Membangun Karakter Integritas Peserta Didik melalui Mata Pelajaran IPS : Studi Kasus SMP Negeri 50 Surabaya

  • Elshinta Agustin Sasmita Timur Universitas Negeri Surabaya
  • Sarmini Sarmini
  • Ketut Prasetyo
  • Kusnul Khotimah
Keywords: karakter integritas, peserta didik, mata pelajaran IPS

Abstract

Pada era globalisasi ini pendidikan mempunyai peran penting dalam membangun karakter generasi muda untuk membentengi diri dari dampak negatif globalisasi, salah satunya pendidikan karakter. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menggali informasi mengenai : 1) strategi guru dalam membangun karakter integritas peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 50 Surabaya melalui perencanaan pembelajaran, 2)  strategi guru dalam membangun karakter integritas peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 50 Surabaya melalui pelaksanaan pembelajaran, 3) strategi guru dalam membangun karakter integritas peserta didik melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 50 Surabaya melalui evaluasi pembelajaran. Dalam penulisan penelitian ini, penulis menggunakan teori perkembangan moral Thomas Lickona yang terdiri dari konsep moral (moral knowing), sikap moral (moral felling), perilaku moral (moral behavior). Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian study kasus untuk mendapatkan data dari sumber data yang relevan. Subjek dari penulisan penelitian ini adalah Guru IPS di SMP Negeri 50 Surabaya, sebanyak 2 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa membangun karakter peserta didik melalui mata pelajaran IPS dilakukan dengan 1. melalui perencanaan pembelajaran, 2. melalui pelaksanaan pembelajaran, dan 3. melalui evaluasi pembelajaran. Melalui perencanaan pembelajaran dilakukan dengan menuliskan nilai karakter integritas kedalam RPP, yakni pada tujuan (capaian) pembelajaran serta muatan karakter yang terkandung dalam kegiatan pembelajaran; melalui pelaksanaan pembelajaran karakter integritas dibangun dengan metode diskusi presentasi dan role playing, dengan media pembelajaran power point dan media pendukung dalam bermain peran (role playing), dengan sumber belajar berupa buku siswa dan sumber belajar elektronik, dengan asesmen sumatif dan formatif; serta melalui evaluasi ranah kognitif,afektif, dan psikomotorik.

References

Hunaepi, dkk (2014). Model Pembelajaran Langsung Teori dan Praktik. Mataram : Duta Pustaka Ilmu.
Suwardani, Ni Putu (2020). “Quo Vadis” Pendidikan Karakter dalam Merajut Harapan Bangsa yang Bermartabat. Denpasar : UNHI Press.
Republik Indonesia (2022). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan
Kemenristekdikti (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024
Kementrian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum. (2010) Bahan Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya Untuk Membentuk Daya Saing Dan Karakter Bangsa. Pengembangan Pendidikan dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.
Permendikbud. (2022). Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Renata, dkk. (2017). Perbincangan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang : 25 November 2017. Hal. 326.
Renata, dkk. (2017). Perbincangan Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. Palembang : 25 November 2017. Hal. 326.
Mulyadi, Budi (2014). Model Pendidikan Karakter dalam Masyarakat Jepang. Jurnal IZUMI, Volume 3, No 1, 2014, hlm. 69-80.
Sa’adah, Miftahus .(2019). Studi komparatif reformasi pendidikan di Singapura dan Indonesia. Jurnal Pembangunan dan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Volume 7, No. 1, Juni 2019. Hal. 70-79
Kemendikbud RI (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pramono, Dede Heri, dkk. (2018). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Dan Kurikulum 2013 Pada Materi Bahasa Indonesia Tingkat SMP dan SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume 1 Nomor 2, Maret 2018. Hal. 149-156
Kemendikbud RI (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Kemendikbud RI (2018). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal.
Syafi’i, F. (2022). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. Prosinding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Safitri, Andriani (2022). Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila: Sebuah Orientasi Baru Pendidikan dalam Meningkatkan Karakter Siswa Indonesia. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 7076 – 7086.
Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta : Samudra Biru.
Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis. (2018). Konsep Dasar IPS. Yogyakarta : Samudra Biru.
Dewi, Isna Sofia, dkk. (2021). The Implementation of Student Discipline Through School Rules. Indonesian Values and Character Education Journal (IVCEJ), Vol.4 No. 2.
Hidayat, Mupid, dkk (2022). Character education in Indonesia: How is it internalized and implemented in virtual learning?. Cakrawala Pendidikan : Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 41 No. 1. Hal. 186 – 198.
Riski Ananda, Sri dkk (2022). Internalisasi Sikap Hormat Dan Tanggung Jawab Melalui Kisah Hikmah Serta Keteladanan Guru Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Menengah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) Vol 7, No 1 (2022): Volume 7 Number 1 Januari 2022 . Publisher : STKIP Singkawang
Nur Rohaeni Fuadi, Rufus Goang Swaradesy (2022). Strategi Coping Dalam Film “Free Guy” Untuk Pengembangan Karakter Diri. WASKITA: Jurnal Pendidikan Nilai dan Pembangunan Karakter Vol.6 No.1.
Haidir dan Salim (2014). Strategi Pembelajaran (Suatu Pendekatan Bagaimana Meningkatkan Kegiatan Belajar Siswa Secara Transformatif. Medan : Perdana Publishing.
Djamarah, Zain Aswan. (2016). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta..
Mulyadi dan Kanaka Purwadireja. 2002. Auditing. Edisi Kelima. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Husen Hasan Basri, dkk. (2019). Indeks Integritas Siswa SMA dan MA. Jakarta : Litbangdiklat Press
Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter ”Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan”. Jakarta : Kencana.
Sirajuddin Saleh, (2017). Analisis Data Kualitatif. Makassar : Pustaka Ramadhan.
Wahyudin Nur Nasution, (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan Dan Prosedur. Jurnal Ittihad, Vol. I, No.2, hal. 185-195.
Senjaya. W. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2023-05-31
How to Cite
Sasmita Timur, E., Sarmini, S., Prasetyo, K., & Khotimah, K. (2023). Membangun Karakter Integritas Peserta Didik melalui Mata Pelajaran IPS : Studi Kasus SMP Negeri 50 Surabaya. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(1), 87-101. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52349
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 223