Persepsi Guru Mata Pelajaran IPS pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 1 Plumpang Kabupaten Tuban

Authors

  • Zaidatun Na'imah Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Persepsi Guru, Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan memberikan fleksibilitas kepada pendidik dalam mengembangkan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi guru mata pelajaran IPS pada implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa memberikan gambaran mengenai pemahaman tentang tujuan, fleksibilitas, dukungan, pelatihan, partisipasi siswa, hambatan, serta strategi yang diterapkan oleh guru dalam mengimplementasikan kurikulum tersebut. Guru memahami prinsip-prinsip kurikulum seperti fleksibilitas dalam pengajaran dan pembelajaran berbasis proyek, namun masih menghadapi tantangan dalam pelaksanaannya. Hambatan yang dialami meliputi keterbatasan sumber daya, kesulitan menyesuaikan metode pembelajaran dengan kebutuhan siswa dan sarana prasarana yang kurang mendukung. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Kurikulum Merdeka memberikan peluang inovasi dalam pembelajaran, tetapi memerlukan peningkatan dukungan berupa pelatihan berkelanjutan dan pengembangan perangkat pembelajaran. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan untuk pengembangan kebijakan pendidikan serta mendukung guru. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi bagi pihak sekolah dan pemerintah dalam meningkatkan efektivitas penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggraini, D., & Ramadhan, I. (2023). Kendala dan Strategi Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 12(2), 123-135.

Astuti, S., & Setiawan, A. (2022). Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Berkelanjutan, 14(4), 67-79.

Bambang Indriyanto. (2012). Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan: Pengembangan Kurikulum Sebagai Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Balitbang Permendikbud.

Dewi, S., & Pratama, R. (2020). Motivasi Siswa dalam Pembelajaran Aktif: Peran Guru Sebagai Fasilitator. Jurnal Pendidikan dan Sosial, 12(3), 112-124.

Hanifah, N., & dkk. (2022). Efektivitas Diskusi Kelompok pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 10(3), 56-70.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Pulihkan Pembelajaran, Mendikbudristek Luncurkan Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Direktorat Sekolah Dasar.

Lidya, Denty.A, & R, A. (2020). Merdeka Belajar dinilai Membawa Semangat Fleksibilitas Tinggi. Kemendikbud.go.id.

Mulyasa. (2021). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945.

Musanadah, S., Dwiyanti, F. R., & Manihtada, I. (2024). Analisis Kesiapan Kurikulum Indonesia dalam Menghadapi Persaingan Global. Tunas Nusantara, 6(2).

Nugraha, A & dkk. (2020). Meningkatkan Partisipasi Siswa Melalui Motivasi dan Inovasi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Nasional, 8(2), 98-112.

Nurachadijat, A. (2023). Evaluasi Efektivitas Kurikulum Merdeka sebagai Langkah Kritis Menuju Implementasi Optimal. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 21(2), 123-135.

Putri Ulva Fahmiza. (2023). Persepsi Guru IPA terhadap Konsep dan Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar (Studi Kasus di MTsN Sekabupaten Aceh Besar). Master thesis.

Rahmawati, E., & Yuniar, L. (2021). Tantangan dan Peluang dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(2), 85-96.

Rahmawati, L., & Suryani, F. (2021). Persepsi guru tentang kurikulum merdeka. Indonesian Journal of Education, 10(2), 34–50.

Rani, F., & Junaidi, I. (2022). Ketersediaan Infrastruktur Teknologi untuk Pembelajaran Digital di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Teknologi Pendidikan, 17(2), 102-116.

Raudhatul, A., Hanafy, M., & Saepuloh, A. (2022). Analisis kebutuhan Kurikulum Merdeka dalam meningkatkan profesionalisme guru Raudhatul Athfal di Purwakarta. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 123-135.

Sapitri, L. (2022). Studi literatur terhadap kurikulum yang berlaku di Indonesia saat pandemi COVID-19. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(2), 227-238.

Sari, D. A., & Nugroho, A. (2020). Implementasi Pembelajaran Abad 21 dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Nasional, 9(2), h. 110.

Setiawan, R., & Nugroho, H. (2023). Struktur Kurikulum Merdeka: Peluang dan Tantangan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 12(4), 78-90.

Setyawan, D., & Pratama, H. (2021). Peran Guru dalam Meningkatkan Keterlibatan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(3), 101-114.

Suarti, Hijrawatil Aswat, Masri Masri (2023). Peran Pembelajaran IPS Menuju Pelajar Pancasila pada Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, Vol. 5, No.6, h. 2529.

Suhandi, A. M., & Robi'ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu.

Surahman, E., dkk. (2020). Integrasi Metode Diskusi dan Proyek pada Pembelajaran Inovatif. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 8(3), 125-140.

Widyaningrum, P., & Prasetyo, B. (2023). Tantangan dan Solusi Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Menengah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 15(1), 45-58.

Wijayanti, S., & Arif, M. (2022). Pemahaman Guru Terhadap Konsep Kurikulum Merdeka. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(1), 45-60.

Wijiatun, Lusia, dan Richardus Eko Indrajit. (2022). MERDEKA BELAJAR: Tantangan dan Implementasinya dalam Sistem Pendidikan Nasional. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Na’imah, Z., Sarmini, Suprijono, A., & Marzuqi, M. I. (2025). Persepsi Guru Mata Pelajaran IPS pada Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di SMP Negeri 1 Plumpang Kabupaten Tuban . Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 215–224. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/66079

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 126 , PDF Downloads: 57

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>