Pengaruh Pembelajaran Transformatif Berbasis Pendekatan Kognitif Rasional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo

Authors

  • Moh Lukman Khakim Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Ilmu Pengetahuan Sosial, Pembelajaran Transformatif, Berpikir Kritis

Abstract

Penelitian skripsi ini berangkat dikarenakan adanya problematika dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang masih menggunakan metode kuno secara teacher center dan ceramah sehingga pembelajarannya membosankan dan kurang diminati. Hal ini menyebabkan peserta didik mengalami stagnasi dan tidak dapat mengalami perubahan dalam kemampuan berpikir secara kritis. Sekolah SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tidak diutamakan sebab lebih memfokuskan terhadap pembelajaran bahasa asing sehingga hal ini kurang optimal bagi peserta didik untuk berpikir secara kritis. Pembelajaran transformatif berbasis kognitif rasional mengkonseptualisasikan untuk mendorong, memberikan pemahaman peserta didik agar dapat berpikir secara kritis. Dalam penelitian ini merumuskan masalah yakni apakah terdapat pengaruh pembelajaran transformatif berbasis pendekatan kognitif rasional terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IX SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo?. Pendekatan dalam penelitian ini yaitu secara kuantitatif menggunakan metode quasi eksperimen desain non-equivalent control grup. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas IX di SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan diperoleh kelas IX - B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX - C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Instrumen penelitian yaitu menggunakan lembar soal tes dan angket. Pengujian instrument penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa proses penerapan pembelajaran transformatif berbasis kognitif rasioanal berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andi Setiawan, M. P. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.

Fitriana, E., & Ridlwan, M. K. (2021). Pembelajaran transformatif berbasis literasi dan numerasi di sekolah dasar. TRIHAYU: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 8(1).

Falaq, Y., Putri, N. A., Sholeh, M., & Utomo, C. B. (2022). Teori Pembelajaran Transformatif Pada Pendidikan IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 7(2), 90-97

Sutarto, S. (2017). Teori kognitif dan implikasinya dalam pembelajaran. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(2), 1-26.

Hadi, M. L. (2015). Penerapan Pendekatan Rasional Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ranah Kognitif Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah Pakem.

Sudira, P. (2014). Life-based Learning dalam Pendidikan Teknologi dan Vokasional. Artikel Ilmiah, 1-10.

Permana, E. P. (2018). Pengaruh Media Sosial sebagai Sumber Belajar IPS Terhadap Motivasi Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 54-59.

Nuriyah, S. (2023). Penggunaan Metode Problem Solving dalam Meningkatkan Berfikir Kritis pada Pelajaran IPS. Jurnal Pembelajaran dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 146-148.

Rosmilawati, I. (2017, May). Konsep pengalaman belajar dalam perspektif transformatif: Antara Mezirow dan Freire. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 1, No. 2).

Masgumelar, N. K., & Mustafa, P. S. (2021). Teori belajar konstruktivisme dan implikasinya dalam pendidikan dan pembelajaran. GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49-57.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa SMP (Doctoral dissertation, State University of Malang).

Jiwangga, A. A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2023). Pengaruh Strategi Thematic Life Based Learning dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 1356-1366.

Fadjarajani, S., Indrianeu, T., Haekal, T. M., Purnama, Y. I., Abdullah, G., Saleh, M., ... & Rahmat, A. (2020). Media Pembelajaran Transformatif. Gorontalo: Ideas Publishing.

Anjayani, G. F. (2021). PENGARUH ANALISIS SELF-CONCEPT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMPN 29 BANDUNG (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Legi, H., Riwu, M., & Hermanugerah, P. (2023). Pembelajaran Transformatif Kurikulum Merdeka Di Era Digital. Journal Education Innovation (JEI), 1(1), 60-68.

Zabidi, M. N., Prasetyo, K., Hari, N., & Nasution, N. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Karya Wisata Virtual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPS Pada Siswa Kelas VIII SMP. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 7(3), 725-736.

Downloads

Published

2025-05-11

How to Cite

Khakim, M. L., Suprijono, A., Khotimah, K., & Imron, A. (2025). Pengaruh Pembelajaran Transformatif Berbasis Pendekatan Kognitif Rasional Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX SMP Sepuluh Nopember Sidoarjo. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 5(1), 83–97. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/65354

Issue

Section

ARTIKEL
Abstract views: 70 , PDF Downloads: 36

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 > >>