Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 3 Sidoarjo

  • Citra Dewi Lukita Sari Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Sri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kinerja Guru, Kurikulum Merdeka, P5

Abstract

Dalam dunia pendidikan, salah satu hal terpenting dalam setiap kesuksesan sebuah pembelajaran adalah guru, dimana peran guru di setiap jalannya pembelajaran adalah sebuah hal utama. Kinerja guru yang baik didasarkan pada kemampuan, pengalaman, kesungguhan serta manajemen waktu dan diri yang baik dalam melaksanakan sebuah proses pembelajaran di sekolah. Dimana guru masih memerlukan penyesuaian untuk memahami dan melaksanakannya. SMP Negeri 3 Sidoarjo merupakan salah satu sekolah yang menjalankan Kurikulum merdeka dan pembelajaran P5. Dimana dalam sekolah tersebut masih terdapat beberapa permasalahan tentang kinerja guru yang berimbas pada kegiatan pembelajaran P5 disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kinerja guruteam projek SMP Negeri 3 Sidoarjo dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka berdasarkan Kegiatan P5 di sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Eksploratif dengan metode deskriptif dan dilaksanakan di SMP Negeri 3 Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini sebanyak 29 guru dengan menggunakan teknik “non-probability sampling”. Pengumpulan data menggunakan Angket, Observasi dan Dokumentasi. Data yang telah terkumpul akan dicari interval kelas dan kategorisasi guna melihat kualitas variabel. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Kinerja guru di SMP Negeri 3 Sidoarjo dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka berdasar pada kegiatan P5 memiliki hasil yang baik. Dimana kinerja guru memiliki nilai rata-rata 55,17 yang terletak di nilai interval 48.86 ≤ X < 61.47 dengan kategori Baik. Dan Kegiatan P5 di sekolah dengan nilai rata-rata 83,97 dimana nilai tersebut terletak pada interval 76.39 ≤ X < 91.53 dengan kategori Baik.

References

Arifa, F N. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Dan Tantangannya.” Bidang Kesejahteraan Rakyat: Info Singkat 14(9): 25–30.
Fitriyani, Dina. 2016. “Pengaruh Aktivitas Menghafal Alqur’an Terhadap Kecerdasan Spiritual Santri Di Pondok Pesantren Anak-Anak Tahfidzul Qur’an (Ppatq) Raudlatul Falah Bermi Gembong Pati Tahun 2016.” 12(1): 579–87. http://jurtek.akprind.ac.id/bib/rancang-bangun- website-penyedia-layanan-weblog.
Kebudayaan, M P D, and R Indonesia. 2019. “Merdeka Belajar: Pokok-Pokok Kebijakan Merdeka Belajar.” Jakarta: Makalah Rapat Koordinasi Kepala Dinas Pendidikan Seluruh Indonesia.
Komariah, E, A Nurweni, and ... 2022. “Penguatan Kompetensi Profesi Guru Bahasa Inggris Tingkat Smp Di Bandar Lampung Dalam Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar.” … Language and Arts … 1(2). https://journals.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/37%0Ahttps://journals.fkip.uni la.ac.id/index.php/ela/article/download/37/22.
Mangkunegara, AAAP, and P Anwar. 2012. “Evaluasi Kinerja SDM. Bandung: Refika Aditama.” Marisa, Mira. 2021. “Inovasi Kurikulum ‘Merdeka Belajar’ Di Era Society 5.0.” Santhet: (Jurnal sejarah,
Pendidiikan dan Humaniora) 5(1): 66–78.
Murniarti, Erni. 2017. “Penerapan Metode Project Based Learning.” Journal of Education 3(2): 369– 80.
Nurafnih. 2021. “Analisis Kinerja Guru Di SMP Negeri 1 Lambu Kabupaten Bima.” : 1–116. Penciptaan, Melalui et al. 2022. “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) Pada Kurikulum
Merdeka.” 5(2): 25–38.
PS, Alaika M Bagus Kurnia. 2020. Menyorot Kebijakan Merdeka Belajar. Pustaka Pelajar.
Rusman, M Pd, and M Pd. 2011. “Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.”
Safitri, Andriani, Dwi Wulandari, and Yusuf Tri Herlambang. 2022. “Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan Dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia.” Jurnal Basicedu 6(4): 7076–86.
Suprijono, Agus. 2020. Cooperative Learning Teori & Aplikasi Paikem. XIX. ed. Diah; Bima.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wawan. 2022. “Arah Baru Pengembangan Pendidikan: Telaah Terhadap Rancangan Kurikulum Merdeka.” : 1–15.
Wingsi Anggila. 2022. “Persepsi Guru Bidang Studi Ips Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar Di Smp Negeri Sekecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.” הארץ (8.5.2017): 1–171.
Published
2023-08-31
How to Cite
Sari, C., Larasati, D., Utami, W., & Prastiyono, H. (2023). Kinerja Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Berdasarkan Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMP Negeri 3 Sidoarjo. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 95-104. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/54701
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 472
PDF Downloads: 319