Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Perubahan Sosial Sebagai Bahan Ajar Pendukung Mata Pelajaran IPS Kelas IX UPT SMPN 27 Gresik

  • Laora Monikasari Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati Universitas Negeri Surabaya
  • Kusnul Khotimah
  • Ali Imron
Keywords: Bahan ajar pendukung, Plomp, Perubahan Sosial, Kelas IX

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang ditemukan pada saat melakukan observasi selama pelaksanaan program PLP di UPT SMPN 27 Gresik, peserta didik mengalami kesulitan memahami materi pembelajaran IPS pada materi perubahan sosial kelas IX. Hal tersebut disebabkan karena kekurangan bahan pendukung yang digunakan selama pembelajaran. Di sisi lain, pemanfaatan teknologi yang kurang optimal juga menyebabkan guru belum bisa mengembangkan bahan pendukung pendukung sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-LKPD berbasis Liveworksheet pada materi perubahan sosial mata pelajaran IPS peserta didik kelas IX UPT SMPN 27 Gresik sehingga dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran pendukung selama pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap pendahuluan, tahap perancangan produk dan tahap penilaian. Untuk mengetahui kelayakan E-LKPD berbasis Liveworksheet, gunakan teknik pengumpulan data melalui lembar validasi ahli media dan ahli materi. Untuk melakukan uji kepraktisan produk dilakukan melalui lembar keterlaksanaan. Presentase kelayakan produk pengembangan oleh ahli media dan ahli materi memperoleh total skor rata-rata sebesar 94,65%. Hasil uji coba produk melalui uji coba terbatas menggunakan satu kelas yaitu kelas IX-C memperoleh hasil kepraktisan sebesar 96%.

References

Amalia, I., & dkk. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis Liveworksheet Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8153-8162.
Arianatasari, & dkk. (2019). Penerapan Desain Model Pengembangan PLOMP Pada Pengembangan Buku Teks Berbasis Guided Inquiry. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Asri, A. S., & Kusumawati , D. (2022). Validitas E-Modul Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Untuk Melatih Kecerdasan Visual Spasial Pada Materi Ikatan Kovalen . Jurnal Of Science Education, 465-473.
Danis, Amir, & Panggabean, N. H. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains.
Fitriani, Hidayah, I. S., & Nurfauziah, P. (2021). Liveworksheet Realistic Mathematics Education Berbantuan Geogebra Meningkatkan Abstraksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Segiempat. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 37-50.
Hariyati, D. P. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V . Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1473-1483.
Kosasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. PT. Bumi Aksara.
Magdalena, I. (2020). Analisis Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 311-326.
Mispa, R. (2022). Penggunaan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Konsep Protista Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMAN 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1-12.
Naibaho, D. (2018). Peranan Guru Sebagai Fasilitator Dalam Perkembangan Peserta Didik. Jurnal Christian Humaniora, 77-86.
Rijal, A. (2022). Mengembangkan E-Learning Mata Kuliah Pembelajaran Matematika SD Berbasis Aplikasi Moodle Program Studi PGSD. Syiah Kuala University Press.
Salsabila, Nurulita , L., Mahrudin, & Amalia, R. (2023). Validitas Booklet Keanekaragaman Jenis Semak di Kawasan Mangrove Desa Pagatan Besar. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1-8.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.
Susanto, A. (2016). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenada Media Grup.
UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Indonesia.
Published
2023-08-31
How to Cite
Monikasari, L., Larasati, D., Khotimah, K., & Imron, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Perubahan Sosial Sebagai Bahan Ajar Pendukung Mata Pelajaran IPS Kelas IX UPT SMPN 27 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(2), 1-9. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/52771
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 100
PDF Downloads: 93