Kajian Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Guru Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 14 Gresik

  • Tifani Aviva Damayanti Universitas Negeri Surabaya
  • Agus Suprijono Universitas Negeri Surabaya
  • Nuansa Bayu Segara Universitas Negeri Surabaya
  • Hendri Prastyono Universitas Negeri Surabaya
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi, Pendidikan IPS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mendeskripsikan profiling kesiapan belajar dengan strategi pembelajaran berdiferensiasi konten oleh guru, penerapan strategi pembelajaran berdiferensiasi proses oleh guru, dan evaluasi hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi produk oleh guru kelas VII di UPT SMP Negeri 14 Gresik. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran IPS oleh guru. Sampel yang diambil untuk diteliti adalah siswa kelas VII H serta guru mata pelajaran IPS yang mengajar di kelas VII H. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil observasi peneliti dapat menemukan penerapan proses pembelajaran berdiferensiasi oleh guru selama pembelajaran berlangsung di kelas. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan dengan baik. Hal ini dibuktikan bahwa guru telah mengetahui profiling kesiapan belajar siswa, penerapan proses pembelajaran, dan evaluasi hasil belajar siswa yang dimana guru mengetahui tingkat berpikir siswa, serta gaya ataupun minat belajar siswa yang dimana hal tersebut menjadi bekal untuk berlangsungnya pembelajaran berdiferensiasi dikelas. Dari data tersebut terdapat siswa dengan gaya belajar audio sebanyak 11, visual sebanyak 11, dan kinestetik sebanyak 10 siswa. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui strategi penerapan pembelajaran berdiferensiasi oleh guru pada mata pelajaran IPS sudah diterapkan dengan baik dan efisien.

References

Alhafiz, Nurzaki. 2019. “Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di SMP Negeri 23 Pekanbaru, 1(8), 9–25.” 1: 9–25.
Alodia, Illona. 2021. “Tujuan Mata Pelajaran IPS Di SMP Dan MTs Illona Alodia.” (June).
Angyanur, Doni et al. 2020. “Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Gaya Belajar Siswa Di MI/SD.”
Aprima, Desy, and Sasmita Sari. 2022. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD.” Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan 13(1): 95–101.
Arianti. 2018. “Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” DIDAKTIKA : Jurnal Kependidikan 12(2): 117–34.
B.S1, Iman Asroa., Hendra Susanti, and Fadriati. 2023. “Kesiapan Sekolah Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus Di SMPN 5 Padang Panjang).” 5: 126–37.
Defitriani, Eni. 2019. “Pendekatan Differentiated Instruction.” Universitas Batanghari Jambi: 1–15. http://phi.unbari.ac.id/index.php/phi/article/view/38.
Fitra, Devi Kurnia. 2022a. “Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Materi Tata Surya Di Kelas Vii Smp.” Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan 5(2): 278.
———. 2022b. “Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Perspektif Progresivisme Pada Mata Pelajaran Ipa.” Jurnal Filsafat Indonesia 5(3): 250–58.
Handiyani, Mila, and Tatang Muhtar. 2022. “Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran Dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis.” Jurnal Basicedu 6(4): 5817–26.
Jayanti, Sindy Dwi, Agus Suprijono, and M Jacky. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 22 Surabaya.” Pendidikan dan Pembelajaran 4: 561–66.
Listiani, Ivayuni. 2022. “Optimalisasi Pembelajaran Berdiferensiasi Menggunakan Brain Based Learning.” Geoducation 3(2). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/geoducation.
Marantika, Jualiaaans, Jolanda Tomasouw, and Elda Wenno. 2023. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas.” Ayo Guru Berbagi \ Kemdikbud 2(April): 1–3. https://ayoguruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/implementasi-pembelajaran-berdiferensiasi-di-kelas/.
Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, and Muhammad Rizal Zulfikar. 2021. “Pentingnya Keterampilan Belajar Abad 21 Sebagai Tuntutan Dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia.” 71(1): 63–71.
Mariati, Purba et al. 2021. Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi ( Differentiated Instruction ). Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.
Nurcahyono, Novi Andri, and Jaya Dwi Putra. 2022. “Hambatan Guru Matematika Dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” 6(September): 377–84.
Pitaloka, Haniza, and Meilan Arsanti. 2022. “Pembelajaran Diferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka.” Direktorat PAI (November): 2020–23. https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-533-pembelajaran-pai-dalam-kurikulum-merdeka.html#informasi_judul.
Purwowidodo, Agus, and Muhammad Zaini. 2023. Teori Dan Praktik Model Pembelajaran Berdiferensiasi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Penebar Media Pustaka.
Puspitasari, Verdiana, Rufi’i, and Djoko Adi Walujo. 2020. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Model Diferensiasi Menggunakan Book Creator Untuk Pembelajaran BIPA Di Kelas Yang Memiliki Kemampuan Beragam.” Jurnal Education and development Institut 8(4): 310–19.
Sopianti, Dewi. 2022. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas Xi Di Sman 5 Garut.” 1(1): 1–8.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta bandung.
Sulistyosari, Yunike, Hermon Maurits Karwur, and Habibi Sultan. 2022. “Penerapan Pembelajaran IPS Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Belajar.” Kompasiana 7(2): 1.
Swandewi. 2021. “Implementasi Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran Teks Fabel Pada Siswa Kelas VII H SMP Negeri 3 Denpasar.” Jurnal Pendidikan DEIKSIS 3(1): 248–53.
Wanti, Chindy Yuginta, Marlina Marlina, and Desyandri Desyandri. 2021. “Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Dalam Pembelajaran IPA Untuk Siswa Kelas V.” Jurnal Pendidikan Tambusai 5(1): 1–50.
Wijaya, Sastra, Mohammad Syarif Sumantri, and Nina Nurhasanah. 2020. “Implementasi Merdeka Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Terdiferensiasi Di Sekolah Dasar.” 5(3): 248–53.
Wijiastuti, Arum, Ana Fitrotun Nisa, and Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. 2022. “Pembelajaran Berdiferensiasi Melejitkan Prestasi.”
Published
2023-10-31
How to Cite
Damayanti, T., Suprijono, A., Segara, N., & Prastyono, H. (2023). Kajian Penerapan Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Oleh Guru Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII Di UPT SMP Negeri 14 Gresik. DIALEKTIKA PENDIDIKAN IPS, 3(3), 118-129. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/PENIPS/article/view/55512
Section
ARTIKEL
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 186