Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir Induktif (Thinking Inductively) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS

  • Andika Supriadi Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
  • Muhammad Ilyas Marzuqi Universitas Negeri Surabaya
Keywords: berpikir induktif, Thinking Inductvely, berpikir kritis, IPS

Abstract

Pendidikan merupakan sebuah kunci dari kehidupan, pendidikan menjadi sektor vital demi memajukan sebuah negara, negara yang maju dapat dinilai dari tingkat kependidikan dari bangsanya. Era pendidikan tak luput dari berjalannya waktu demi waktu, terlebih di era globalisasi saat ini berbagai kompetensi diperlukan demi memenuhi kebutuhan dalam kehidupan nyata, salah satu kompetensi yakni 4C, (Critical Thinking, Creative Thinking, Collaboration, and Communication). Sehingga dalam kebutuhannya, sektor pendidikan menjadi peran penting dalam memenuhi keterampilan yang dimiliki oleh para peserta didik guna memenuhi kebutuhan di dalam kehidupan setelah sekolah. Sehingga dalam pengelolaan model pembelajaran guru dituntut untuk dapat berinovasi dan berkreativitas dalam mengembangkan model pembelajaran Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Quasi Eksperimental Design dengan model Non-equivalent Control Group Design. Dengan menggunakan sampel Peserta Didik kelas VIII E dan F SMP Muhammadiyah 2 Taman. Yang mana kelas VIII-F sebagai kelas eksperimen dan VIII-E sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang peneliti gunakan adalah nonprobability sampling yang berjenis cluster sampling purposive dengan pertimbangan tertentu. Berdasarkan pada uji hipotesis yang telah dilakukan penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran berpikir induktif (Thinking Inductively) terhadap kemampuan berpikir kritis pada peserta didik berdasarkan pada uji Mann Whitney.  Dari hasil uji Mann Whitney didapatkan nilai Sig. 0,000 sehingga Ha dapat diterima. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berpikir induktif berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kirtis pada peserta didik

References

Arwira, T. M., Ramadhani, A., & Nasution, F. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar.
Donnelly Robin, & Anthonny Patrinos Harry. (2021). Learning Loss During Covid-19: An Early Systematic review.
Eggen, P. I. K. D. (2012). Strategi dan model pembelajaran: mengajarkan konten dan keterampilan berpikir . Indeks.
Farida, I. (2015). Profil Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Koloid yang Dikembangkan Melalui Pembelajaran Inkuiri Argumentatif. edusains, 6(1).
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores. AREA-D American education research association’s devision. D.
Hamzah B.Uno. (2009). model pembelajaran : menciptakan proses belajar mengajar yang kreatif dan efektif. Bumi Aksara.
Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran; Isu-isu Metodis dan Paradigmatis. Pustaka Pustaka .
Prawiro, M. (2019). Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya.
Sadieda, L. U. (2019). Kemampuan Argumentasi Mahasiswa Melalui Model Berpikir Induktif Dengan Metode Probing-Prompting Learning. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(1), 23–32.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,kualitatif da R&D. ALFABETA.
Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(1).
Suprihatiningrum, J. (2018). Guru Profesional: Pedoman Kinerja. Kualitas, & Kompetensi Guru,. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2014), Hal. 17, 51(1).
Suprijono, A. (2016). Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Pustaka Pelajar.
Susanto, I., Ndruru, P., & Simanjuntak, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berpikir Induktif Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Parulian 1 Medan. Jurnal Penelitian Fisikawan, 3.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran terpadu, Strategi dan Imlenetassinya dalam kuikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyu Utami, F., Perdana Prasetya, S., Bayu Segara, N., & Galih Setyawan, K. (2022). Pengaruh Penerapan Isu-Isu Global dalam Pembelajaran IPS Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis (Vol. 2, Issue 2).
Published
2023-10-31
How to Cite
Supriadi, A., Suprijono, A., Imron, A., & Marzuqi, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berpikir Induktif (Thinking Inductively) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 248-256. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56197
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 59
PDF Downloads: 33