Pengembangan Media Maket Gunungapi Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Pendidikan IPS

  • Ananda Alissa Tsaabitah Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Katon Galih Setyawan Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Kata Kunci: Media pembelajaran Maket, Mitigasi, Bencana Vulkanik, Rnd

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengembangan media pembelajaran maket gunug api dengan melakukan uji efektifitas  media. Metode penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan reserch and development serta eksperimental quasy dengan one group pretest posttetst. Hasil Penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemahaman mitigasi bencana yang signifikan, dengan dilihat dari peningkatan ketercapaian pemahaman akhir yang didapat setelah peserta didik melakukan demonstasi media dikelas dengan menghadirkan media maket gunungapi. Didapatkan nilai N-Gain untuk mengetahui efektivitas penggunaan media yang hingga memunculkan signifikansi peningkatan degan didapatkan nilai 0,67 dengan kategori sedang atau cukup efektif.

References

Adams, D., & Hamm, M. (2010). Demystify math, science, and technology: creativity, innovation, and problem-solving. R&L Education.
Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Branch, R. M. (2009). Instructional design: The ADDIE approach (Vol. 722). Springer.
Indraswari, D. (2018). Analisis Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Bencana Gempa Bumi dan Erupsi Gunung Berapi (Studi Kasus Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten). Jurnal Geografi: Media Informasi Pengembangan Dan Profesi Kegeografian, 15(2), 103–115.
Kartika, M. Y., Ardhyantama, V., & Tisngati, U. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Pemahaman Anak Tentang Mitigasi Bencana. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(1), 76–86.
Kurniawan, R., Mahtarami, A., & Rakhmawati, R. (2017). Gempa: Game edukasi sebagai media sosialisasi mitigasi bencana gempa bumi bagi anak autis. Jurnal Nasional Teknik Elektro Dan Teknologi Informasi, 6(2), 174–183.
Maruf, M., & Hustim, R. (2018). Pembelajaran fisika berbasis cone of experience edgar dale pada materi elastisitas dan fluida statis. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 1–12.
McDonald, M. A., Hildebrand, J. A., & Wiggins, S. M. (2006). Increases in deep ocean ambient noise in the Northeast Pacific west of San Nicolas Island, California. The Journal of the Acoustical Society of America, 120(2), 711–718.
Nugroho, A. (2018). Pengembangan model pembelajaran mitigasi bencana gunung meletus di sekolah dasar lereng gunung slamet. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 1(2), 131–137.
Nurdiansyah, S., Sundayana, R., & Sritresna, T. (2021). Kemampuan berpikir kritis matematis serta habits of mind menggunakan model inquiry learning dan model creative problem solving. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 95–106.
Pahleviannur, M. R. (2019). Edukasi sadar bencana melalui sosialisasi kebencanaan sebagai upaya peningkatan pengetahuan siswa terhadap mitigasi bencana. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 29(1), 49–55.
Pawestriana, F. (2016). Pengetahuan Masyarakat Dalam Mitigasi Bencana Letusan Gunungapi Slamet di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Geo Edukasi, 5(2), 17–18.
Rayanto, Y. H. (2020). Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute.
Rosmilawati, I. (2017). Konsep pengalaman belajar dalam perspektif transformatif: Antara Mezirow dan Freire. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 1(2).
Suryaningsih, E., & Fatmawati, L. (2017). Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa SD. Profesi Pendidikan Dasar, 4 (2), 113–124.
Yusiana, U., & Prasetya, S. P. (2022). Pengembangan media e-comic terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 1(1), 23–33.
Published
2023-10-31
How to Cite
Tsaabitah, A., Segara, N., Prasetya, S., & Setyawan, K. (2023). Pengembangan Media Maket Gunungapi Untuk Pembelajaran Mitigasi Bencana dalam Pendidikan IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 1-9. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55408
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 56
PDF Downloads: 48