Penilaian Kreativitas Siswa Melalui Produk Infografis Dalam Project Based Learning

Authors

  • Evy Nazilatun Nikmah Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55267

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, Infografis

Abstract

Pembelajaran berbasis proyek merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengkonstruksi pembelajarannya sendiri, membuat proyek kolaborasi serta mempresentasikan hasil proyek (produk infografis) tersebut. Dari proyek kreatif yang dihasilkan siswa, biasanya orang menghubungkan dengan kreativitas. Dengan kata lain, produk kreatif penting untuk menilai kreativitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas siswa dengan melakukan penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL). Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitiannya yaitu penelitian deskriptif. Subjek penelitian atau informan yang diambil adalah seluruh siswa di kelas VII-J SMP Negeri 42 Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik. Selanjutnya, pada tahap analisis data berpatok pada model Miles dan Huberman dengan menggunakan teknik interaktif. Hasil dari penelitian memperoleh kesimpulan bahwa penilaian kreativitas siswa melalui produk infografis dalam Project Based Learning (PjBL), ditemukan bahwasannya siswa yang kreatif dalam proses pembelajaran belum tentu dapat menghasilkan  produk yang kreatif, begitupun sebaliknya. Hasil produk yang kreatif belum tentu dihasilkan dari siswa yang kreatif selama proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-08-31

How to Cite

Nikmah, E. N., Segara, N. B., Niswatin, N., & Imron, A. (2023). Penilaian Kreativitas Siswa Melalui Produk Infografis Dalam Project Based Learning. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(2), 239–251. https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.55267

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 150 , PDF Downloads: 127

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>