KELAYAKAN E-LKPD BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i2.53209Keywords:
Kata kunci: Kearifan lokal, E-LKPD, dan Pembelajaran IPS.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan E-LKPD berbasis kearifan lokal pada mata pelajaran IPS materi pengaruh interaksi sosial terhadap kehidupan sosial budaya dalam pembelajaran IPS. Pembelajaran diperlukan menggunakan bahan ajar sebagai pendamping peserta didik dalam meningkatkan kemampuan berpikir. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi. Subjek penelitian berupa tokoh masyarakat, pelaku tradisi nyadran, dan peserta didik kelas VIII. Adapun teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yang berarti proses pengambilan data menggunakan pertimbangan tertentu.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai kearaifan lokal yang terdapat pada tradisi nyadran diantaranya nilai gotong royong, kekeluargaan, disiplin, musyawarah, toleransi, dan nilai rasa syukur. Adanya nilai-nilai kearifan lokal dapat menjadi alternatif sumber belajar IPS dengan mengaitkan kebudayaan lokal. Pada kemampuan internalisasi nilai kearifan lokal pada peserta didik melalui bahan ajar elektronik salah satunya menggunakan E-LKPD berbasis kearifan lokal. Melaui E-LKPD tersebut membuat peserta didik dapat memahami budaya lokal. Pada penilaian validasi ahli materi mengalamai penguatan dilihat dari kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk diterapkan ke dalam pembelajaran IPS.Melaui E-LKPD tersebut membuat peserta didik dapat memahami budaya lokal. Pada penilaian validasi ahli materi mengalamai penguatan dilihat dari kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk diterapkan ke dalam pembelajaran IPS. Melaui E-LKPD tersebut membuat peserta didik dapat memahami budaya lokal. Pada penilaian validasi ahli materi mengalamai penguatan dilihat dari kesimpulan bahwa E-LKPD berbasis kearifan lokal dapat digunakan untuk diterapkan ke dalam pembelajaran IPS.
Downloads
References
Aisyah, S., Noviayanti, E., & Triyanto. (2020). Bahan Ajar sebagai Bagian dalam Kajian Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia . Jurnal Salaka, 2(1),62-65.
Alfiyanti, N., & Lestari, P. (2022). Analisis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Masyarakat Kandri Kecamatan Gunungpati Sebagai Alternatif Sumber Belajar IPS di SMP Negeri 22 Semarang. Jurnal Sosiolium, 4(1).
Ani, N. I., & Lazulva. (2020). Desain dan Uji COba LKPD Interaktif dengan Pendekatan Scaffolding pada MAteri Hidrolisis Garam. Journal of Nature Science and Integration, 3(6), 3500-3508.
Ariyanti, R., Restian, A., & Mukhlishina, I. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Kearifan Lokal Kecamatan Lawang-Malang Pada Siswa Kelas 5 SD. Penelitian Pendidikan Dasar, 7(1), 1-12.
Astuti, A. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011-1024.
Hasan, M., Syiah, U., Banda, K., & Statis, F. (2019). Problem Based Learning Pada Materi Fluida Statis. Edusains: Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 7(1), 28-34.
Heru, H., & Yuliani, R.E. (2020). Pelatihan Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Blended Learning bagi Guru SMP/MTs Muhammadiyah Palembang. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 35-44.
Jati, M. I. (2022). Nilai-nilai Kearifan Lokal Tradisi Nyadran Sebagai Sumber Belajar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial , 246-258.
Kalifah, N. R. D., & Nugraheni, S. A. (2021). Pengembangan LKPD Tematik Berbasis Kearifan Lokal Lampung Selatan Tema Indahnya Keberagaman Kelas IV. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar , 8(1), 27-36.
Khadijah, S., Fajriah, N., & Budiarti, I. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Etnomatematika Melalui Kerajinan Anyaman pada Materi Lingkaran. Journal of Mathematics Science and Computer Education, 2(2), 73-83.
Kemendiknas. (2010). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kemendiknas.
NF. I. A., Roesminingsih, M. V., & Yani, M. T. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8153-8162.
Prasasti, S. (2020). Konseling Indigenous: Menggali Nilai-Nilai Kearifan Lokal Tradisi Sedekah Bumi dalam Budaya Jawa. Cendekia: Journal of Education and Teaching, 14(2).
Purwasih, R., Rahimullaily, R., & Suryani, A. I. (2021). Blanded Learning Model in Improving 4C Abilities of Information System Students. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4), 742-753.
Rahmatin, J. A., Juliana, D., Hikmawati, H., & Rokhmat, J. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Konteks Kearifan Lokal Pada Pembelajaran Fisika. Journal of Education, Science, Geology, and Geophysics (GeoScienceEdu), 3(2), 16-22.
Rofiqoh, L., & Suherman, A. (2019). Peran Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pembentukan Karakter Pluralis Siswa. Jurnal Edueksos, 14-25.
Sugioyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: Alfabeta.
Sholehah, F., Sunarto, S., & Gazali, M. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Kontekstual Menggunakan Liveworksheets pada Materi Aritmetika Sosial Kelas VII SMP Ahmad Dahlan Kota Jambi (Doctoral dissertation, UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi).
Widiyanti, T., & Nisa, A. F. (2021). Pengembangan E-LKPD Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 1269-1283.