Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 31 Gresik

  • Izza Hafia Tamama Universitas Negeri Surabaya
  • Dian Ayu Larasati
  • Muhammad Ilyas Marzuqi
  • Nuansa Bayu Segara
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik, Pembelajaran IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam terkait penerapan pembelajaran berdiferensiasi dan upayanya terhadap perkembangan kemampuan kolaborasi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dan jenis pendekatan deskriptif. Subjek penelitian atau informan adalah seluruh peserta didik kelas VIII B
UPT SMP Negeri 31 Gresik. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS sebagai upaya pengembangan kemampuan keterampilan kolaborasi peserta didik VIII B UPT SMP Negeri 31 Gresik ini memiliki peran serta dalam mengembangkan keterampilan kolaborasi peserta didik. Didukung hasil penelitian yang menunjukkan perkembangan dari pertemuan pertama hingga pertemuan kedua. Diperoleh bahwa lebih dari setengahnya jumlah peserta didik masuk dalam kategori kolaboratif, kemudian kurang dari setengahnya jumlah peserta didik masuk dalam kategori sangat kolaboratif, dan sebagian kecil peserta didik masuk dalam kategori cukup kolaboratif. Perkembangan yang sangat terlihat yaitu ketika perbaikan dalam interaksi dan kolaborasi antar peserta
didik pada saat pembelajaran yang menggambarkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi memberikan dampak positif secara langsung terhadap pengembangan keterampilan sosialnya juga.

References

Apriono, D. (2013). Pembelajaran Kolaboratif: Suatu Landasan Untuk Membangun Kebersamaan
Dan Keterampilan. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 292-304.
Faiz, A., & dkk. (2022). Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Program Guru Penggerak Pada Modul
2.1 . Basicedu 6(2), 2846-2853.
Fitriyah, & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan
Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 67-73.
Grenstein, L. (2012). Assesing 21st century skills: a guide to evaluating mastery and authentic learning.
California: Corwin.
Handini, O., & Soekirno, s. (2017). Penerapan Model Pembelajaran kolaborasi dengan teknik "five
e" Untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawasan Global. Reasearch Fair Unisri, 73-82.
Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Siswa dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran
Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 175-182.
J. Moleong, L. (2018). Metode Penulisan Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Khanal, L., Giri, J., Shan, S., Koirala, S., & Rimal, J. (2019). Influence og Learning-Style Preference
in Academic Performance in the Subject of Human Anatomy: An Institution-Based Study
among Preclinical Medical Students. Advances in Medical Education and Practice, 10, 343-355.
https://doi.org/10.2147/AMEP.S198878
Lelasari, M., Setyosari, P., & Ulfa, S. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam
Mendukung Keterampilan Kolaborasi Siswa. In Prosiding Tep & Pds Transformasi Pendidikan
Abad 21, 167-172.
Marlina. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Inklusif. Jurnal Pembelajaran dan Pendidik,
1-58.
Masic, A., Polz, E., & Becirovic, S. (2020). The Relationship between Learning-Styles, GPA,
School Level and Gender. European Researcher, 11(1), 51-60.
https://doi.org/10.13187/er.2020.1.51
Muiz, A., Wilujeng, i., Jumadi, & Senam. (2016). Implementasi model susan loucjs-horsley terhadap
communication and collaboration peserta didik SMP. Unnes Science Education Journal, 1079-
1084.
Nurhayati, E. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media
Game Edukasi Quiziz Pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Pedagogi, 145.
Nurzaki, A. (2019). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP
Negeri 23 Pekanbaru. Cakrawala Ilmiah, 9-25.
Purwaaktari, E. (2015). Pengaruh Model Collaborative Learning Terhadap Kemampuan
Pemecahan Masalah Matematika dan Sikap Sosial Siswa Kelas V SD Jarakan Sewon Bantul.
Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 95-111.
Purwanto. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdaya.
Rosadi T., Basuki, S., & Mashud. (2023). Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa melalui
Aktivitas Kebugaran Jasmani Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) SMA
Negeri 3 Banjarbaru. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi, 106-119.
Saenab, S. Y., & Virninda, A. (2017). PJBL Untuk Pengembangan Keterampilan Mahasiswa: sebuah
kajian deskriptif tentang peran PJBL dalam melejitkan keterampilan komunikasi dan
kolaborasi mahasiswa. Seminar Nasional Lembaga Penelitian UNM, 45-50.
Surya, M. (2015). Strategi Kognitif dalam Proses Pembelajaran. Alfabeta, 162-163.
Susanto, A. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tomlinson, C. A. (2014). Differentiated instruction: A guide for middle and high school teachers. Virginia:
ASCD.
Yunike, S. (2022). Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.
Harmony, 66-75.
Published
2023-12-26
How to Cite
Tamama, I., Larasati, D., Marzuqi, M., & Segara, N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran IPS sebagai Upaya Pengembangan Kemampuan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas VIII UPT SMP Negeri 31 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(4), 51 - 61. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/57150
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 69