STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS VII

  • Luthfiyatul Khasanah Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Ali Imron Universitas Negeri Surabaya
Keywords: P5, Perencanaan, Pelaksanaan, Hasil

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi dari pelaksanaan P5 di UPT SMPN 2 Gresik pada tema kewirausahaan dari perencanaan, pelaksanaan, hingga hasilnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kelas VII-D menjadi sasaran sampel penelitian ini dengan total peserta didiknya sebesar 32 anak. Berdasarkan hasil temuan peneliti, perencanaan terdiri dari pembentukan tim fasilitator; mengidentifikasi kesiapan satuan pendidikan; menentukan dimensi, tema dan alokasi waktu; menyusun modul; dan merancang pelaporan proyek. Dan pelaksanaan dilakukan dengan 12 kali pertemuan dengan alur aktivitas menginspirasi, menciptakan, dan mendedikasikan. Dan hasil penelitian ini, pada sub elemen kerja sama sebanyak 13 peserta didik termasuk sangat berkembang, 13 lainnya masuk pada berkembang sesuai harapan, dan 6 lainnya masuk pada mulai berkembang. Pada sub elemen kordinasi sosial, semua masuk pada kategori berkembang sesuai harapan. Sub elemen mengajukan pertanyaan ada 26 peserta didik masuk pada kategori berkembang sesuai harapan dan 6 lainnya termasuk mulai berkembang. Dan pada sub elemen mengolah informasi, 19 peserta didik masuk pada berkembang sesuai harapan dan 13 lainnya masuk pada sangat berkembang. Dalam sub elemen gagasan dan karya orisinil mendapatkan 25 peserta didik yang masuk kategori berkembang sesuai harapan dan 7 lainnya masuk pada mulai berkembang. Dan pada sub elemen berpikiran luwes dalam mencari solusi sebanyak 13 orang masuk pada kategori mulai berkembang, 13 orang berkembang sesuai harapan, dan 6 sisanya masuk pada sangat berkembang. Bisa diambil kesimpulan bahwa penanaman karakter profil pelajar pancasila di UPT SMPN 2 Gresik sudah terwujud melalui P5 tema kewirausahaan.

References

Cahaya, C. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DI ERA DIGITAL. Jurnal Bilqolam Pendidikan Islam, 3(2), 1–20.
Dewantara, J. A., & Juliansyah, N. (2023). Identitas Nasional: Kontribusi Program P5 dalam Kurikulum Baru Guna Membangun Rasa Nasionalisme di SMP Negeri 16 Pontianak. Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), 1-18.
Febriana, R. (2021). Evaluasi pembelajaran. Bumi Aksara.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238.
Kemdikbud. (2023). Kurikulum Merdeka: Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/
Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20–26.
Mery, M., Martono, M., Halidjah, S., & Hartoyo, A. (2022). Sinergi Peserta Didik dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Basicedu, 6(5), 7840–7849.
Murtadlo, M. (2021). Indeks Karakter Siswa Menurun: Refleksi Pembelajaran masa Pandemi. https://balitbangdiklat.kemenag.go.id/berita/indeks-karakter-siswa-menurun-refleksi-pembelajaran-masa-pandemi
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911–7915.
Rahayuningsih, F. (2021). Internalisasi filosofi pendidikan ki hajar dewantara dalam mewujudkan profil pelajar pancasila. SOCIAL: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 1(3), 177–187.
Sanawiri, B., & Iqbal, M. (2018). Kewirausahaan. Universitas Brawijaya Press.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Suci, Y. T. (2018). Menelaah Teori Vygotsky dan interdepedensi sosial sebagai landasan teori dalam pelaksanaan pembelajaran kooperatif di sekolah dasar. Naturalistic: Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 231-239.
Suprijono, A. (2020). Cooperative Learning. PUSTAKA PELAJAR.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2).
Published
2023-10-31
How to Cite
Khasanah, L., Khotimah, K., Suprijono, A., & Imron, A. (2023). STUDI DESKRIPTIF PELAKSANAAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA TEMA KEWIRAUSAHAAN PADA KELAS VII. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 257-267. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/56361
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 107
PDF Downloads: 192