Penilaian Kreativitas Siswa Melalui Produk Infografis Dalam Project Based Learning

  • Evy Nazilatun Nikmah Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, Infografis

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pembelajarannya sendiri, membuat proyek kolaborasi serta mempresentasikan hasil proyek (produk infografis) tersebut. Dari proyek kreatif yang dihasilkan siswa, biasanya orang menghubungkan dengan kreativitas. Dengan kata lain, produk kreatif penting untuk menilai kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas siswa dengan melakukan penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian atau informan yang diambil adalah seluruh siswa di kelas VII-J SMP Negeri 42 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Selanjutnya, pada tahap analisis data berpatok pada model Miles dan Huberman dengan menggunakan teknik interaktif. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL), ditemukan bahwasannya siswa yang kreatif dalam proses pembelajaran belum tentu dapat menghasilkan  produk yang kreatif, begitupun sebaliknya. Hasil produk yang kreatif belum tentu dihasilkan dari siswa yang kreatif selama proses pembelajaran.

References

Artikasari, E. A., & Saefudin, A. A. (2017). Menumbuh Kembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), 59–145. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.800
Astawa, I. B. (2017). Pengantar Ilmu Sosial. Rajawali Pers.
Elitasari, H. T. (2022). Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21. Jurnal Akuntansi, 6(6), 9508–9516. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4120
Fadila, A., Kusdiana, A., & Respati, R. (2020). Pengembangan Media Infografis sebagai Media Penunjang Pembelajaran IPS di SD. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 192–198. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, 3(September). https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616
Iklina, T., & Fadilah, M. (2022). Validitas E-Modul Berbasis Project Based Learning (PJBL) tentang Materi Sistem Imun Kelas XI SMA untuk Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik. Journal on Teacher Education, 4, 250–262. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.6031
Khumaeroh, N., & Sumarni, W. (2019). Kreativitas Dan Pengetahuan Siswa Pada Materi Asam-Basa Melalui Penerapan Project Based Learning Dengan Produk Kreatif Teri Puter. Edusains, 11, 203–212. https://doi.org/10.15408/es.v11i2.11494
Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 106–114. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257
Miftah, M. N., Rizal, E., & Anwar, R. K. (2016). Pola Literasi Visual Infografer dalam Pembuatan Infografis (Infographics). 4(1), 87–94. https://doi.org/10.24198/jkip.v4i1.11635
Misrochah, N. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran PJBL Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Indonesian Journal of Learning Education and Counseling, 3(2), 140–147. https://doi.org/10.31960/ijolec.v3i2.741
Mulyana, E., Juariah, J., Suherman, A., Widyanti, T., & Supriyatna, A. (2022). Implementasi Model Project Based Learning Dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Sosial Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan IPS, 2(1), 25. https://doi.org/10.26418/skjpi.v2i1.54119
Munandar, U. (2009). Kreativitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia Pustaka Utama.
Nuswowati, M., Susilaningsih, E., Ramlawati, & Kadarwati, S. (2017). Implementation of problem-based learning with green chemistry vision to improve creative thinking skill and students’ creative actions. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 221–228. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.9467
Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.
Santoso, B. P., & Wulandari, F. E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek Dipadu Dengan Metode Pemecahan Masalah Pada Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Ipa. Journal of Banua Science Education, 1(1), 1–6. https://doi.org/10.20527/jbse.v1i1.3
Saptodewo, F. (2014). Desain Infografis Sebagai Penyajian Data Menarik. Jurnal Desain, 01(03), 163–218. https://doi.org/10.30998/jurnaldesain.v1i03.563
Septiana, V., Putri, R., & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP.
Sidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In A. Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). CV. Nata Karya.
Situmorang, M. A. (2022). Persepsi Siswa tentang Penggunaan Kerja Kelompok di Kelas Bahasa Inggris. Jurnal Pengajaran Bahasa Inggris, 8(1), 49–58.
Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan model pembelajaran discovery learning meningkatkan motivasi dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. … Pancasila Dan Kewarganegaraan. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021
Suprijono, A. (2019). Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Pustaka Pelajar.
Titu, M. A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Konsep Masalah Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional, 176–186.
Utami, T., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembalajaran Project Based Learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online), 2(6), 541–552.
Wijaya, A. J., Pujiastuti, H., & Hendrayana, A. (2022). Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended. 11(1), 108–122.
Yani, L. I., & Taufik, T. (2021). Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sekolah Dasar (Studi Literatur). Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 98. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.109461
Yuswatiningsih, E., & Ike, H. (2017). Peningkatan Kreativitas Verbal Pada Anak Usia Sekolah. In Penerbit Stiker Majapahit Mojokerto (Vol. 53, Issue 9). http://www.elsevier.com/locate/scp
Zulkarnain. (2020). Kreativitas Dalam Perspektif Teori Kepribadian Sigmund Freud dan Implikasi Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan Islam, 5(3), 248–253. https://doi.org/10.55403/hikmah.v5i1.27
Published
2023-08-31
How to Cite
Nikmah, E., Segara, N., Niswatin, N., & Imron, A. (2023). Penilaian Kreativitas Siswa Melalui Produk Infografis Dalam Project Based Learning. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 239-251. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55267
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 103
PDF Downloads: 81