disdik.lomboktengahkab.go.id/wp-content/uploads/2017/07/Pelibatan-Keluarga-dan-Masyarakat-di-Satdik-Dr.Sukiman-M.Pd-.pdf
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Dilla Putri Liktaf, Sukma Perdana Prasetya, Sarmini, Katon Galih Setyawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

