STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.56361Keywords:
P5, Perencanaan, Pelaksanaan, HasilAbstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi dari pelaksanaan P5 di UPT SMPN 2 Gresik pada tema kewirausahaan dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kelas VII-D menjadi sasaran sampel penelitian ini dengan total peserta didiknya sebesar 32 anak. Berdasarkan hasil temuan peneliti, perencanaan terdiri dari pembentukan tim fasilitator; mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan; menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu; menyusun modul; dan merancang pelaporan proyek. Dan pelaksanaan dilakukan dengan 12 kali pertemuan dengan alur aktivitas menginspirasi, menciptakan, dan mendedikasikan. Dan hasil penelitian ini, pada sub elemen kerja sama sebanyak 13 peserta didik termasuk sangat berkembang, 13 lainnya masuk pada berkembang sesuai harapan, dan 6 lainnya masuk pada mulai berkembang. Pada sub elemen kordinasi sosial, semua masuk pada kategori berkembang sesuai harapan. Sub elemen mengajukan pertanyaan ada 26 peserta didik masuk pada kategori berkembang sesuai harapan dan 6 lainnya termasuk mulai berkembang. Dan pada sub elemen mengolah informasi, 19 peserta didik masuk pada berkembang sesuai harapan dan 13 lainnya masuk pada sangat berkembang. Dalam sub elemen gagasan dan karya orisinil mendapatkan 25 peserta didik yang masuk kategori berkembang sesuai harapan dan 7 lainnya masuk pada mulai berkembang. Dan pada sub elemen berpikiran luwes dalam mencari solusi sebanyak 13 orang masuk pada kategori mulai berkembang, 13 orang berkembang sesuai harapan, dan 6 sisanya masuk pada sangat berkembang. Bisa diambil kesimpulan bahwa penanaman karakter profil pelajar pancasila di UPT SMPN 2 Gresik sudah terwujud melalui P5 tema kewirausahaan.