Kajian Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Guru Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 14 Gresik
DOI:
https://doi.org/10.26740/penips.v3i3.55512Keywords:
Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan profiling kesiapan belajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi konten oleh guru, penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi proses oleh guru, dan evaluasi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi produk oleh guru kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS oleh guru. Sampel yang diambil untuk diteliti adalah siswa kelas VII H serta guru mata pelajaran IPS yang mengajar di kelas VII H. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dapat menemukan penerapan proses pembelajaran berdiferensiasi oleh guru selama pembelajaran berlangsung di kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan bahwa guru telah mengetahui profiling kesiapan belajar siswa, penerapan proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa yang dimana guru mengetahui tingkat berpikir siswa, serta gaya ataupun minat belajar siswa yang dimana hal tersebut menjadi bekal untuk berlangsungnya pembelajaran berdiferensiasi dikelas. Dari data tersebut terdapat siswa dengan gaya belajar audio sebanyak 11, visual sebanyak 11, dan kinestetik sebanyak 10 siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan dengan baik dan efisien.