Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Devi Ria Arsitha Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55264

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Scrapbook, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen dengan desain berbentuk nonequivalent control group menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik yaitu lembar observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook terhadap kreativitas siswa pada sub materi pembangunan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Sedangkan dari hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook terhadap hasil belajar IPS siswa pada sub materi pembangunan berkelanjutan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Arsitha, D. R., Setyawan, K. G., Larasati, D. A., & Prastiyono, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 226–238. https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55264

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 133 , PDF Downloads: 122

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>