Pengembangan Media Pop-up Book dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di UPT SMPN 9 Gresik

  • Risdyah Khurum Maghsyuroh Universitas Negeri Surabaya
  • Wiwik Sri Utami Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: penelitian dan pengembangan, ADDIE, Media Pembelajaran, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan produk yakni media pop-up book pada materi Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan kelas VIII di UPT SMPN 9 Gresik, Mengetahui respon siswa pada produk berupa media pop-up book dalam materi Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan di kelas VIII UPT SMPN 9 Gresik, serta menganalisis keefektifan media Pop-up Book untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII UPT SMPN 9 Gresik. Jenis penelitian ini yakni penelitian dan pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analyze, Desain,Development Implementation, Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Kelayakan media pembelajaran pop_up book untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada materi “Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan” divalidasi oleh oleh Dosen IPS ahli materi mencapai skor dengan presentase 97,5% dan  ahli media juga 97,5% sehingga masuk dalam kategori layak digunakan. Hasil respon peserta didik memperoleh nilai presentase sebesar 95%, hal tersebut masuk dalam kategori “sangat baik”. Oleh karena itu, hasil respon peserta didik terhadap media pop_up book menunjukkan nilai yang positif. Serta efektifitas media pop_up book terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik dapat dilihat melalui hasil soal preetest dan posttest. Hasil preetest dan posttest menunjukkan bahwa nilai uji paired sample t-test mendapatkan nilai signifikansi 0,000 >0,05 hal tersebut memperlihatkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa setelah belajar dengan pop_up book.

References

Afriyanto, F.X.D. 2022. Pengembangan Media Pembelajaran Pop_up Book untuk Menumbuhkan Minat Belajar Pada Materi Jenis Usaha Ekonomi dalam Subtema 2 Untuk Siswa Kelas V SD. Universitas Sanata Dharma.
Alvita, & Airlanda Septian, G. (2021). Pengembangan Flashcard untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Permulaan pada Siswa Kelas 1 Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu,5,57125721. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1686
Desta setyawan, U. H. M. (2014). Penerapan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara. Jurnal Didaktika Dwija Indria (SOLO), 2(11).
Direktoral Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional.2011. Rambu-rambu Pelaksanaan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). https://123dok.com/document/zpd3r1rz-sertifikasi-jabatan-tahun-rambu-pelaksanaan-pendidikan-latihan-profesi.html Diakses pada 07:22
Khoirotun, A., Fianto, A. Y. A., & Riqqoh, A. K. (2014). Perancangan buku pop-up museum Sangiran sebagai media pembelajaran tentang peninggalan sejarah. Jurnal Desain Komunikasi Visual, 2(1), 134–141. Retrieved from http://jurnal.stikom.edu/index.php/ArtNouveau/article/view/385.
Liana,Cik (2019) Pengembangan Media Pop_up Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas III di MIN Bandar Lampung ( Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung
Makhmudah,T.A.S (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop_up Book Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas VIII MTs Negeri 1 Mojokertoi (Doctoral dissertation,Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Mawarni, E., Mulyani, B., & Yamtinah, S. (2014). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi
Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas Xi Ipa 4 Sman 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(1), 29–37.
Masturah, E. D., Mahadewi, L. P. P., & Simamora, A. H. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book pada Mata Pelajaran IPA Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 6(2), 212–221
Mulyatiningsih, E. 2011. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta:Alfabeta
Oktaviarini, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran POP UP BOOK Pada Mata Pelajaran IPS Tema Pahlawanku Siswa Kelas IV SDN 87 Palembang. Jurnal PENA SD Volume 03 Nomor 02, 53.
Shita, anggit., & Dkk. (2013). PENGEMBANGAN MEDIA Pembelajaran Buku Pop-Up Wayang Tokoh Pandhawa Pada Mata Pelajaran Bahasa JawaKelas V SD. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1–16.
Trimanda, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran pop-up book pada pata pelajaran IPS untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Palang Kabupaten Tuban (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim)
Published
2023-12-26
How to Cite
Maghsyuroh, R., Utami, W., Suprijono, A., & Marzuqi, M. (2023). Pengembangan Media Pop-up Book dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di UPT SMPN 9 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 11 - 23. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56498
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 8