Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa

  • Devi Ria Arsitha Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastiyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Model Pembelajaran Project Based Learning, Scrapbook, Kreativitas, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook dalam meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif metode quasi eksperimen dengan desain berbentuk nonequivalent control group menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik yaitu lembar observasi, tes, kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan antara pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook terhadap kreativitas siswa pada sub materi pembangunan berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test memperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,002 < 0,05. Sedangkan dari hasil uji independent sample t-test pada hasil belajar IPS siswa diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,019 < 0,05, yang berarti bahwa ada perbedaan hasil belajar IPS siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara pengaruh model pembelajaran project based learning menggunakan scrapbook terhadap hasil belajar IPS siswa pada sub materi pembangunan berkelanjutan.

References

DAFTAR PUSTAKA
Akhmad Romadhon, Dwi Nanda. 2019. “Implementasi Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPS Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama Sebagai Eksistensi Meningkatkan Keterampilan Abad 21.” Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari 3(2): 94.
Botty, Midya. 2018. “Hubungan Kreativitas Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Ma’had Islamy Palembang.” JIP Jurnal Ilmiah PGMI 4(1): 41–55.
Dopplet, Y. (2005). Assasment of Project Based Learning in a Mechatronics Context. Journal Of Technology Education, 7-24.
Elisabet, Elisabet, Stefanus C. Relmasira, and Agustina Tyas Asri Hardini. 2019. “Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL).” Journal of Education Action Research 3(3): 285.
Harina Pangestu Yulianingtias, V. M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa Pelajaran IPA Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. e-Journal Mitra Sains, 62-70.
Hidayati, F. (2010). Peningkatan Kreativitas Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) Di Kelas VIII SMP N 1 Tegalrejo.
Ismayanti, I. A. (2020). Penerapan strategi refleksi pada akhir pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi fluida. Karst : Jurnal Pendidikan Fisika dan Terapannya, 27-31.
Kurikulum, K. P. (2010). Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membangun Daya Saing dan Karakter Bangsa. Pengembangan dan Pendidikan Karakter Bangs.
Laliya Nur Hikmah, R. D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Prismatika, 1-9.
Listiyani. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Berbasis Refleksi Kelompok Pada Materi Reaksi Redoks. Jipva, 58.
Maknun, Djohar. 2018. Sukses Mendidik Anak Di Abad 21. Yogyakarta: Samdura Biru.
Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.
Oktiani, Ifni. 2017. “Kreativitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik.” Jurnal Kependidikan 5(2): 216–32.
Prasetiyo, A. D. (2014). Berpikir kreatif siswa dalam penerapan model pembelajaran berdasar masalah matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 9-18.
Sari, R. T. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Varidika, 80.
Sumarni. (2012). Model-Model Pembelajaran Geografi. Malang: Aditya Media.
Susanto, Ahmad. 2017. “Pendidikan IPS : Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif.” Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” 1(1): 23–28. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/repository/article/view/1661.
Wahyuni, I. S. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Oral Communication Peserta Didik Kelas X MIPA 4 SMA Negeri 5 Surakarta. Proceedng Biology Education Conference, 95-100.
Widodo, W. L. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Idonesia, 32-35.
Published
2023-08-31
How to Cite
Arsitha, D., Setyawan, K., Larasati, D., & Prastiyono, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Menggunakan Media Scrapbook Dalam Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 226-238. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55264
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 129
PDF Downloads: 118