Strategi Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 31 Gresik

Authors

  • Putri Intan Nurasita Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Berdiferensiasi, Pembelajaran IPS

Abstract

Abstrak

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang lahir saat pandemi Covid-19 di Indonesia. Kurikulum Merdeka diperkenalkan sebagai kerangka kurikulum yang lebih fleksibel dan juga berfokus pada materi esensial dan pengembangan karakter serta keterampilan peserta didik. Kurikulum merdeka lebih memberi ruang kepada peserta didik untuk mengembangkan potensi yang mereka miliki.

Pembelajaran berdiferensiasi ini memiliki kesinambungan yang kuat dengan kurikulum merdeka yang saat ini sedang dilaksanakan. Pembelajaran berdiferensiasi merupakan jawaban dari tujuan kurikulum merdeka yakni menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan guru.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Strategi Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka di UPT SMPN 31 Gresik . Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Pada penelitian ini, peneliti menjadi subyek yang terjun langsung melaksanakan strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi sebagai wujud implementasi kurikulum merdeka.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dalam pembelajaran IPS dengan menerapkan tiga elemen (konten, proses, produk) mampu memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan dapat mengembangkan kreativitas peserta didik. Melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi peserta didik merasa diberikan ruang untuk mengekspresikan bakat dan kemampuannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarita, J., Simanullang, M. P. K. P. S., & Adab, P. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Penerbit Adab.

Atikah, I., Fauzi, M. A. R. A., & Firmansyah, R. (2024). Penerapan Strategi Diferensiasi Konten dan Proses Pada Gaya Belajar Berbasis Model Problem Based 100 Learning. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(2), 11-11.

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida journal, 5(2), 172-182.

Faiz, A., Pratama, A., & Kurniawaty, I. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Program Guru Penggerak pada 101 Modul 2.1. Jurnal Basicedu, 6(2), 2846-2853.

Husni, T. Memerdekakan Peserta Didik Belajar Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.

Herwina, W. (2021). Optimalisasi kebutuhan murid dan hasil belajar dengan pembelajaran berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175-182.

Irwansyah, R. (2021). Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Iskandar, D. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Report Text Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi di Kelas IX. A SMP Negeri 1 Sape Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 123-140.

Jumiarti, D. N. (2023). Peningkatan Keterampilan Abad XXI pada Mata Pelajaran IPS melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Education Action Research, 7(2), 160-168.

Lukitaningtyas, D. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pembelajaran IPS (Materi Manusia Pra-aksara). Kastara Karya, 2(3), 95-104.

Marita, P. L. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Jurnal Shanan, 7(1), 159- 174.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif.

Utami, D. S., & Appulembang, O. D. (2022). Pembentukan Kelompok Belajar untuk Siswa pada Pembelajaran Daring. Sukma: Jurnal Pendidikan, 6(1), 35-60.

Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.

Woa, K. M., Utaya, S., & Susilo, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Geografi pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(3), 406-411.

Yanti, N. S., Montessori, M., & Nora, D. (2022). Pembelajaran IPS Berdiferensiasi di SMA Kota Batam. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(3), 252-256

Downloads

Published

2024-10-08

How to Cite

Nurasita, P. I., Riyadi, R., Suprijono, A., & Marzuqi, M. I. (2024). Strategi Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SMPN 31 Gresik. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 4(3), 233–244. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/59511

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 118 , PDF Downloads: 160

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 > >>