Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Kebhinekaan Global Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran IPS

  • Kristiani Angelika Manurung Universitas Negeri Surabaya
  • Riyadi Riyadi Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Niswatin Niswatin Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Profil Pelajar Pancasila, LKPD berbasis nilai kebhinekaan global, Pembelajaran IPS

Abstract

Dunia Pendidikan saat ini menjadikan profil pelajar pancasila sebagai pilar inti dalam kurikulum. Hal ini menunjukkan bahwa pentingnya mewujudkan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran termasuk salah satunya dalam pembelajaran IPS. Namun kenyataannya, masih banyak dijumpai sekolah yang belum mengimplementasikan nilai profil pelajar pancasila dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan berbasis nilai kebhinekaan global sebagai upaya penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS. Prosedur pengembang penelitian ini memakai model pengembangan ADDIE yang terdiri dari empat tahapan yaitu Analyze (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) prosedur penelitian pengembangan LKPD berbasis nilai kebhinekaan global sebagai penguatan profil pelajar pancasila menggunakan model ADDIE yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation; (2) LKPD berbasis nilai kebhinekaan global sangat layak digunakan dalam pembelajaran IPS sesuai dengan penilaian yang telah diberikan oleh ahli media dan materi yang menunjukan persentase sebesar 95,5 % dan 97%; (3) LKPD berbasis nilai kebhinekaan global efektif digunakan dalam pembelajaran IPS karena berdasarkan hasil uji efektivitas dengan regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai sig. 0,000 < 0,05 sehingga terdapat pengaruh positif antara variabel X terhadap variabel Y, besar pengaruh yang diperoleh berdasarkan nilai R Square yaitu sebesar 99,2%. Dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis nilai kebhinekaan global layak dan efektif digunakan sebagai penguatan profil pelajar pancasila dalam pembelajaran IPS.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Rosdakarya.
Aprilia, R. (2017). Pengembangan Buku Ajar IPS Berbasis Budaya Lokal Kelas IV SD di Kecamatan Wih Pesam Kabupaten Bener Meriah. Jurnal Tematik, 4, 11-17.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Balitbang. (2021). Salinan Keputusan Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Nomor 028/H/Ku/2021 Tentang Capaian Pembelajaran PAUD, SD, SMP, SMA, SDLB, SMPLB, dan SMALB pada Program Sekolah Penggerak.
Damanik, M. H. (2020). Integrasi nilai-nilai Religius pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Kota Batu (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Darwis, M. (2018). Paradigma baru pendidikan dalam perspektif pemikiran Paulo Freire. FITRA, 2(2).
Fahrozy, F. P., & Iskandar, S. (2022). Upaya Pembelajaran Abad 19-20 dan Pembelajaran Abad 21 di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 3093-3101.
Faiz, A. &. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. J. Basicedu, 6(3).
Fitri , A. Z., & Haryanti, N. (2020). Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Madani Media.
Ghoni, M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Beriman Bertakwa Berakhlak Mulia Dalam Pembelajaran IPS. Dialektika Pendidikan IPS, 2(2), 286 - 302.
Ismail, S., Suhana, S., & Zakiah, Q. Y. (2021). Analisis Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter dalam Mewujudkan Pelajar Pancasila di Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 76–84.
Khafi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar.
Milala, H. F. (2022). Keefektifan dan kepraktisan media pembelajaran menggunakan adobe flash player. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 11(2), 195-202.
Muslim. (2020). Peran Pendidikan IPS Dalam Pembentukan Perilaku Sosial dan Tanggung Jawab Sosial Era ABAD 21. SOLIDARITY:.
O.E.C.D. (2018). PISA 2018 Assessment and Analytical Framework. OECD Publishing.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Impelementasi Kurikulum Prototipe di Sekolah Penggerak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3613-3625.
Raharjo, R. &. (2021). Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230–249.
Segara, N. B. (2021). Teacher ’ s Need Assessment : For Digital Media-Aided QR Code Worksheet Workshop to Integrated Social Studies Learning in the New Normal Era. 603(Icss), 227–231.
Widoyo, E. P. (2020). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Widoyoko, E. P. (2012). Evaluasi Program Pembelajaran. In Pustaka Belajar.
Published
2023-10-31
How to Cite
Manurung, K., Riyadi, R., Prasetya, S., & Niswatin, N. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Nilai Kebhinekaan Global Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 92-106. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55730
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 190