Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Minat Belajar Siswa SMP

  • Moh. Khoirul Taufiq Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Media Pembelajaran, Komik Digital, Minat Belajar Siswa

Abstract

Materi pembelajaran IPS yang cenderung banyak dan berupa bacaan, konsep serta bersifat hafalan membuat siswa banyak yang pasif saat kegiatan pembelajaran IPS, kurang menarik, terasa jenuh, membosankan, dan kurang antusias untuk mengikuti proses pembelajaran IPS. Diperlukan adanya variasi dalam menyampaikan materi IPS. pengembangan media pembelajaran komik digital dilakukan sebagai upaya menumbuhkan minat belajar siswa dengan metode Research and Development (R&D) menggunakan model ADDIE yang ada lima tahap didalamnya Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Hasil pengembangan dan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran komik digital sangat layak digunakan untuk meyampaikan materi pembelajaran IPS dengan dasar validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran dengan prosesntase materi dalam media sebesar 80% dan media pembelajaran sebesar 88,23%; 2) Media pebelajaran komik digital sangat praktis digunakan dalam proses pembelajaran IPS dengan dasar penilaian praktisis pendidikan dengan prosesntase 93,33% serta dapat menumbuhkan minat belajar yang tinggi terhadap siswa dengan dasar respon angket minat belajar oleh siswa dengan prosentase 64,23% dengan kualifikasi tinggi untuk menumbuhkan minat belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS.

References

Astutik, A. F., & Suprijono, A. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Dalam Pembelajaran IPS Sebagai Penguatan Karakter Peserta Didik Kelas V Sdn Geluran 1 Taman. Jurnal Education And Development, 9(3), 542-554.
Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Marul, M. (2020). Media Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis: Kota Medan
Hartini, S. (2017). Pengembangan media pembelajaran ips menggunakan poster grafis dengan materi potensi dan sebaran sumber daya alam indonesia untuk siswa smp kelas VII. Social Studies, 6(6), G94-707.
Jafar, A. F. (2021). Pengembangan Komik elektronik (e-comic) usaha dan pesawat sederhan kelas VIII MTs Negeri 6 Bulukumba. Al-Khazani: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 1-18.
Maharani, E., Soedjiwo, N. A. F., & Rusmayani, R. (2021). Pengaruh penggunaan media komik digital terhadap peningkatan aktivitas belajar PAI di SMP Negeri 10 Denpasar Tahun Pelajaran 2020/2021. Faidatuna, 2(2), 172-180.
Mahdiyah, N. F. (2021). Pengembangan media pembelajaran e-komik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran daring mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII SMP Ma’arif Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Milala, H. F., & Agung, A. I. (2022) Keefektifan Dan Kepraktisan Media Pembelajaran Menggunakan Adobe Flash Player. (Universitas Negeri Surabaya).
Nana Sudjana dan Ahmad Rivai.(2013). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Purnamasari, S., Heryawan, A., & Ardie, R. (2019) Pengembangan model media pembelajaran berbasis google slide pada mata pelajaran IPS di SMP. JTPPm (Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran): Edutech and Intruction Research Journal, 6(1).
Putro, S. D. R. E., Adi, K. R., & Ratnawati, N. (2021). Pengembangan Media Evaluasi Pembelajaran IPS “MAPS” dengan Game Web Browser Based Learning untuk siswa SMP. J-PIPS (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial), 8 (1), 25, 42.
Rosardi, Raras., Supandi. 2021. Perencanaan Pembelajaran IPS Integratif. CV insan Cendekia Mandiri: Solok.
Segara, N. B., Yana, E., & Febianti, Y. N. (2018). Developing an oral presentation assessment to the teacher education program student. International Educational Research, 1(1), p43-p43.
Sihombing, S. (2022). Pengaruh sarana prasarana sekolah terhadap minat dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ips terpadu kelas viii smp negeri 10 pematang siantar tahun ajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Indonesia: Teori, Penelitian, dan Inovasi, 2(6).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D: CV Alfabeta, Bandung.
Suprijono, Agus. 2020, Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Tanjung, R. (2020). Meningkatkan hasil belajar ips melalui model pembelajaran scramble siswa kelas V SD pudun jae pada materi keaneka ragaman suku bangsa dan budaya Indonesia. In Forum PEDAGOGIK (Vol. 8, No 1 PP. 132-148).
Yusiana, U & Prasetya, S. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 2(1), 23 - 33.
Published
2023-08-31
How to Cite
Taufiq, M., Khotimah, K., Prastiyono, H., & Riyadi, R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Pembelajaran IPS Terhadap Minat Belajar Siswa SMP. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 105-117. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/54809
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 138
PDF Downloads: 109