Evaluasi Permukiman Kumuh di Sekitar Rel Kereta Api Dupak Magersari Kelurahan Jepara Surabaya

  • Puja Yanti Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Evaluasi, Pemukiman Kumuh, Tingkat Kekumuhan

Abstract

Permasalahan permukiman kumuh menjadi salah satu isu utama pembangunan perkotaan yang cukup menjadi polemik, karena upaya penanganan yang sebenarnya dari waktu kewaktu sudah dilakukan berbanding lurus dengan terus berkembangnya kawasan kumuh.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kekumuhan terhadap kondisi permukiman kumuh di Dupak Magersari Kelurahan Jepara. Untuk mengetahui tingkat kekumuhan, digunakan analisis pembobotan yaitu melakukan pembobotan berdasarkan tujuh indikator berdasarkan Permen PUPR No.14 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskiptif. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 85 Kepala keluarga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah observasi, kuisioner, wawancara,  dan dokumentasi. Tenik analisis  data  yang  digunakan pada penelitian ini adalah analisis  pembobotan, Teknik penilaian kriteria kekumuhan, dan analisis deskriptif. Dupak Magersari Kelurahan Jepara merupakan kawasan perumahan dan permukiman di kota  Surabaya. berdasarkan hasil analisis tingkat kekumuhan di Dupak Magersari Kelurahan Jepara dengan hasil jumlah nilai tingkat kekumuhan yaitu 36 maka pada lokasi penelitian termasuk kumuh ringan dengan legalitas lahan yang ada di lokasi penelitian ilegal dan pertimbangan lain yang rendah.

References

A, F. B. (2022). Penanganan Permukiman Kumuh Berdasarkan Tingkat Kekumuhan di Desa Karangasih Kabupaten Bekasi.
Anonim. (n.d.). Kamus Tata Ruang Tahun 1997.
Anonim. (n.d.). Panduan Penyusunan RP2KPKP Berdasarkan Peraturan Pekerjaan Umum dan Perumahan Nomor 2 Tahun 2016 Tentang Peningkatan Kualitas Terhadap Permukiman Kumuh .
Anonim. (n.d.). Peraturan Menteri Rakyat No. 2 Tahun 2016 Umum dan Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh.
Anonim. (n.d.). PermenPUPR No.14 Tahun 2018 dan Draft Teknis Peningkatan Terhadap Perumahan Kumuh dan Permukiman Kumuh Kementrian Pekerja Umum.
Aprillia, D., Heldayani, E., Utomo, B., & Setianto, H. (2022). Faktor - Faktor Penyebab Tumbuhnya Permukiman Kumuh di Kelurahan Tua Kentang Kota Palembang.
Arni, M. (2022). Hubungan Faktor Ekonoi Masyarakat Dengan Keberhasilan Program Kotaku di Kota Jambi.
D, G. P. (2022). Strategi Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman dalam Penanganan Permukiman Kumuh di Kecamatan Singkil Kota Manado . Governance, 1-14.
Daniella, A. S., & Wdyastuti, D. (2019). Kualitas Permukiman dan Karakteristik Sosial Ekonomi di Kecamatan Umbulharjo. Bumi Indonesia.
Dhani, A. R. (2018). Dampak Permukiman Kumuh Terhadap Perekonomian Warga Kelurahan Bojong Pondok Terong Kota Depok.
Faisal, G. (2022). Tipologi Permukiman Kumuh di Indonesia . Arsitektur.
Pabuang, R. (2022). Evaluasi Tingkat Kekumuhan dalam Penanganan Permukiman Kumuh di Morowali Utara .
Published
2023-10-31
How to Cite
Yanti, P., Larasati, D., Prasetyo, K., & Prasetya, S. (2023). Evaluasi Permukiman Kumuh di Sekitar Rel Kereta Api Dupak Magersari Kelurahan Jepara Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 140-148. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55761
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 52
PDF Downloads: 48