Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pemeliharaan Lingkungan di Waduk Long Storage Kalimati

  • Marisa Dwi Nur Cahyani Universitas Negeri Surabaya
  • Ketut Prasetyo Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Sukma Perdana Prasetya Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pengetahuan, Sikap, Perilaku, Pemeliharaan Lingkungan

Abstract

Pemeliharaan lingkungan merupakan upaya pengelolaan yang dipahami menjadi usaha untuk menjaga, memelihara, dan melestarikan lingkungan guna memenuhi kebutuhan dengan sebaiknya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat sekitar terhadap pemeliharaan lingkungan yang ada di Waduk Long Storage Kalimati. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif.  Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa tes, kuesioner, dan dokumentasi dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dengan jumlah sampel yaitu 87 responden dan teknik analisis data penelitian ini menggunakan perhitungan SPSS 21 dan Excel. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan masyarakat terhadap pemeliharaan lingkungan di Waduk Long Storage Kalimati tergolong sedang (71,3%), sikap masyarakat terhadap pemeliharaan lingkungan di Waduk Long Storage Kalimati tergolong sedang atau cukup baik (63,22%), dan perilaku masyarakat terhadap pemeliharaan lingkungan di Waduk Long Storage Kalimati tergolong kategori sedang (68%). Berdasarkan Uji Statistika menggunakan uji regresi linear berganda dapat diketahui bahwa Ha diterima karena adanya hubungan kedua variabel yang kuat. Sehingga variabel pengetahuan, sikap, dan perilaku memiliki pengaruh yang positif terhadap pemeliharaan lingkungan.

 

References

Andriyanto, A. M. (2022). Relasi Magis, Agama, dan Pengetahuan dengan Sistem Kepercayaan . Tradisional pada Long Storage Kalimati, 63.
As’ar, R. (2018). Pengetahuan dan Sikap Masyarakat Dalam Melestarikan Lingkungan Hubungannya dengan Perilaku Menjaga Kelestarian Kawasan Bukit Sepuluh Ribu di Kota Tasikmalaya. Jurnal GeoEco, 9-18.
Astina, N., Fauzan, A., & Rahman, E. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM MEMBUANG SAMPAH RUMAH TANGGA KE SUNGAIDI DESA PAMARANGAN KANAN KABUPATEN TABALONG TAHUN 2019. MTPH Journal, 181-190.
Bonita Simarmata, A. H. (n.d.). Hubungan Tingkat Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Sikap Pedulu Lingkungan Siswa. JURNAL PELITA PENDIDIKAN, 2014-210.
Darmawan, S. D. (2016). Hubungan Antara Pengetahuan Dan Sikap Pelestarian Lingkungan Dengan Perilaku Wisatawan Dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan. Jurnal Geografi, Volume 1 Nomor 1.
Jayakusuma, Z. (2015). PERANAN AUDIT LINGKUNGAN DALAM PENCEGAHAN PENCEMARAN DAN/ATAU KERUSAKAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK MEWUJUDKAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN. Al' Adl, 101-102.
Lian, O. (2018). Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Jamban Keluarga. Pendidikan Islam IAIN Sultan Amai Gorontalo.
Poety, J. M. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Membuang Sampah Pada Siswa SMP Sriwedari Malang. Nursing News, 32-52.
Putro, S. (2021). Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Masyarakat Dalam Pemeliharaan Sanitasi Lingkungan di Kelurahan Bandarharjo. Edu Geography 9.
Setyowati, R. (2012). Pengetahuan dan Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Plastik. 562-566.
Soemarwoto, O. (2009). Atur Diri Sendiri Paradigma Baru Pengelolaan Lingkungan Hidup. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Taufiq, A. (2014). Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat Di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Gea, Volume 14 no 2.
Published
2023-10-31
How to Cite
Cahyani, M., Prasetyo, K., Prasetya, S., Prasetya, S., & Marzuqi, M. (2023). Pengaruh Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Masyarakat Terhadap Pemeliharaan Lingkungan di Waduk Long Storage Kalimati. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 107-117. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55566
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 64
PDF Downloads: 28